Rofiq, Muhammad Is’adur (2013) Implementasi Remedial Teaching dengan menggunakan metode tanya jawab pada mata pelajaran Aqidah Akhlak (materi Tasawuf) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 7 MAN Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110105.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (958kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Aktifitas belajar bagi setiap individu, tidak selamanya dapat berlangsung secara wajar. Kadang-kadang lancar, kadang-kadang tidak, kadang-kadang dapat cepat menangkap apa yang dipelajari, kadang-kadang terasa amat sulit. Dalam hal semangat terkadang semangatnya tinggi, tetapi terkadang juga sulit untuk mengadakan konsentrasi. Demikian kenyataan yang sering kita jumpai pada setiap anak didik dalam kehidupan sehari-hari dalam kaitannya dengan aktivitas belajar. Fenomena adanya tingkat penguasaan siswa yang berbeda-beda, maka akan berbeda pula dalam ketuntasan belajar mereka sehingga baik siswa yang cepat belajarnya maupun yang lamban belajarnya akan mengalami kesulitan belajar. Siswa yang lamban belajar adalah siswa yang tidak dapat menyesuaikan kegiatan belajar dalam batas waktu yang ditentukan, dan biasanya siswa golongan ini membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menyelesaikan kegiatan belajar yang imbasnya adalah mereka tidak dapat mencapai standar nilai yang harus ditempuh dalam suatu mata pelajaran atau Kriteria Kelulusan minimal (KKM). Seperti yang terjadi di kelas XI IPS 7 MAN Tambakberas Jombang, dari hasil observasi awal dan Pre test yang dilakukan peneliti rata-rata nilai para siswa adalah 67,29. Dan nilai tersebut masih dibawah standar KKM mata pelajaran Aqidah Akhlak,yaitu sebesar 70,00.
Berpijak dari permasalahan di atas, penulis perlu mengadakan penelitian mengenai implementasi Remedial Teaching dengan menggunakan metode tanya jawab pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Materi Tasawuf) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 7 MAN Tambakberas Jombang. Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Remedial Teaching dengan menggunakan metode tanya jawab pada mata pelajaran Aqidah Akhlak (materi tasawuf) dalam meningkatkan prestasi belajar di kelas XI IPS 7 MAN Tambakberas Jombang, serta untuk mengetahui bagaimana hasil implementasi Remedial Teaching dengan menggunakan metode tanya jawab pada mata pelajaran Aqidah Akhlak (materi tasawuf) dalam meningkatkan prestasi belajar di kelas XI IPS 7 MAN Tambakberas Jombang.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitiannya adalah PTK dengan tehnik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan dalam penelitian tindakan kelas ini penulis berperan sebagai instrumen sekaligus pengumpul data yang ada di lapangan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak tiga siklus dengan tujuan agar prestasi belajar di kelas XI IPS 7 MAN Tambakberas dapat ditingkatkan menjadi lebih baik lagi.
Dari hasil penelitian tindakan kelas ini didapatkan perubahan yang signifikan pada prestasi belajar siswa kelas XI IPS 7 MAN Tambakberas Jombang. Hal ini ditandai dengan peningkatan prestasi belajar siswa dalam setiap siklus, yakni: nilai rata-rata Pre test awal (67,29) kemudian siklus I dengan nilai rata-rata (70,30) siklus II dengan nilai rata-rata (76,07), dan siklus III dengan nilai rata-rata (81,05).
ABSTRACT
Learning activities for each individual, are not always able to take place naturally. Sometimes smoothly, sometimes not, sometimes it can quickly capture what is learned, sometimes painfully difficult. In terms of the spirit of high spirits sometimes, but sometimes it is difficult to hold concentration. Similarly, the fact that we often encounter in each of their students in daily life in relation to the learning activity. The phenomenon of the level of student mastery of different, it will be different in their mastery learning so that both students are learning fast and slow learning will have difficulty learning. Students who are slow to learn is that students can not adapt learning activities within the prescribed time limit, and usually this group of students takes a longer time to complete the learning activities that impact is they can not reach the standard of value that must be taken in a subject or criteria minimum passing (KKM). As happened in class XI IPS 7
MAN Tambakberas Jombang, from initial observations and tests conducted by researchers Pre average value of the students was 67.29. And the value is still below standard subjects KKM Aqidah Morals, amounting to 70.00.
Based on the above problems, the authors have conducted research on the implementation of Remedial Teaching using the question and answer on Aqidah Moral Subjects (Materials Sufism) in improving student achievement XI IPS 7
MAN Tambakberas Jombang. The purpose of this study was conducted to determine how the implementation of Remedial Teaching using the question and answer on the subjects of Aqidah Morals (material Sufism) in increasing academic achievement in class XI IPS 7 MAN Tambakberas Jombang, and to investigate how the results of the implementation of Remedial Teaching using the method frequently asked questions on subjects Aqidah Morals (material Sufism) in increasing academic achievement in class XI IPS 7 MAN Tambakberas Jombang.
In this study, the authors used a qualitative approach with a TOD type of research is the data collection techniques through tests, observations, interviews, and documentation. And in this classroom action research the author serves as an instrument as well as collecting data in the field. Classroom action research was carried out by three cycles with the aim of learning achievement in class XI IPS 7
MAN Tambakberas can be upgraded to be even better.
From the results of this action research found a significant change in student achievement XI IPS 7 MAN Tambakberas Jombang. It is characterized by an increase in student achievement in each cycle, namely: the average value of Pre test early (67.29) then the first cycle with the average value (70.30) second cycle with the average value (76.07 ), and the third cycle with the average value (81.05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Remedial Teaching; metode tanya jawab; prestasi belajar siswa; pembelajaran Akidah Akhlaq (materi tasawuf); Remedial Teaching; questioning methods; student achievement; learning Aqeedah Akhlaq (material Sufism) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:52 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39687 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |