Wahyuni, Nina Novita Indah (2014) Penerapan metode CO-OP CO-OP dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMAN Negeri 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan pendidikan di Indonesia akan selalu mengalami perubahan dan pembaharuan. Dalam pembaharuan pendidikan ada tiga komponen yang perlu disoroti salah satunya adalah pembaharuan metode pembelajaran. Salah satu solusinya menjanjikan adalah Strategi Cooperative Learning metode Co-Op Co- Op yang dilandasi pandangan konstruktivisme sosial. Dalam pembelajaran siswa ditempatkan dalam tim untuk bekerjasama antara satu dengan yang lainnya dalam mempelajari sebuah topik di kelas. Co-op Co-op memberi kesempatan pada siswa untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil, pertama untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang diri siswa dan dunia, dan memberikan siswa kesempatan untuk saling berbagi dengan siswa lainnya dalam satu kelas. Dengan menyelesaikan topik secara bersama-sama dalam satu kelompok siswa tidak merasa jenuh dengan pelajaran PAI dan juga dapat menumbuhkan rasa so lidaritas sesama teman. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini yaitu; (1) Bagaimana pelaksanaan metode Co-op Co-op dalam meningkatan hasil belajar siswa kelas X pada pelajaran P AI di SMA Negeri 2 Malang?, (2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah me laksanakan metode co-op co-op pada mata pelajaran PAI di SMAN 2 Malang?, (3) Faktor apa sajakah yang mempengaruhi pelaksanaan metode Co-op Co-op di kelas X SMA Negeri 2 Malang?
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Malang, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X Bahasa 1 . Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui proses peningkatan hasil belajar siswa dengan metode Co-op Co-op pada siswa kelas X Bahasa 1 di SMA Negeri 2 Malang. Sedangkan secara khusus tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1). Untuk mendiskripsikan usaha metode Co-op Co-op terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X Bahasa 1 SMA Negeri 2 Malang; 2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah melaksanakan metode co-op co-op pada mata pelajaran PAI di S MAN 2 malang; (3) Untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Co -op Co-op di kelas X Bahasa 1 SMS Negeri 2 Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatak kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Adapun penelitian ini terbatas pada aplikasi penggunaan metode Co-op Co-op terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebiha mendalam tentang metode Co-op Co-op bagi guru dan pembaca. Penelitian ini dibagi menjadi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan metode Co-op Co-op, peneliti melakukan pre test, test siklus I dan siklus II pada siswa kelas X Bahasa 1 SMA Negeri 2 Malang yang berjumlah 17 siswa. Penelit ian terdiri dari dua siklus dan empat kali pertemuan. Pre test dilakukan sebelum siswa diberi tindakan, sedangkan test siklus I dilakukan setelah diberi tindakan siklus pertama, test siklus ke II dilakukan setelah diberi tindakan siklus ke II dan test siklus III juga dilakukan setelah diberi tindakan siklus ke III. Hasilnya membuktikan bahwa pemberian metode co-op co-op mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu juga mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran.
ABSTRACK
The development education in Indonesia will always change and renewal. In education reform, there are three components that need to be highlighted one of this is the renewal of teaching methods. O ne of the solutions is Cooperative Learning S trategies using Co-op Co-op method based on a view of social constructivism according to Kagan (1992) theory. The students learning are placed in a team to collaborate each other for learning a topic in the class. Co-op Co-op provides the students of opportunity to work together in small a groups, first to increase the understanding of the students about themselves and their world, and gives the students opportunity to share with other students in the class. By completing the topic together in one group, the students did not feel bored in PAI (Islamic Education) lessons but make sense of solidarity among their friends. The research problems that find in this study are: (1) How does the implementation of Co-op Co–op method in improving the result of the students learning in PAI Subject of C lass X at National Senior High School 2 Malang? (2) How the results of students learning after carrying out the Co-op Co–op method of P AI subjects in National Senior High School 2 Malang? ( 3) What are the factors that affect the implementation of Co-op Co-op method in C lass X National Senior High School 2 Malang?
This research conducted in National Senior High S chool 2 Malang, which the subject of this research is Class X Languge 1 students. The general objectives of this study are: To determine process of improving learning result of the students using Co-op Co-op method in C lass X Language 1, National Senior High School 2 Malang. While specifically the objectives to be achieved in this study are: (1). To describe the effort of Co- op Co-op method toward improving students learning outcomes in the subject of Islamic Education in C lass X Language 1 National Senior High School 2 Malang. (2) To know the result of the student learning after carrying out the Co-op Co-op method on the subjects of PAI in National S enior High School 2 Malang. (3) To describe the increase of motivation and result of the students learning in the subject of Islamic education used Co-op Co-op method in C lass X Language 1, National Senior High School 2 Malang.
In conducting this study, the researcher used qualitative approach with Classroom Action Research (CAR). This study is limited to the application of Co- op Co-op method toward improving the student learning outcomes in the subject of Islamic Education, are expected to provide the understanding of the Co-op Co– op method for teachers and readers. This study are divided into four phases : Planning, Implementation, Observation and Reflection.
To know the improvement of the students learning outcomes used Co-op Co-op method, the researcher conducted a pre-test, test cycle 1 and cycle 2 in Class X Language 1 students, at National Senior High School 2 Malang, involve 17 students. The study consisted of two c ycles and four meetings. P re-test do before the students are given action, while the first cycle test perfor med after the action of the first cycle are given, the second cycle is done after the action of the second cycle are given and third cycle test was also performed after a given action to the third cycle. The results this study reveal that using Co-op Co-op method are able to improve the student learning outcomes. It is also able to increase the activity of students in learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Co-op Co-op; Hasil Belajar Siswa; Co-op Co-op; The Result of Students Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:56 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39737 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |