Masruroh, Andika Mardiatul (2013) Penilaian berbasis kelas pada pembelajaran Aqidah Akhlak kelas VII A tahun pelajaran 2012/2013 di MTs Negeri Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110109.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pada dasarnya fungsi penilaian di dalam pendidikan tidak dapat dilepaskan dari tujuan penilaian itu sendiri. Sebagaimana dilihat dari hakikat penilaian adalah suatu upaya untuk mengetahui ketercapaian tujuan-tujuan pendidikan. Dalam hakikat penilaian tersebut tersirat bahwa tujuan penilaian ialah untuk mendapatkan data pembuktian yang akan menunjukkan sampai di mana tingkat kemampuan dan keberhasilan peserta didik dalam pencapaian tujuan-tujuan kurikuler. Di samping itu, juga dapat digunakan oleh guru-guru dan para pengawas pendidikan untuk mengukur atau menilai sampai di mana keefektifan pengalaman-pengalaman belajar, kegiatan-kegiatan belajar, dan metode-metode pembelajaran yang digunakan.
Dari pernyataan di atas, maka peneliti mengambil rumusan masalah yaitu aspek- aspek apa saja yang dinilai dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIIA Tahun Pelajaran 2012/2013 di MTs Negeri Batu, bagaimana cara penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIIA Tahun Pelajaran 2012/2013 di MTs Negeri Batu dan apa dampak penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIIA Tahun Pelajaran 2012/2013 terhadap prestasi belajar siswa di MTs Negeri Batu.
Dengan menggunakan pendekatan diskriptif-kualitatif penilitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang objektif, faktual, akurat dan sistematismengenai masalah-masalah yang ada di objek penelitian. Untuk mengumpulkan data digunakan beberapa metode yaitu, observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalisis melaluicaraTriangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) aspek yang dinilai dalam pembelajaran AkidahAkhlak kelas VIIA MTs Negeri Batu adalah aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, dengan menekankan aspek afektif (2) teknik yang digunakan dalam PBK kelas VIIA MTs Negeri Batu adalah kuis, ulangan harian, tugas individu dan tugas kelompok, sedangkan bentuk tesnya menggunakan pertanyaan lisan di kelas, pilihan ganda dan tes uraian. (3) dampak PBK terhadap prestasi belajar bisa dilihat dari hasil nilai yang diperoleh siswa, nilai bisa memuaskan atau tidak dan itu semua bergantung pada motivasi belajar siswa selanjutnya.
ABSTRACT
Basically, the function of giving the rating in the education cannot be separated from the goal of the rating itself. As we have seen on the essence of the rating which it is the effort to getting knows the achievement of the education’s goals. In the essence of the rating has been revealed that the goal of the rating is to compile the verification data that will show the level of the ability and the success of the student in achieving the goals of the curriculum. On the other side, it also can be used by the supervisor of the education to measure or give the rating the process of the effectiveness of the learning experience, the learning activities, and the learning method that are used.
From the statement above, the researcher took the research questions; what are the aspects that are being rated in the learning of the faith and the moral of the VIIA grade students 2012/2013 in MTs Negeri Batu, how the way of giving the class-based rating in the learning process of faith and moral to the VIIA grade student 2012/2013 in the students learning achievement in MTs Negeri Batu.
By using the descriptive approach, this research has a goal to get the objective, factual, accurate and systematic view about the problems that occur on the research object. In collecting the data, the researcher used some methods; observation, interview, and documentation. The completed data would be analyzed into triangulation method.
The result has shown that; (1) The rated aspect in the learning of faith and moral of VIIA grade student of MTs Negeri Batu are the aspects of cognitive, affective, and psychomotor, by emphasizing the affective aspect, (2) The using technique in the learning process of those students are quiz, daily examination and group task, while the form of the test is using the spoken question, multiple choice and descriptive question in the class, (3) The effect of the learning process into their learning achievement can be seen from the result of the rating that has been reached by the student, the rating can be satisfaction or on the contrary and all of those depends on the student’s motivation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penilaian Berbasis Kelas; Pembelajaran Akidah Akhlak; the class-based rating; the learning of faith and moral | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:54 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39712 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |