Mandasari, Ika Aprisyanti (2013) Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam keluarga: Studi kasus 4 keluarga di RT 03 RW 02 Kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110129.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan agama Islam merupakan sebuah proses mendidik yang dijalankan berdasarkan ajaran agama Islam. Hal ini dilakukan agar anak dapat memahami maksud dan tujuan pendidikan agama Islam secara komprehensif. Selain itu anak diharapkan dapat mengamalkan serta menjadikan ajaran-ajaran agama Islam yang telah dianut mulai awal (dalam kandungan) sebagai pandangan hidupnya sehingga dapat mendatangkan keselamatan bagi dirinya di dunia dan akhirat.
Keluarga merupakan lembaga pendidikan utama dalam menciptakan anak yang sholeh dan sholehah agar memiliki pendidikan sesuai ajaran yang diperintahkan oleh Allah SWT. Di dalam keluargalah seorang anak akan dibentuk, dan saat itu peran orang tua sangat dibutuhkan, karena nantinya yang akan menentukan masa depan anak. Pendidikan dalam keluarga membentuk karakter seorang anak dan mengarahkan mereka pada sesuatu yang positif atau mencegah terhadap yang negatif.
Penelitian ini mendiskripsikan tentang Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga (Studi Kasus 4 Keluarga di Rt 03 Rw 02 Kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru Malang). Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga Studi Kasus 4 Keluarga di Rt 03 Rw 02 Kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru Malang. Sedangkan secara khusus tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1) untuk mengetahui cara-cara apa saja yang dilakukan oleh para orang tua dalam keluargaanya untuk menerapkan Pendidikan Agama Islam Di Rt 03 Rw 02 Kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru Malang. 2) mengidentifikasi faktor pendukung maupun faktor penghambat yang dihadapi para orang tua dam mengimplementasikan Pendidikan Agama Islam dalam keluarga Di Rt 03 Rw 02 Kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru Malang.
Pendekatan digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwasanya dalam Pengimplementasikan Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga harus berjalan dengan hal yang sesuai dengan ajaran agama Islam seperti yang di kuatkan oleh pendapat Al- Hasani, bahwa ada beberapa penerapan dalam pendidikan agama Islam.
ABSTRACT
Islamic religious education is a process of educating someone based on Islamic study. It is done in order that children are able to understand the aim and purpose of Islamic religious education comprehensively. Besides that, children are expected to be able to implement the values of Islam that has been embraced from early (in the womb) as a way of life that can bring salvation for him in this world and the hereafter.
The family is the main educational institutions in creating Sholeh and Sholeha children to have appropriate education teaching commanded by Allah SWT. Within families children are set and at that time the role of parents is needed, because it will decide the future of children. Education in a family will create the character of children's family and direct them to do something positive or prevent in doing negative things.
This study describe on implementation of Islamic Education in Family (Case Study 4 Families on Rt 03 Rw 02 Village Jatimulyo Lowokwaru Malang). The objectives to be achieved in this research in general is to know how the implementation of Islamic Religious Education in the Family (Case Study on Rt 03 Rw 02 Village Jatimulyo Lowokwaru Malang). While specifically the objectives to be achieved in this study were: 1) to know the ways of what is being done by the parents in the family to implement Islamic Education In Rt 03 Rw 02 Village Jatimulyo Lowokwaru Malang. 2) Identify the factors supporting and inhibiting factors which was facing by parents in implementing Islamic Education in the family at Rt 03 Rw 02 Village Jatimulyo Lowokwaru Malang.
The approach I use in this study is using a descriptive qualitative approach, then the method in the collection of research data was observation, interviews, documentation.
Based on the research that has been conducted by the researchers concluded that the implementation of Islamic Religious Education in the Family had to walk by it in accordance with the teachings of Islam as it is in the opinion reinforced by Al-Hasani, that there are some application in Islamic religious education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Keluarga; Islamic Education; Family | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:52 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39689 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |