Mufarrichah, Lailatul (2014) Penerapan metode Qiro'ati dalam memperlancar bacaan Al-Qur'an siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pandaan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Membaca Al-Qur’an merupakan penyerapan ilmu yang paling tinggi yang mungkin diraih manusia. Dalam membaca Al-Qur’an, penting bagi kita untuk mengucapkan lafadz-lafadz Al-Qur’an secara baik dan benar. Seperti memahami maknanya, memperhatikan tajwidnya, dan memperindah suara semampunya. Untuk itu diperlukan metode yang tepat dalam belajar membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, salah satunya yaitu dengan menerapkan metode Qiro’ati. Metode Qiro’ati adalah Cara pembelajaran yang menuntut kesabaran, kerajinan, ketaatan, dan disiplin pribadi murid. Metode ini juga memiliki ciri dalam cara membaca Al-Qur'annya, yaitu langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwidnya. Dalam penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran BTQ karena terdapat banyak materi membaca Al-Qur’an serta mengenal ilmu tajwidnya.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Qiro'ati dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur'an siswa mata pelajaran BTQ, (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Qiro'ati dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur'an siswa mata pelajaran BTQ, (3) bagaimana penilaian proses dan hasil pembelajaran dengan menggunakan metode Qiro'ati dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur'an siswa mata pelajaran
BTQ.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Pandaan. Desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, melaksanakan display data dan mengambil kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan dimulai dengan berkoordinasi dengan guru mata pelajaran BTQ tentang metode yang akan digunakan dan membuat perangkat pembelajaran (2) Terlihat adanya keaktifan siswa di dalam kelas, dan adanya peningkatan pada diri siswa dalam membaca Al- Qur’an dilihat dari proses pembelajaran siswa per siklusnya (3) Adanya peningkatan kemampuan dalam membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII mata pelajaran BTQ pada tiap-tiap siklusnya. Siklus I dengan prosentase 60%, dengan ketuntasan nilai sebanyak 18 siswa dan tidak tuntas sebanyak 12 siswa. Sedang siklus II dengan kekuntasan hasil belajar sebanyak 77%, dengan 23 siswa yang tuntas dan 7 siswa yang tidak tuntas, hingga pada siklus III yakni 83% yang rata- rata siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dengan menggunakan metode Qiro’ati, Guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik serta siswa juga jadi lebih aktif dan antusias dalam bertanya sehingga suasana belajar dan proses pembelajaran berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
ABSTRACT
Reading Qur’an is the highest knowledge gaining achieved by human. Good pronunciation and correct reading is prominent to be comprehended by Qur’an’s readers. Good pronunciation and correct reading involves the comprehension of the meaning, correct phonetically, and beautify the intonation as good as possible. Hence, a method for learning to read Qur’an is needed in order to be correct grammatically. One of the methods is Qiro’ati. It is a learning method which demands patience, diligence, loyalty, and discipline of students’ personality. It has characteristics about the way to read Qur’an which are directly practicing “tartil” reading correct grammatically. This research is specialized to “Reading-Writing Qur’an (BTQ) subject since it has more materials of reading Qur’an and learning the grammar.
The research problems involve: (1) how is the learning process using Qiro’ati method in improving students’ ability of reading Qur’an in “Reading- Writing Qur’an” (BTQ) subject, (2) how is the learning implementation using Qiro’ati method in improving students’ ability of reading Qur’an in “Reading- Writing Qur’an” (BTQ) subject, (3) how is the assessment of learning result and process using Qiro’ati method in improving students’ ability of reading Qur’an in “Reading-Writing Qur’an” (BTQ) subject.
This research is done in State Junior High School 1 Pandaan. The research design is classroom action research. This research is descriptive qualitative. The data collection was done by using interview, observation, and documentation methods. The data analysis is done by doing data reduction, data display, and taking conclusion or verification. The data validity experiment is done by using observation prolongation, observation perseverance, and triangulation techniques.
The result indicates that (1) The planning is begun by having coordination with BTQ subject teachers concerning a method that would be used and making lesson plan (2) students’ activeness emerged and the ability of reading Qur’an improves viewed from the learning process in every cycle (3) The ability of reading Qur’an in “Reading-Writing Qur’an” (BTQ) subject of students who are in the eighth grade improves in every cycle. The completeness of learning result in the first cycle is 60% in which 18 students have completeness of value and 12 students have incompleteness of value. In the second cycle is 77% in which 23 students have completeness of value and 7 students have incompleteness of value. The third cycle, as the last cycle, is 83% in which averagely indicates that the students are able to read Qur’an well and correctly. By using Qiro’ati method, teachers are able to do the teaching-learning process well. In addition, it encourages the students to be more active and motivates them to ask anything they do not comprehend. Hence, the condition and process of teaching-learning is carried out as being expected.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Qiro'ati; Kemampuan Baca Al-Qur'an; BTQ (Baca Tulis Al- Qur'an); Qiro'ati Method; Al-Qur'an reading capability; “Reading-Writing Qur'an” (BTQ) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:56 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39733 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |