Budi, Irfan Setiya (2014) Penerapan pembelajaran Team Game Turnament (TGT) untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tumpang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Metode mengajar merupakan salah satu cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Oleh karena itu metode mengajar memiliki andil yang sangat besar dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan metode yang tidak sesuai dengan tujuan pengajaran akan menjadi kendala dalam mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Perlu diketahui guru bukan satu-satunya sumber belajar, hanya sebagai motivator, fasilitator dan mediator dalam proses pembelajaran. Masih sedikit siswa yang mau menganggap beragam media yang diterapkan oleh guru sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar di kelas. Karena tidak jarang kegiatan belajar justru berubah rutinitas yang membosankan.
Sesuai hasil informasi yang peneliti dapatkan di salah satu lembaga pendidikan yaitu MTsN Tumpang Malang, bahwasannya pemahaman siswa sangat rendah. Ada kemungkinan metode belajar yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan proses belajar tidak sesuai dengan karakter siswa. Banyak siswa yang mengeluh terhadap materi, sebagian siswa menganggap materi tersebut sulit, sebagian siswa menganggap Al-Qur`an-Hadits bukan pelajaran yang menyenangkan dan sebagian siswa merasa kesulitan dalam penerapan materinya. Salah Satu metode pembelajaran yaitu metode TGT. Pembelajaran dengan metode TGT merupakan pembelajaran yang dapat memahamkan siswa selama proses pembelajaran dan memberikan kesempatan untuk bekerjasama antar siswa dengan kemampuan. Model pembelajaran TGT menerapkan berbagai ciri pembelajaran dan merupakan metode yang sangat mudah diterapkan dalam pembelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Tumpnag- Malang, dengan objek siswa kelas VII. Peneliti menggunakan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, interview guru dan siswa, pre test dan post test, serta dokumentasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan temuan penulis menggunakan ketekunan pengamatan serta triangulasi. Sumber penelitiannya yaitu siswa kelas VII E MTsN Tumpang-Malang khususnya pada mata pelajaran Al-Qur`an-Hadits.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TGT pada mata pelajaran Al-Qur`an-Hadits mampu meningkatkan pemahaman siswa. Hal tersebut dapat dilihat perbandingan dari mulai pre test yang semula rata – rata 62,57 dan observasi pemahaman yang rata – rata 1,7 pada siklus pertama nilai rata – rata siswa naik menjadi 72,92 dan tingkat pemahaman siswa yang juga naik menjadi 2,6 dan pada siklus kedua nilai siswa naik lagi menjadi 83,0 dan pemahaman yang rata – rata 3,2. Sehingga bisa memenuhi standar nilai yang ada pada MTsN Tumpang-Malang. Dengan demikian metode TGT dapat meningkatkan pemahaman siswa.
ABSTRACT
The method of teaching is one way in which teachers used to make contact with students during the course of teaching. Hence teaching methods have contributed greatly to the teaching and learning activities. Use methods that do not comply with the purpose of teaching would be an obstacle in achieving the goals that have been formulated. Keep in mind the teacher is not the only source of learning, just as a motivator, facilitator and mediator in the learning process. There are still a few students who want to assume a variety of media employed by the teacher as a tool in teaching and learning in the classroom. Because it is not uncommon learning activities begins to turn a boring routine.
Corresponding results in information that researchers get one of the educational institutions that is Tumpang Islamic State of Junior High School, truly very low student comprehension. It's possible to learn the methods used by teachers in implementing the learning process does not fit with the character of students. Many students complained to the material of Qur’an Hadits, some students assume the material is difficult, some students think of Qur’an Hadits is not a pleasant subject and some students had difficulty in applying the material. One of the learning method is the method of TGT. TGT is a method of learning with learning that can motivate all students during the learning process and provide the opportunity for collaboration among students by ability. TGT learning model and implement a variety of learning characteristics is very easy to implement method of learning.
The research was conducted at Tumpang Islamic State of Junior High School, with a grade VII as objects. Researcher use this type of research PTK (Classroom Action Research). Sequence of research activities include: (1) planning, (2) implementation, (3) observation and (4) reflection. In data collection using observation, interview teachers and students, pre-test and post-test, and documentation. While for checking the validity of the findings of the authors using persistence observation and triangulation. The research sources is seventh grade students of Tumpang Islamic State of Junior High School particularly on the subjects of Qur’an Hadits.
The results showed that the method of TGT in Qur’an Hadits lesson class VII Tumpang Islamic State of Junior High School can increase students comprehension. This can be seen from the comparison of the original start pre test average - average 62,57 and comprehension observations average - average 1.7 in the first cycle of value average- average students rose to 72,92 and the level of students comprehension who also rose to 2.6 and the second cycle of student scores rose again to 83,0 and the student comprehension average – average 3.2. So that it can meet the standard of value that existed at Tumpang Islamic State of Junior High School the TGT method can increase students comprehension.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode TGT; Pemahaman siswa; TGT Method; Comprehension of Students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:56 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39747 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |