Kamalia, Luk Luk Ul (2014) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) Putra Jaya Lowokwaru Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110059.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah upaya membuat peserta didik dapat belajar, butuh belajar, terdorong belajar, mau belajar, dan tertarik untuk terus menerus mempelajari agama Islam, baik untuk kepentingan mengetahui bagaimana cara beragama yang benar, maupun belajar Islam sebagai pengetahuan. Kegiatan pembelajaran ini tidak hanya dilakukan di sekolah-sekolah normal pada umumnya, melainkan dapat dilakukan disekolah khusus, salah satunya di SMALB Putra Jaya Lowokwaru Kota Malang. Dalam pembelajaran agama Islam yang terdapat di SMALB Putra Jaya Lowokwaru Kota Malang ini masih dipegang oleh guru sekaligus kepala sekolah dari SMALB itu sendiri dan bukan guru ahli di bidang agamanya. Dari staf guru yang ada di SMALB sudah meminta guru khusus mata pelajaran pendidikan agama Islam ke DEPAG, hasilnya belum di realisasikan oleh pihak DEPAG. Namun, realita yang ada bahwa Sekolah Luar Biasa jarang diperhatikan oleh semua kalangan, yang kita ketahui sekedar sekolah-sekolah yang memiliki potensi terbaik di lingkungannya, sekolah-sekolah yang unggul di lingkungannya. Padahal sekolah-sekolah non- formal dan informal juga harus diperhatikan.
Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SMA Luar Biasa Putra Jaya Lowokwaru Kota Malang, (2) Untuk mengetahui hasil pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SMA Luar Biasa Putra Jaya Lowokwaru Kota Malang. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran pendidikan agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khususdi Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) Putra Jaya Lowokwaru Kota Malang dilakukan dengan hasil yang sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus yaitu menggunakan MOTTO sebagai strategi dalam pembelajaran. Sedangkan hasil pembelajaran agama Islam di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) Putra Jaya Lowokwaru Kota Malang penilaian pendidikan agama Islam mengacu pada tiga aspek dalam penilaian yaitu aspek kognitif, psikomotor, afektif yang termasuk perubahan tingkah laku siswa sebelum dan sesudah mendapat pembelajaran di sekolah.
ABSTRACT
Learning of Islamic education is an effort to make the learners can learn, need to learn, willing to learn, and interest to continuously learn about Islamic religion. Either for knowing how to religious right, as well as learning of Islamic as knowledge. This learning activity is not only done in normally school as general but also conducted in special school, one of that in SMALB Putra Jaya Lowokwaru Malang. In the learning process of Islamic religion in SMALB Putra Jaya Lowokwaru Malang is hold by the teacher and as the principle of that school. The teacher staff in SMALB Putra Jaya Lowokwaru Malang already asked to the Religion Department to send the Islamic Religious Teacher but it not realized. The reality, the school is consist of the students with special need is ignored and just the school who have the good potential, whereas the formal and informal school must be pay attention.
The purpose of this research is (1) To describe the learning process of Islamic education for the students with special need in SMALB Putra Jaya Lowokwaru Malang. (2) To know the result of learning process in Islamic education for the students with special need in SMALB Putra Jaya Lowokwaru Malang. To achieve the above purpose, the researcher is using qualitative descriptive approaches. The method to collecting the data is using interview, observation and documentation. And to testing the validity of data, the researcher is using Triangulation.
The result of this research showed if the learning of Islamic education process in SMALB Putra Jaya Lowokwaru Malang is accordance with the characteristic of the students, with using the MOTTO as the strategy of learning. While the result of Islamic education learning in SMALB Putra Jaya Lowokwaru Malang, the evaluation refer to three aspects, that is: Cognitive, psychomotor, affective and including changes comportment students before and after getting learning at school.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abubakar, Istianah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; anak berkebutuhan khusus tunagrahita; Learning; Islamic education; children with special need; mental retardation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:56 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39740 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |