Rozi, Moh. Fathur (2013) Penggunaan multimedia melalui program Autoplay dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPS 2 MAN Tlogo Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110127.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Proses belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan pendidikan di sekolah. Disini guru sebagai pendidik memiliki peran yang sangat besar, disamping sebagai fasilitator dalam pembelajaran siswa juga sebagai pembimbing dan mengarahkan peserta didiknya sehingga mejadi manusia yang mempunyai pengetahuan luas baik pengetahuan agama, kecerdasan, kecakapan hidup, keterampilan, budi pekerti luhur dan kepribadian baik dan bisa membangun dirinya untuk lebih baik dari sebelumnya serta memiliki tanggung jawab besar dalam pembengunan bangsa. Dalam proses belajar mengajar, salah satu faktor yang sangat mendukung keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah kemampuan guru dalam menguasai dan menerapkan metode pembelajaran. Guru dituntut untuk menguasai macam-macam metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa. Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran merupakan salah satu cara menghidupkan dan melatih memori siswa agar bekerja dan berkembang secara optimal. Guru harus memberi kesempatan kepada siswa untuk mengoptimalkan memorinya bekerja secara maksimal dengan bahasanya dan melakukan dengan kreatifitasnya sendiri. Persoalannya bagaimana agar siswa termotivasi dan akhirnya nanti prestasi belajarnya senantiasa meningkat, guru harus mempunyai strategi yang baik supaya pendidikan dan pengajaran yang disampaikan memperoleh respon positif, menarik perhatian, dapat dikembangkan dan terimplementasi dalam sikap yang positif pula. Untuk mencapainya, seorang guru harus dapat memilih metode pengajaran yamg menarik. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan oleh guru lebih mangaktifkan belajar siswa di kelas yaitu dengan menggunakan metode pendekatan multimedia melalui program autoplay. AutoPlay Media Studio adalah program software untuk membuat produk multimedia, software windows interaktif, presentasi-presentasi bisnis, CD autorun setup, dan lain-lain. Pendekatan visual AutoPlay Media Studio adalah salah satu program untuk penciptaan perangkat lunak, membuatnya mudah bagi guru untuk membuat program perangkat lunak Windows, bahkan jika guru sama sekali tidak memiliki pengalaman pemrograman komputer. Strategi ini dapat diterapkan pada pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang sudah ditetapkan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah (1). Bagaimanakah penggunaan multimedia melalui program autoplay dalam pembelajaran Aqidah akhlak kelas XI IPS 2 di MAN Tlogo Blitar? (2). Apakah penggunaan multimedia melalui program autoplay dalam pembelajaran Aqidah akhlak dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 2 di MAN Tlogo Blitar? Adapun tujuannya adalah, (1). Untuk mengetahui bagaimana penggunaan multimedia melalui program autoplay dalam pembelajaran Aqidah akhlak kelas XI IPS 2 di MAN Tlogo Blitar. (2). Untuk mengetahui penggunaan multimedia melalui program autoplay dalam pembelajaran Aqidah akhlak dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 2 di MAN Tlogo Blitar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman guru-guru Aqidah- Akhlaq tentang multimedia melalui program autoplay adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang sangat menarik untuk diterapkan dalam pembelajaran Aqidah- Akhlaq. Multimedia melalui program autoplay memiliki strategi yang menyenangkan yang menggunakan unsur-unsur yang ada dalam kelas. Implementasi multimedia melalui program autoplay dalam pembelajaran Aqidah- Akhlaq di MAN Tlogo Blitar menerapkan beberapa petunjuk dari multimedia melalui program autoplay. Hambatan yang dihadapi dalam implementasi multimedia melalui program autoplay dalam pembelajaran Aqidah-Akhlaq adalah masih belum utuhnya penguasaan guru-guru Aqidah-Akhlaq tentang program autoplay, kurangnya alokasi waktu untuk mata pelajaran Aqidah-Akhlaq dan kurangnya sarana dan fasilitas pendidikan di MAN Tlogo Blitar. Sedangkan usaha yang dilakukan oleh guru-guru Akidah-Akhlaq untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan cara banyak membaca dan belajar tentang program autoplay serta berusaha untuk menerapkannya sebaik mungkin, mendorong siswa untuk belajar sendiri diluar jam pelajaran dan mengoptimalkan sarana dan fasilitas yang ada dilembaga. Aplikasi multimedia melalui program autoplay dalam pembelajaran Aqidah-Akhlaq di MAN Tlogo Blitar belum bisa dikatakan utuh, karena masih mengalami beberapa hambatan, akan tetapi ini bukan berarti menafikan keberhasilan implementasi Program autoplay dalam pembelajaran Aqidah-Akhlaq karena walaupun mengalami beberapa kendala, implementasinya menunjukkan hasilnya yaitu kegairahan dan kesenangan siswa dalam belajar, suasana yang terlihat dinamis dan siswa menjadi aktif dan kreatif.
ABSTRACT
Teaching and learning is at the core of educational activities in schools. The place for teachers as educators have a huge role as well as facilitators of their student learning, supervising and directing learners to become a man with extensive knowledge of both religious knowledge, intelligence, life skills, skills, noble character and good personality and to be able to build themselves to be better than ever and has a great responsibility in national development. In teaching and learning, one of the factors that strongly support teachers in implementing the success in learning is the ability of teachers to master and apply a proper learning method. Teachers are required to master a variety of learning methods in accordance with the characteristics of their material and students. Increasing the motivation and learning achievement of students in learning activities is one way to turn on and to train the students’memory in oederto work and develop optimally. Teachers should give students opportunities to optimize their memory work optimally by the language and conduct with their own creativities. The issue is how to keep students motivated and eventually constantly increasing their academic achievement. Hence, teachers should have a good strategy so that education and teaching are presented to obtain a positive response, attracting their attention, can be developed and implemented in a positive attitude as well. To achieve this, teachers must be able to choose aninteresting teaching method. One alternative that can be performed by the teacher in order to makethe student learning in the classroom much more active is by using a multimedia approach through Autoplay program. AutoPlay Media Studio is a software program to create multimedia products, interactive windows software, business presentations, autorun CD setup, and others. Visual approach AutoPlay Media Studio is one of the programs for the creation of software, making it easy for teachers to create Windows software programs, even if the teacher has absolutely no computer programming background. This strategy can be applied in learning in order to achieve a predefined competence.
Based on backgrounds above, the formulation problems in this studyare (1). How is the using of multimedia through Autoplay program in teaching Aqidah- Akhlaq.in class XI IPS 2 MAN Tlogo Blitar? (2). Canthe use of multimedia through autoplay programin learning Aqidah-Akhlaq. increase student motivation and academic achievement in class XI IPS 2 MAN Tlogo Blitar? The purposes of this study are, (1). To find out how the use of multimedia through autoplay programin learning Aqidah-Akhlaq. in class XI IPS 2 MAN Tlogo Blitar. (2). To find out whether or notthe use of multimedia through autoplay programin learning Aqidah- Akhlaq. increasesthe students’ motivation and academic achievement in class XI IPS
2 MAN Tlogo Blitar.
The results of this study indicate that Aqidah-Akhlaq teachers understanding about multimedia through autoplay program is a suchinteresting approach to be applied in learning for teaching Aqidah-Akhlaq. Multimedia through autoplay program has a nice strategy by using elements which exist in the classroom. The implementation of multimedia in learning through autoplay program for Aqidah- Akhlaq in MAN Tlogo Blitar applies some hints of multimedia through the program. The obstacles encountered in the implementation of multimedia in learning Aqidah- Akhlaq through autoplay program arelack of comprehend teachers toward the program, the lack of time allocated for subject Aqidah-Akhlaq and the lack of infrastructure and education facilities in MAN Tlogo Blitar. While the work done by Aqeedah-Akhlaq teachers to overcome these obstacles are byraising the number of reading and learning about autoplay program and trying to apply it as best as possible, by encouraging students to learn on their own outside of school hours and optimizing the existing infrastructure and facilities instituted. The Implementation of multimedia through autoplay program in teaching Aqidah-Akhlaq in MAN Tlogo Blitar cannot be said to be intact, as it still had some obstacles, but this does not deny the successful implementation of the program in teaching Aqidah-Akhlaq. Despite having some problems, the result of implementation shows that excitement and enjoyment of students in learning, the atmosphere looks dynamic and students become active and creative.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Multimedia Autoplay; Motivasi dan Prestasi Belajar; Aqidah Akhlak; Multimedia Autoplay; Motivation and Academic Achievement; Creed and Morals (Aqidah Akhlak) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:54 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39711 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |