Qyumah, Nuril (2013) Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs NU Bunut Wetan Pakis Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110130.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks dimana guru merupakan komponen yang sangat penting dalam proses belajar mangajar, tugas guru adalah menyampaikan materi pelajaran kepada siswa melalui interaksi komunikasi dalam proses belajar mengajar yang dilakukannya. Keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sangat tergantung pada kelancaran interaksi komunikasi antara guru dengan siswanya. Ketidaklancaran dalam komunikasi membawa akibat terhadap pesan atau materi yang disampaikan oleh guru.
Bersamaan dengan perkembangan zaman, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju dan juga mendorong guru pendidikan agama untuk mengadakan upaya pembeharuan dalam proses belajar mengajar dan pemanfaatan hasil-hasil teknologi. Guru dituntut untuk mampu menggunakan alat-alat yang bisa memudahkannya dalam menjalankan proses belajar mengajar.
Untuk itu, penggunaan media pendidikan yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar sangat besar pengaruhnya terhadap efektifitas tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran yang akan di capai. Dalam proses mengajar sering terjadi tidak efektif dan efisien disebabkan oleh adanya kurang minat, kurang gairah dan sebagainya.
Pemanfaatan media pembelajaran sangat tergantung pada tujuan pengajaran, kemudian memperoleh media yang diperlukan serta kemampuan guru dalam menggunakannya dalam proses pengajaran. Media pembelajaran akan memudahkan siswa menerima dan mengingat materi yang telah disampaikan. Manfaat lain, akan memudahkan guru dalam menyampaikan materi, karena dapat ditunjukan secara langsung kepada siswa, suatu bukti konkrit berupa suara dan gambar gerak karena media pembelajaran berhubungan langsung dengan indra penglihatan dan pendegaran. Hamalik (1986) mengemukakan bahwa pemakaian media dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keingintahuan dan minat baru bagi siswa, serta membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar mengajar dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa.
Penelitian ini mendiskripsikan tentang pengaruhpenggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Bunut Wetan Pakis Malang. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhdap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Bunut Wetan Pakis Malang. sedangkan secara khusus tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) media audio visual apa saja yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran mata pelajaran Fiqih di MTs NU Bunut Wetan Pakis Malang.
2)mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Bunut Wetan Pakis Malang. 3) mengetaui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Bunut Wetan Pakis Malang.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, maka dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode kuesioner, interview, dan dokumentasi. Adapun untuk analisis penelitian peneliti menggunakan regresi linier sederhana. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa muslim kelas VIII MTs NU Bunut Wetan Pakis Malang, adapun subyek penelitian sebanyak 72 responden.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa prestasi belajar siswa MTs NU Bunut Wetan Pakis Malang berada pada katergori sangat baik sebanyak 21 siswa atau 29% . pada kategori kurang terdapat 10 siswa atau 14%. Pada kategori sedang terdapat 16 siswa atau 22%. Pada kategori cukup terdapat 5 siswa atau 7% dan pada kategori baik terdapat 20 siswa atau 28%. Tingkat jawaban penggunaan media audio visual MTs NU Bunut Wetan Pakis Malang didapatkan 25 siswa kategori sangat sedang atau 35%. Dan kategori sedang sebanyak 30 siswa atau 41%. Hal tersebut berdasarkan r tabel adalah 0.000. dikatakan signifikan atau mempunyai pengaruh apabila r hitung lebih besar dari r tabel. Dengan taraf signifikansi 5% r hitung dari hasil korelasi nilai r hitung 0.701 nilai r tabel 0.000 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Semakin tinggi tingkat penggunaan media audio visual, semakin tinggi pula tingkat prestasi belajar siswa.
ABSTRACT
Education and teaching problem is complex problems where a teacher is an important component in a teaching and learning process. The teacher’s role is conveying the materials of subject toward the students through communication interaction in the applied teaching and learning process. The teacher’s success in conveying the materials is very depended on the communication interaction between teacher and students as well. If the communication is going unwell, the teacher will face a problem in conveying the materials.
As the time goes on, the development of science and technology is advanced as well. It also stimulates the teacher of Islamic Education to make an innovation in the teaching and learning process and apply the results of technology. Teacher is demanded to be able to apply media which can ease him/her in conducting teaching and learning process.
Thus, the use of education media in the teaching and learning process has very high influences to the effectiveness of education and teaching goal achievement. Ineffective and inefficient teaching is often happened because students are less interest, motivation, and so forth.
The application of teaching and learning media is very depended on the teaching’s goal, then the opportunity to get media, and the ability of teacher to apply media in the teaching process. Teaching and learning media will ease the students to accept and memorize the conveyed materials. Another advantage is easing the teacher in conveying the material because it can be showed to the students directly. The concrete proof is the sound and moving picture because teaching and learning media is related directly with visual and auditory sense. Hamalik (1986) stated that “pemakaian media dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keingintahuan dan minat baru bagi siswa, serta membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar mengajar dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa.”
This research describe about the influence of the use of audio visual media toward the students’ learning achievement on Fiqih subject at MTs NU Bunut Wetan Pakis Malang. In general, the objective of research is to know the influence of the use of audio visual media toward students’ learning achievement on Fiqih subject at MTs NU Bunut Wetan Pakis Malang. The specific objectives of this research are: 1) what are the audio visual media which is applied by the teacher in the teaching and learning of Fiqih subject at MTs NU Bunut Wetan Pakis Malang.
3)knowing students’ learning achievement on Fiqih subject at MTs NU Bunut Wetan Pakis Malang. 3) knowing the influence of the use of audio visual media toward students’ learning achievement on Fiqih subject at MTs NU Bunut Wetan Pakis Malang.
The approach of this research is quantitative descriptive, thus in collecting the data, the researcher used questionnaire method, interview, and. For the analysis of this research the researcher applied simple linier regression. This research is conducted toward the muslim students of 8th grade at MTs NU Bunut Wetan Pakis Malang. The amount of research subject is 72 respondents.
Based on the research result, it can be known that the students’ learning motivation of MTs NU Bunut Wetan Pakis Malang can be categorized as follows, as much as 21 students or 29% are very good, 10 students or 14% are low, 16 students or 22% are average, 5 students or 7% are enough, and 20 students or 28% students are good. The frequency of the use of audio visual media at MTs NU Bunut Wetan Pakis Malang resulted as follows: 25 students are categorized as very average or 35%, 30 students are categorized as average or 41%. Based on r table those all are 0.000. significant or have influence if r hitung is more than r tabel. With the significance level is 5% r hitung from the result of correlation the value of r hitung 0.701 value of r tabel 0.000 it means Ho is rejected and Ha is accepted. As higher as the frequency of the use of audio visual media, as higher as the level of students’ learning achievement as well.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Audio Visual; Prestasi Belajar Siswa; Audio visual media; student achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:52 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39688 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |