Ichsan, Mohammad (2013) Penerapan metode Snowball Throwing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII-H di MTsN Aryojeding Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110116.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Jika kita lihat bersama ternyata masih banyak sekali para guru pendidikan agama islam yang hanya terpaku menggunakan metode konfensional atau ceramah. Metode ini dianggap oleh para guru pendidikan agama islam khususnya guru mata pelajaran Akidah Akhlak sudah cukup untuk kegiatan belajar mengajar. Guru sering kali berfikiran bahwa murid hanya menerima pelajaran sesuai apa yang dijelaskan guru. Padahal untuk saat ini banyak sekali berkembang metode aktif learning. Sebagaimana yang terjadi di MTs Negeri Aryojeding Tulungagung yang ternyata guru pendidikan agama islam khususnya guru mata pelajaran Akidah Akhlak masih banyak menggunakan metode ceramah tersebut dari pada aktif learning.
Dari uraian di atas maka dalam penelitian ini ada 2 rumusan masalah yang peneliti gunakan, yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran dengan model Snowball Throwing itu pada pembelajaran Akidah Akhlak, (2) Bagaimana prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran Snowball Throwing dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan prestasi siswa setelah diterapkannya metode Snowball Throwing.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, artinya adalah dalam penelitian kualitatif data yang dikumpulkan berupa naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo dan dokumen resmi lainnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, pelaksanaan metode jigsaw ini dilakukan dengan II siklus dan 4 pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat dijelaskan, bahwa dalam perencanaan siklus pertama penggunaan metode Snowball Throwing maka yang perlu dilakukan oleh seorang guru adalah: (1) Mencari berbagai referensi yang berkaitan dengan materi baik dari berbagai buku atau internet, (2) Meringkas materi yang akan disampaikan kepada siswa.
Pada siklus pertama karena para siswa baru pertama kali diperkenalkan dengan metode Snowball Throwing, jadi masih terkesan bingung, karena masih belum terbiasa sehingga pada siklus selanjutya peneliti mencoba untuk mensosialisasikan kepada siswa agar mereka mengerti dan memahami terlebih dahulu bagaimana metode yang peneliti gunakan dalam proses pembelajaran. Pada akhirnya metode Snowball Throwing ini dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat berjalan dengan lancar. Indikator penilaian prestasi siswa adalah dengan mengadopsi teori yang diungkapkan oleh Bloom yaitu berkaitan dengan tiga ranah yakni ranah kognitif, ranah afektif, ranah psikomotorik. Selain itu juga melakukan pengamatan dari keaktifan siswa, antusias siswa, keberanian siswa mengutarakan jawaban dan pendapatnya dan yang terakhir dengan menggunakan tes tulis sebagai hasil akhir yang akan didapat peneliti.
ABSTRACT
As we seen on the field, there are many teachers of Islamic Education only concern on using the confessional method or preaching in the other word. This method is assumed by the teachers of Islamic Education especially for Faith and Morals subject as the best method for the learning activity. The teachers often think that the students only receive the lesson according to what the teachers have explained. In fact, there are many developed active learning methods for now. As what happened in MTsN Aryojeding Tulungagung, that the teachers of Islamic Education, especially in Faith and Morals subjects, commonly use the preaching method rather than use the active learning methods.
From the explanation above, there are two research questions that the researcher uses, those are (1) How’s the implementation of learning method by using Snowball Throwing in Faith and Morals subject, (2) How’s the students achievement after implementing the Snowball Throwing learning method in Faith and Morals subject. The goals of this research are to know the implementation and the achievement of the students after using The Snowball Throwing method.
This research is including a qualitative research. It means that in the qualitative method, the compiled data are the interview sheets, field notes, personal documents, memo and other official documents. Based on the research result, the implementation this jigsaw method is done by two cycles and four meetings. Based on the research result that has been done, the researcher is able to explain that the first cycle plan in the using of Snowball Throwing, the things to do by the teachers are: (1) Finding the references that concerned to the material from the book and the internet, (2) summarizing the material that will be explained to the students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Snowball Throwing; Prestasi; Akidah Akhlak; Snowball Throwing; achievement; faith and morals | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:52 | ||||||
Last Modified: | 14 Jun 2023 10:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39696 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |