Novitasari, Ririn (2014) Implementasi perpaduan metode Mindmap dan Timeline untuk meningkatkan hasil belajar sejarah berdirinya dinasti Al-Ayyubiyah pada siswa kelas VIII di MTsN Plandi Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Sejarah Kebudayaan Islam merupakan Mata Pelajaran yang diajarkan disetiap jenjang pendidikan.Mata Pelajaran Kebudayaan Islam berisi tentang Sejarah kerajaan-kerajaan Islam terdahulu yang dapat diambil ibrahnya oleh pendidik dan siswa sebagai anak didik.Hal ini dikarenakan pada saat ini masih ada peninggalan sejarah-sejarah masalalu yang dapat dinikmati.Namun yang jadi masalah adalah keengganan peserta didik untuk mempelajari Sejarah Islam.Padahal sebenarnya Sejarah adalah suatu hal penting untuk diketahui.
Untuk menjadikan Sejarah lebih menarik siswa untuk belajar, perlu diawali dengan cara menyampaikannya. Pada saat ini sudah banyak strategi atau metode belajar yang dapat menarik siswa untuk belajar, salah satunya dengan menggunakan Perpaduan Metode Mind Map (Peta Pikiran) dan Timeline (Garis Waktu).Perpaduan Metode ini merupakan Metode kreatif dalam mencatat sehingga pembelajarn lebih menyenangkan. Dengan munculnya rasa senang inilah diharapkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam akan dapat ditingkatkan.
Mengarah pada permasalahan diatas, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Perpaduan Metode Mind Map (Peta Pikiran) Dan Timeline (Garis Waktu) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Berdirinya Dinasti Al-Ayyubiyah Pada Siswa Kelas VIII di MTsN Plandi Jombang? (2) Bagaimana Implementasi Perpaduan Metode Mind Map (Peta Pikiran) Dan Timeline (Garis Waktu) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Berdirinya Dinasti Al-Ayyubiyah Pada Siswa Kelas VIII di MTsN Plandi Jombang? (3) Bagaimana Hasil Perpaduan Metode Mind Map (Peta Pikiran) Dan Timeline (Garis Waktu) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Berdirinya Dinasti Al-Ayyubiyah Pada Siswa Kelas VIII di MTsN Plandi Jombang?
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (class-room action research) yang mengikuti model lewin yang telah ditafsirkan oleh kemmis.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metodewawancara,observasi dan dokumentasi.Sedangkan alisis data dilakukan dengan mereduksi data yang relevan, melaksanakan display data dan mengambil kesimpulan atau verifikasi.Uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, dan triangulasi.Penelitian ini menggunakan 3 Siklus dengan 6 Pertemuan.
Hasil pada penelitian yang telah dilakukan peneliti, menunjukkan bahwa Implementasi Perpaduan Metode Mind Map (Peta Pikiran) Dan Timeline (Garis Waktu) Terbukti dapat Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Berdirinya Dinasti Al-Ayyubiyah pada siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pada Siklus I hasil nilai dari 42 siswa terdapat 36 siswa (85,71%) yang memperoleh nilai diatas KKM (kriteria ketuntasan minimal), sedangkanpada Siklus II terdapat 24 siswa (57,14%) dan Pada Siklus III terdapat 42 siswa (100%) yang memperoleh nilai diatas KKM (kriteria ketuntasan minimal).
ABSTRACT
The history of Islamic culture is the subject taught at every level of education. The subject concerns about the history of previous Islamic Kingdoms which have valuable lesson for teachers as well as students. It is because of the heritage of the kingdoms could be enjoyed by people. However, the problem is there are reluctant of students to study the Islamic history. In fact, history plays an important thing to be studied.
In order to make the subject more interesting to study, it needs to be started by how to deliver it. Recently, numerous of strategies or learning methods interested by students to study, i.e. the use of Integrated Creative Mind Map Method and Timeline. The integration of this method is the creative method in making notes so that the result of the History of Islamic Culture could be increased.
In accordance with the problem above, therefore, the research questions are (1) how the planning of integrated Mind Map method and Timeline to improve the result of studying History of Al-Ayyubiyah Dinasty of the grade VII in the Islamic Junior High School of Plandi Jombang? How to implement the integrated Mind Map method and Timeline to improve the result of studying History of Al-Ayyubiyah Dinasty of the grade VII in the Islamic Junior High School of Plandi Jombang? (3) How the result of the integrated Mind Map method and Timeline to improve the result of studying History of Al-Ayyubiyah Dinasty of the grade VII in the Islamic Junior High School of Plandi Jombang?
This research employed classroom action research followed the model of Lewwin which developed by Kemmis. The data collection is through interview, observation, and documentation. Then, the data analysis is by reducing the relevant data, doing he display data as well as concluding or verification. The test of validity data was used byobservation and triangulation.This research employed 3 cycles with 6 meetings.
The result of the research shows that the implementation of the integrated Mind map method and timeline can improve the result of studying History of Al- Ayyubiyah Dinasty of the grade VII in the Islamic Junior High School of Plandi Jombang. The result can be seen from as follows; 1stcycle, there are 36 students (87.71 %) out of 42 students achieved higher scores of KKM (minimum completeness criteria), in the 2nd cycle, there are 24 students (57.71%) and the 3rd cycle there are 42 students (100%) achieved high scores.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | MindMap(Peta Pikiran); Timeline(Garis Waktu); Hasil Belajar; Dan Sejarah Kebudayaan Islam; Mind Map; Timeline; the result of study; History of Islamic History | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:57 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39757 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |