Maslikha, Miftahul (2013) Peran guru dalam penerapan metode pembelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110108.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Metode pembelajaran Akidah Akhlak siswa ialah suatu alat yang yang digunakan dan dilakukan dalam suatu situasi tertentu oleh guru bidang studi akidah akhlak di dalam mendidik, membina dan membimbing sikap atau tingkah laku siswa, kearah yang lebih baik. Sehingga peserta didik mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan (IMTAQ) terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Peningkatan keimanan dan ketaqwaan dilakukan untuk mengantisipasi dampak negatif dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu setiap guru hendaknya mempunyai kepribadian yang patut di contoh dan diteladani oleh anak didik, baik secara sengaja ataupun tidak.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri Batu dan untuk mengetahui metode apa yang digunakan oleh guru akidah akhlak dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri Batu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan tujuan untuk menentukan dan menafsirkan data yang ada. Teknik pengambilan data melalui observasi, dokumentasi, dan interview. Peneliti melakukan wawancara hanya kepada guru akidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri Batu. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya berdasarkan gejala- gejala yang nampak, kemudian disimpulkan dan ditafsirkan, sehingga terdapat berbagai masalah yang timbul dapat diuraikan dengan dengan tepat dan jelas.
Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa peran guru dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri Batu sangat penting, Guru melakukan dengan cara keteladanan dan pembiasaan terhadap siswa ketika bertemu guru untuk mengucapkan salam dan salim, saling menyapa sesama teman, berkata Islami serta berpakaian sopan ketika di sekolah. Selain guru melakukan pembiasaan yang baik terhadap siswa, guru juga menciptakan sistem. Dengan penciptaan sistem seperti ini diharapkan siswa MTs Negeri Batu dapat berakhlakul karimah. Sehingga apabila ada murid yang melanggar tata tertib atau norma-norma agama, maka tindakan yang diambil guru MTs Negeri Batu adalah berusaha membenahinya dengan mengambil tindakan dan meningkatkan kedisiplinan siswa.. Adapun metode yang digunakan guru dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri Batu adalah dengan metode uswah (keteladanan), metode ta’widiyah (pembiasaan), metode mau’izhah (nasehat), metode qishashah (cerita), metode amtsal (perumpamaan), dan metode tsawab (ganjaran).
ABSTRACT
Learning method of Akidah Akhlak students was an apparatus used to and done in a given situation by the teacher of study akidah akhlak in educating, maintain and guiding attitude or mannerisms students, in a way better. So that students can improve faith and god fearing ( imtaq ) to the one God. Increase in faith and god fearing done to anticipate negative impact of the development of science and technology. Therefore every teacher should have personality worth a for the example and model by the students, either deliberately or not.
Based on the background, this research aims to see how role of teacher in learning akidah akhlak in student of class VIII in MTs Negeri Batu and to know what is the method used by teachers akidah akhlak in learning akidah akhlak in student of class VIII in MTs Negeri Batu.
This study is descriptive qualitative research, research for the purpose of ascertaining and interpret data. The primary data was collected using observation, documentation, and the interview. Researchers conduct an interview just to the teacher akidah akhlak in student of class VIII in MTs Negeri Batu. Descriptive analysis of data qualitative, using methods namely based on symptoms seem, analyzing then inferred and interpreted, so there are various problems that arise can be explained by with precisely and clearly.
Of this research can be known this role in the teacher learning akidah akhlak in student of class VIII in MTs Negeri Batu very important, teachers are doing by means good example and commonly for students from when meet teacher to utter greetings and shake hand, said hello fellow friends, said of islamic and dressing modestly when in school. Besides teachers are doing commonly good for students from, teachers also create system. With the creation systems like this expected students MTs Negeri Batu can berakhlakul karimah. So if any student who violates of order or norms religion, and action taken teacher MTs Negeri Batu is to try change with take action and increase discipline students. The methods used in the teacher learning akidah akhlak student of class VIII in MTs Negeri Batu is by method uswah ( good example ), method ta’widiyah ( commonly ) method mau’izha ( advice ) method qishashah ( stories ) method amtsal ( parable ) and methods tsawab ( chastisement ).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Guru; Metode Pembelajaran; Akidah Akhlak; Role of Teacher; Learning Method of Akidah Akhlak | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:54 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39715 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |