Mahmudah, Rifa’atul (2014) Strategi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) guna meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110060.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran SKI merupakan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diarahkan untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah Islam, yang kemudian menjadi dasar pandangan hidup siswa (way of life) melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, keteladanan, penggunaan pengalaman dan pembiasaan. pembelajaran SKI sangat dibutuhkan dalam kehidupan siswa,realitanya siswa memberlakukan pembelajaran SKI hanya sebagai penggugur kewajiban dan terkesan membosankan bagi siswa, Tetapi pada kegiatan belajar mengajar SKI di MTs Al-ihsan krian berbeda, siswa terkesan aktif dan banyak bertanya dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti hal tersebut dan membahasnya dalam skripsi yang berjudul Strategi Pembelajaran SKI Guna Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Krian, dengan rumusan masalah ialah (1) apa strategi pembelajaran SKI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di Mts Al-Ihsan Krian? (2) Bagaimana respon siswa terhadap hasil strategi pembelajaran SKI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di Mts Al- Ihsan Krian?
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan Apa strategi pembelajaran SKI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di Mts Al-Ihsan Krian dan Untuk mengidentifikasi Bagaimana respon siswa terhadap hasil strategi pembelajaran SKI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di Mts Al-Ihsan Krian.
Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi dan interview. Sedangkan analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
hasil penelitian bahwa strategi pembelajaran SKI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di Mts Al-Ihsan Krian adalah strategi pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) strategi ini mengintegrasikan materi pembelajaran dengan kejadian yang terjadi pada kehidupan siswa, sehingga dengan diterapkannya strategi CTL ini siswa bisa mengikuti pembelajaran yang menyenangkan dan tidak terbebani dengan pembelajaran yang disampaikan. Jadi dengan strategi ini efektif digunakan dalam pembelajaran SKI di Mts Al- Ihsan Krian dan dapat memenuhi tujuan pembelajaran yang pembelajaran yang berkualitas. Hasil strategi pembelajaran SKI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bisa dibilang berhasil, dengan adanya indikasi bahwa pembelajaran tersebut menyenangkan, membekas dan memuaskan.
ABSTRACT
Learning SKI is the subject the education of islam directed to know, understand, powerfull, history Islam, which later became basic view of life students ( way of life ) through its guidance teaching, exercise, value, the use of experience and habituation. Learning SKI is needed in student life, enforces had a lot of problem students learning SKI only as seem booring obligation and impress dull for students, but on learning and teaching SKI in MTs Al-Ihsan Krian is different, students impressed active and ask any questions in teaching learning activity takes place. Hence researcher want to canvass it and go through it in a thesis called learning strategy SKI to improve the quality of the teaching in MTs Al-ihsan Krian Sidoarjo, with the formulation problem: (1) what strategy learning SKI in improving the teaching in MTs Al-ihsan Krian Sidoarjo? (2) how response students against the result of a strategy of learning SKI in improve the quality of learning students in MTs Al-ihsan Krian Sidoarjo?
This research purposes to explain what strategy learning SKI in improving the teaching in MTs Al-ihsan Krian Sidoarjo and to identify how response against results students learning strategy SKI in improving the teaching in MTs Al-ihsan Krian Sidoarjo.
Research used is the kind of research qualitative.In collecting researchers used method observation, documentation and the interview.While analays researchers used technique descriptive qualitative analysis.
The research that strategy learning SKI in improving the teaching in MTs Al-ihsan Krian Sidoarjo is learning strategy CTL (contextual teaching and learning) this strategy integrating matter learning to events happened to student life, so with the implementation strategy CTL this student could follow learning fun and not burdened by learning delivered.So with this strategy effective used in learning SKI in MTs Al-ihsan Krian Sidoarjo and could meet the purpose of instruction learning quality. Results strategy learning SKI to improve the learning a sort of a success, with indications that the learning fun, imprint and satisfying.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | strategi pembelajaran; kualitas pmbelajaran; SKI; Learning strategic; Quality strategic; SKI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:56 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39741 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |