Munafaroh, Nurrydya Ismy (2013) Pengaruh tingkat daya serap siswa kelas XI terhadap peningkatan prestasi belajar pada materi Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Malang II Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110103.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Madrasah merupakan suatu lembaga pendidikan yang memiliki porsi pendidikan agama lebih banyak dibandingkan dengan sekolah umum. Aqidah Akhlaq merupakan salah satu mata pelajaran yang berdiri sendiri di lembaga Madrasah yang berbasis Islam seperti Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, serta perguruan tinggi Islam. Dimana pelajaran yang telah berdiri sendiri seperti aqidah akhlaq memiliki standar kompetensi yang harus dicapai siswa selain itu, aqidah akhlaq juga memiliki kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa.
Untuk mencapai kompetensi dasar dan juga standar kompetensi yang harus dicapai, maka aqidah akhlaq harus disampaikan dengan baik agar siswa dapat menuntsakan standar kompetensi dan juga kompetensi dasar dengan baik. Namun yang terjadi adalah dalam penyampaian materi pokok, kebanyakan guru menggunakan metode ceramah atau hanya bercerita. Hal tersebut membuat anak menjadi malas dan daya serap siswa hanya sedikit karena guru yang aktif bukan murid yang aktif. Sehingga daya serap murid menurun dan berimbas pada prestasi siswa yang menurun.
Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan ada tidaknya Pengaruh Tingkat Daya Serap Siswa Kelas XI Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Aqidah Akhlaq Di Madrasah Aliyah Negeri Malang II Kota Batu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling yang diambil secara acak dari seluruh kelas XI. Adapun sampel yang diambil sebanyak 50 siswa, tetapi data (angket) yang terjawab penuh dan dapat dianalisis sebanyak 49 angket. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data diketahui bahwa tingkat daya serap siswa kelas XI yang tergolong sangat rendah sebanyak 6 orang (12,2%); kategori cukup sebanyak 22 siswa (44,8%). Begitu juga dengan prestasi belajar yang tergolong Sangat rendah sebanyak 8 orang (16,3); kategori cukup sebanyak 21siswa (42,9%).
Hasil analisis korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,742 dengan sig (p) = 0,000 dengan sampel 49 siswa menunjukkan terdapat korelasi di antara dua variabel yang tergolong tinggi. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis varians, nilai Fhit = 57,431. Sedangkan dari tabel distribusi F dengan derajat bebas N1 = 1 dan N2 = 47 pada taraf signifikansi 0,05 (F1;57;0,05), diperoleh Ftabel =4,01. Jadi Fhit> Ftabel = 57,431 > 4,01. Nilai signifikansi penelitian sebesar 0,000 atau 0,00%. Nilai signifikansi penelitian lebih kecil dari taraf signifikansi sebesar 5% atau 0,05. Karena Fhit lebih besar dari Ftabel dan signifikansi penelitian lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya signifikan. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana diketahui nilai koefisien determinasi (r2) yang ditunjukkan pada nilai R Square sebesar 0,550 atau sama dengan 55% (r2 x 100%). Hal ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh tingkat daya serap siswa kelas XI terhadap prestasi belajar pada materi aqidah akhlaq di Madrasah Aliyah Negeri Malang II Kota Batu sebesar 55% dan 45% dipengaruhi oleh faktor lain.
ABSTRACT
Madrasah is one of kind from education institute that have many Islamic education more than general school. Aqidah Akhlaq Subject is one of kind from independent subject in Madrasah that have as a Islamic base, like Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah and Islamic University. Because the subject was independent like Aqidah Akhlaq have standard competence must attain by studendts. Another that aqidah akhlaq subject have base competence and students must master it.
In order that standard competence and base competence can achieved, so the aqidah akhlaq subject must learn with good method so that students can complete the standard competence and base competence well. But the reality is in delivery main subject, many teacher used story method. This make students be lazy and their applicability become low and that can make achievement from learning become bad.
And this research do to tell have or haven’t the impect applicability lavel of the 11th grader students to achievement from learning at aqidah akhlaq subject in Madrasah Aliyah Negeri Malang II Batu.
This research use kuantitatif research with correlational research based. Random sampling technique from all students in 11th class. And sample that use are 50 person, but that can analisis just 49 person. Technique to collecting data are angket (kuisioner) and documentation.
Be based on technique collecting data get to know that applicability lavel of the 11th grader students belongs to lower is 6 students (12,2%); amount 22 students (44,8%) that’s belong medium. And so with achievement from learning. Students become lower as much as 8 students (16,3%); and become medium as much as 21 students (42,9%).
Output from correlation analyst get score coefficient correlation (r) is
0,742 with sig score (p) = 0,000 with sample of 49 students showed that any high impact between two variables. This has been confirmed by the results of analysis of variance, Fhit = 57,431. While from F distribution table with degrees of freedom N1 = 1 and N2 = 47 at significance level 0.05 (F1; 57; 0.05), obtained Ftable = 4,01 So Fhit > Ftable = 57,431 > 4.01. Obtained a significance value of research at 0,000 or 0,000 %. Research significance value is less than the significance level of 5% or 0.05. Because Fhit is greater than Ftable and the significance of the study is less than 0.05, it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted that means significantly. Based on a simple linear regression analysis is known the coefficient of determination (r2) are shown in the value of R Square of 0,550 or equal to 55% (r2 x 100%). This indicates that the influence Applicability Lavel of The 11th Grader Students to achievement from learning at Aqidah Akhlaq Subject di Madrasah Aliyah Negeri Malang II Batu is 55%, while the remaining is 45% (100% - 55%) or influenced by other variables.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyono, Mulyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Tingkat Daya Sera; Prestasi Belajar; Aqidah Akhlaq; Applicability Lavel; Achievement from Learning; Aqidah Akhlaq Subject | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:50 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39685 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |