S Adgiya, Ervina (2014) Penerapan model Cooperative Learning Tipe Explicit Instruction untuk meningkatkan pemahaman praktik ibadah pada mata pelajaran Fiqh kelas VII di MTsN Kota Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110043.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran adalah suatu situasi yang dirancang sedemikian rupa untuk meningkatkan pengetahuan siswa khususnya dalam pembelajaran Fiqh. Tipe Explicit Instruction adalah kegiatan pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan belajar peserta didik tentang pengetahuan procedural yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah. Dengan menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Explicit Instruction pemahaman praktek ibadah siswa meningkat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan Model Cooperative Learning Tipe Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Pemahaman Praktik Ibadah Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas VII Di MTsN Kota Pasuruan. (2) untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan Model Cooperative Learning Tipe Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Pemahaman Praktik Ibadah Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas VII Di MTsN Kota Pasuruan. (3) untuk mengetahui penilaian Model Cooperative Learning Tipe Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Pemahaman Praktik Ibadah Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas VII Di MTsN Kota Pasuruan. (4) untuk mengetahui bagaimana peningkatan Model Cooperative Learning Tipe Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Pemahaman Praktik Ibadah Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas VII Di MTsN Kota Pasuruan.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus penelitian. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah guru kelas dan siswa kelas VII-D MTsN Kota Pasuruan.
Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penerapan Model Cooperative Learning Tipe Explicit Instruction, peneliti melakukan pre tes dan post tes pada siswa kelas VII-D MTsN Kota Pasuruan yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Hasilnya membuktikan bahwa penerapan Model Cooperative Learning Tipe Explicit Instruction dapat meningkatkan pemahaman praktek ibadah siswa dalam mata pelajaran Fiqh.
Hasil pada siklus I aspek kesesuaian dengan adab dan syarat adalah 63,33%; sedangkan pada hasil belajar memperoleh rata-rata 71,5. Siklus ke II aspek kesesuaian dengan adab, syarat, dan rukun 79,16%; aspek ketepatan gerakan dan bacaan 76,66%; aspek kelancaran bacaan sholat 74,16%; sedangkan pada hasil belajar memperoleh rata-rata 74,9. Dan siklus III aspek kelancaran bacaan dzikir dan doa 93,75% sedangkan pada hasil belajar memperoleh rata-rata 81,2.
ABSTRACT
Learning is a situation that is designed to enhance students' knowledge, especially in learning fiqh. Explicit Instruction is the type of learning activities designed to develop the learners' learning about procedural knowledge that can be taught step by step. By applying the Cooperative Learning Model Type Explicit Instruction of students increased understanding worship practices.
The purpose of this study was to: (1) to find out how the planning process Cooperative Learning Model Type of Instruction Explicit Comprehension Practice To Improve At Subjects Fiqh of Worship Class VII In MTsN Pasuruan. (2) to determine how the process of the implementation of Cooperative Learning Model Type of Explicit Instruction to Improve Comprehension Practice Subjects Fiqh of Worship In Class VII In MTsN Pasuruan. (3) to determine the type of Cooperative Learning Model assessment Explicit Comprehension Instruction To Improve Practice Subjects Fiqh of Worship In Class VII In MTsN Pasuruan. (4) to determine how an increase in Cooperative Learning Model Type of Explicit Instruction to Improve Comprehension Practice Subjects Fiqh of Worship In Class VII In MTsN Pasuruan.
The above objectives achieve, the study used a qualitative approach with classroom action research conducted by three research cycles. Key instrument is the researcher's own, and data collection techniques used are observation, written test, interview and documentation. As for the respondents were classroom teachers and students of class VII-D MTsN Pasuruan.
The application to find an increase in the activity of student learning with Cooperative Learning Model Type Explicit Instruction, researchers conducted a pre-test and post-test in class VII-D MTsN Pasuruan, amounting to 40 students. The study consisted of three cycles. The results prove that the implementation of Cooperative Learning Model Type Explicit Instruction can increase students' understanding of religious practices in Fiqh subjects.
The results of the first cycle aspects of compliance with the manners and conditions is 63.33%; whereas the learning outcomes gained an average of 71.5. Cycle to the second aspect of compliance with adab, terms, and pillars of 79.16%; aspects of the movement and reading accuracy 76.66%; aspects of reading fluency prayer 74.16%; whereas the learning outcomes gained an average of 74.9. And the third cycle aspects of reading fluency 93.75% devotions and prayer on learning outcomes while gaining an average of 81.2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran tipe Explicit Instruction; Pemahaman Praktek Ibadah; Learning the type of Explicit Instruction; Understanding Practice of Worship | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:56 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39754 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |