Fitriasih, Eka Ajeng (2013) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di MTs An-Nur Semambung Capang Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110114.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan mempunyai peran yang sangat besar dan sekaligus merupakan sumber daya yang sangat penting. Khususnya bagi negara yang sedang berkembang. Mengelola dan mengembangkan sekolah menjadi maju dan bermutu terletak pada mutu warga sekolah, misalnya Kepala Sekolah, guru, staf administrasi, siswa, masyarakat serta iklim dan kultur disekitarnya.
Untuk mengelola sekolah, diperlukan Kepala Sekolah yang dapat mengatur seluruh potensi sekolah agar berfungsi dengan baik untuk mendukung tercapainya tujuan sekolah. Disamping itu, sekolah harus memiliki visi, misi dan manajemen yang baik untuk diaktualisasikan dalam tugas atau perannya sebagai edukator, manajer, administrator, Supervisor Pendidikan, leader, inovator dan motivator.
Sebagai pemimpin pendidikan, Kepala Sekolah bertanggung jawab untuk pertumbuhan guru secara continue. Dengan praktek demokratis ia harus mampu membantu guru untuk mengenal kebutuhan masyarakat sehingga tujuan pendidikan bisa memenuhi syarat tersebut dan ia harus mampu membantu guru untuk mengevaluasi program pendidikan dan hasil belajar murid. Kepemimpinan Kepala Sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan misi, visi dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Oleh karena itu, Kepala Sekolah dituntut memiliki kemampuan manajemen dan kepemimpinanyang bagus agar mampu mengambil keputusan dan prakarsa untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnyadalam skripsi dan mengambil judul Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di MTs An-Nur Semambung Capang Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam dan Mengetahui Usaha apa saja yang dilakukan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Penelitian penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatf, yaitu reduksi data penyajian data dan vertivikasi yang berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan prilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, di sini penulis sertakan pengecekan keabsahan data yaitu dengan tringulasi yaitu kredibilitas, dependebilitas dan konfirmabilitas dan juga menggunakan bahan referensi untuk memudahkan peneliti dalam pengecekan data.
Sebagai kesimpulan dari penelitian tersebut. Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan Agama Islam menunjukkan sudah tergolong cukup baik, karena bapak kepala sekolah sudah melakukan supervisi dengan baik dan terampil yaitu dengan memonitoring kekurangan sekolah, mengontrol dan membimbing para guru, menjadi pimpinan yang efektif, memberi bantuan pengawasan dalam PBM, memupuk dan mengembangkan hubungan yang harmonis antara anggota-anggota staf sekolah dan mengikuti workshop kepala sekolah untuk meningkatkan manajemen mutu di sekolah ini.
Disamping itu, Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan Agama Islam di MTs An-Nur Semambung Capang Purwodadi Kabupaten Pasuruan ini merupakan suatu lembaga baik yang sudah melaksanakan dengan baik dan terampil untuk peningkatan mutu pendidikan Agama Islam dan sudah memiliki kreadibilitas yang baik dalam pandangan masyarakat desa Semambung maupun tingkat kecamatan. Hal ini disebabkan karena setiap tahun lembaga tersebut berusaha mengadakan segala perubahan dalam bidang pendidikan bahkan untuk tahun ini kepala sekolahnya akan menerapkan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah). Adapun usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan Agama Islam yaitu dengan adanya kontrol guru terhadap siswa, menganjurkan untuk berbusana muslim, adanya kegiatan keagamaan seperti shalat dhuha dan dzuhur berjamaah, menambah jam pelajaran pendidikan Agama Islam, perhatian pada peserta didik, pembinaan keagamaan dan melengkapi buku perpustakaan khususnya dalam bidang Agama Islam.
ABSTRACT
Education has a very big role and is a very important resource. Especially for developing countries. Manage and develop the school into advanced and quality lies in the quality of the school community, such as school principals, teachers, administrative staff, students, communities and the climate and the culture around it.
To manage the school, the principal is required to manage all potential schools to function properly to support the achievement of the school. In addition, the school must have a vision, mission and good management to be actualized in the task or role as educators, managers, administrators, Education Supervisor, leader, innovator and motivator.
As educational leaders, principals are responsible for teacher growth continue. With democratic practice he should be able to help teachers get to know the needs of the community so that educational goals can meet these requirements and he should be able to help teachers to evaluate the educational program and student learning outcomes. Principal leadership is one factor that can encourage schools to be able to realize the mission, vision and goals of the school through programs carried out in a planned and phased. Therefore, the Principal and management capabilities required to have kepemimpinanyang nice to be able to take decisions and initiatives to improve the quality of education in schools.
Departure from that background that I will want to discuss the thesis and took the title role as Principal Supervisor in Improving the Quality of Islamic Education in junior An-Nur Semambung Capang Purwodadi Pasuruan. The purpose of this study was to Determine the role of Principal For Supervisor In Improving the Quality of Islamic Education and Business Know what is being done as Principal Supervisor In Improving the Quality of Islamic Education. The study author is included in the descriptive qualitative research. And in the course of collecting the data, the writer used observation, interview and documentation. While to analyze, writer kualitatf using descriptive analysis techniques, namely data reduction and presentation of data in the form of data vertivikasi written or verbal behavior of the people and observed that in this case the author seeks to undertake research roomates describes the overall nature of the actual situation . In addition, to support the description of the actual situation on the ground, here the authors include checking the validity of the data is that is to tringulasi namely credibility, and confirmability dependebilitas and also use reference materials to facilitate Researchers in the data checking.
As a conclusion of the study. Principal's role as a supervisor in an effort to improve the quality of Islamic education show was quite good, because the father of the principal has done well and skilled supervision is to monitor the school deficiencies, control and guide the teachers, to be an effective leader, provide assistance in the supervision PBM, foster and develop a harmonious relationship between members of the school staff and principals participated in workshops to improve the quality of management at the school.
In addition, the principal efforts in improving the quality of Islamic education in junior An-Nur Semambung Capang Purwodadi Pasuruan regency is a good institution that already perform well and skillfully to improve the quality of Islamic education and already have a good kreadibilitas in view of the village community Semambung and district level. This is because every year the agency tried to hold all the changes in education this year even for the head of school will implement SBM (School Based Management). The principal work done in improving the quality of Islamic education is to the control of teachers to students, advocating for Muslim dress, their religious activities such as praying Duha and midday congregation, adding hours of Islamic education lessons, the attention of students, religious guidance and complete library of books, especially in the field of Islamic Studies.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Kepala sekolah Sebagai Supervisor; Mutu Pendidikan Agama Islam; Principal Role As Supervisor, Quality of Islamic Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:53 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39702 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |