Cahyono, Amin Dwi (2014) Model Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Militer: Studi pada Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat: Pembinaan mental Kodam V/Brawijaya, Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110073.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan usaha dari manusia dewasa yang telah sadar akan kemanusiaanya dalam membimbing, melatih, mengajar dan menanamkan nilai- nilai serta dasar-dasar pandangan hidup kepada generasi muda, agar nantinya menjadi manusia yang sadar dan bertanggungjawab akan tugas-tugas hidupnya sebagai manusia, sesuai dengan sifat hakikat dan ciri-ciri kemanusiaanya. TNI sebagai salah satu aparatur Negara dan sebagai komponen utama dalam sistem pertahanan Negara, dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, dituntut untuk dapat melaksanakan secara professional. Maka dari itu setiap anggota TNI selayaknya harus memiliki jenjang pendidikan yang sesuai dengan spesifikasi jabatannya. Dalam rangka membekali dan mendidik anggota TNI untuk menjadi prajurit yang selalu siap melaksanakan tugas dengan baik, TNI telah mendirikan berbagai lembaga-lembaga pendidikan (Lemdik), salah satunya adalah Pembinaan Mental kodam (Bintaldam).
Beberapa rumusan masalah dan tujuan penelitian yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bagaimana Model pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Militer di Bintaldam V/Brawijaya, (2) Mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Militer di Bintaldam V/Brawijaya.
Kemudian dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk meneliti fenomena-fenomena yang terjadi di Lingkungan Bintaldam V/Brawijaya yang kemudian oleh peneliti data-data tersebut akan dideskripsikan dengan bahasa tulisan dengan menggunakan metode trianggulasi dari hasil penelitian yang berupa observasi, interview dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, bahwa (1) Model pelaksanaan pembinaan rohani Islam di Bintaldam V/Brawijaya diwujudkan dalam bentuk penyuluhan, bimbingan, perawatan, dan pelayanan. Metode yang digunakan dalam pembinaan rohani Islam adalah kultum atau ceramah dengan melaksankan pengajian rutin dilingkungan Bintaldam V/Brawijaya. Ibadah bersama, pendalaman agama, simulasi Sapta Marga. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembinaan rohani Islam, yaitu faktor pendukung yang terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal, serta faktor penghambat yang juga berasal dari internal maupun eksternal.
ABSTRACT
Education is an effort of an adult people that realize of himself humanity in guiding, training, teaching and implanting values and bases view of life for young generation, so that later on be a human that aware and responsible about its duties of human. According with characteristic essence and features of humanities. TNI as one of the state apparatus and a key component of the defense system of the State, in carrying out their duties and responsibilities, are required to carry out in a professional manner. That is why every member of the military should have to have a level of education according to his specifications. In order to equip and educate members of the military to be a soldier who is ready to perform the task well, the military has established various educational institutions (Lemdik), one of which is Kodam Mental Development (Bintaldam).
Some formulation of the problem and research objectives are addressed in this study were (1) Describing how to model the implementation of Islamic education at the Military Institute at Bintaldam V/Brawijaya, (2) Describing the factors supporting and inhibiting the implementation of the Institute of Islamic Education in the Military Bintaldam V/Brawijaya.
And then in this research, the researcher will use the descriptive qualitative method approach. In this study, researchers tried to examine the phenomena that occur in the environment Bintaldam V/Brawijaya later by researchers such data will be described in written language by using triangulation of research results in the form of observations, interviews and documentation.
Based on the research that has been carried out, that (1) the implementation of Model Islamic spiritual guidance in Bintaldam V/Brawijaya manifested in the form of counseling, guidance, care, and services. The method used in the spiritual development of Islam is Kultum or lecture with recitation implementing routine environment Bintaldam V/Brawijaya. Worship together, deepening religious, Sapta Marga simulation. (2) The factors that affect the implementation of Islamic spiritual formation, which is composed of the supporting factors of internal factors and external factors, as well as inhibiting factors that also come from internal or external.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Bintaldam V/Brawijaya; Islamic Education; Bintaldam V/Brawijaya | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:57 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39758 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |