Azizah, Halimah Nur (2014) Penerapan media belajar cerita bergambar untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII-F di MTsN Plandi Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Media pembelajaran adalah suatu komponen proses belajar mengajar yang sangat diperlukan oleh guru. Media bukan hanya sekedar alat bantu mengajar, tetapi media pembelajaran juga dapat memberikan sesuatu yang baru sehingga kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan. Pada penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam karena SKI merupakan mata pelajaran yang membutuhkan imajinasi yang sangat kuat agar siswa mampu memahami cerita-cerita masa silam. Untuk mempermudah itu perlu adanya alat pendidikan atau media agar proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan tentang penerapan media pembelajaran cerita bergambar dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VIII-F di MTsN Plandi Jombang. (2) Mendeskripsikan dampak penggunakan media cerita bergambar untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VIII-F di MTsN Plandi Jombang.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus penelitian. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan alisis data dilakukan dengan mereduksi data yang tidak relevan, melaksanakan display data dan mengambil kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dalam proses pelaksanaannya penelitian diskenariokan pada II siklus dan dilakukan dengan menerapkan media Cerita Bergambar yang dilakukan bersama dengan guru dan peneliti. Kedua, terlihat peningkatan nilai akademik yang disertai dengan bertambahnya motivasi dan antusiasme belajar siswa pada mata pelajaran tersebut dari hasil pemanfaatan media pembelajaran Cerita Bergambar yang diteliti.
ABSTRACT
Learning media is a component of learning process which is needed by the teacher. Media is not only a teaching device, but also learning proses to motivate student to reach student achievement in the class. In this study, researcher focuses on Islamic Cultural History (ICH) as a subject. ICH is one of memorize lesson which means the students should memorize and understand how stories that happened in the past. By teaching device and learning process, it ease students to upgrade students’ motivation and students’ achievement in the class.
The purposes of this study are (1) to describe the application of instructional media pictorial stories to upgrade students’ motivation and achievement in Islamic Cultural History (ICH) class VIII-F MTsN Plandi Jombang. (2) to describe the impact of media use of pictorial stories to upgrade students’ motivation and achievement in Islamic Cultural History (ICH) class VIII-F MTsN Plandi Jombang.
To achieve the purposes above, this study used a qualitative descriptive approach with classroom action research (CAR), which is implemented as two research cycles. The key of instrument is the researcher's self, and data collection techniques used interviews, observation and documentation. While the data analysis done by reducing the irrelevant data, implement data display and drawing conclusions or verification. Test the validity of the data is done with observation perseverance, and triangulation.
The results of the study show that. First, the planning using two cycles and designing by the media stories pictorial material. Second, the process of observe implementation, researcher doing together with teachers and researchers. Third, it clear enough the increasing academic motivation and enthusiasm of students in the Islamic Cultural History (ICH) subject of the results from the use of instructional media stories pictorial studied.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Belajar Cerita Bergambar; Motivasi dan Prestasi Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam; Learn Media Story Pictorial Media; Motivation and Achievement; Islamic Cultural History. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:57 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39759 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |