Mahmudah, Zakiyatul (2013) Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MTs NU Kepuharjo Karangploso Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110132.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu faktor rendahnya mutu pendidikan di negara kita adalah disebabkan tenaga pendidik yang kurang berkompeten. Misalnya masih banyak guru Pendidikan Agama Islam sendiri yang belum mampu memanfaatkan teknologi pembelajaran atau belum mampu menyusun rancangan pembelajaran dengan baik. Sehingga upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sukar untuk di wujudkan dan pada akhirnya kebodohan akan berdampak pada kemiskinan. Oleh karena itu, seorang guru dituntut untuk memiliki kompetensi yang unggul dalam bidang pedagogik. Adapun kepala madrasah yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya, diharapkan dapat mengelola lembaga pendidikan kearah perkembangan lebih baik dan dapat menjanjikan masa depan. Salah satu upaya kepala madrasah dalam mengelola lembaga pendidikannya dapat dilakukan dengan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru, dan salah satunya yaitu dengan meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di madrasah tersebut.
Berdasarkan uraian di atas, maka fokus masalah yang diambil dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI di MTs NU Kepuharjo Karangploso Malang, 2) bagaimana upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MTs NU Kepuharjo Karangploso Malang, serta 3) apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI di MTs NU Kepuharjo Karangploso Malang. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru PAI di MTs NU Kepuharjo Karangploso Malang, 2) mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MTs NU Kepuharjo Karangploso Malang, serta 3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MTs NU Kepuharjo Karangploso Malang.
Pendekatan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengungkapkan dan menjelaskan fenomena kejadian dari fakta-fakta yang ada di lapangan dalam bentuk kata-kata. Adapun dalam memperoleh data, peneliti menggunakan beberapa metode penelitian, yaitu metode observasi langsung, interview, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini, peneliti dapat menyimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru PAI di MTs NU Kepuharjo Karangploso Malang dapat menciptakan lingkungan belajar yang efektif, menyenangkan dan telah mampu mengelola kelas, sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat optimal. Karena, guru yang mengajar pada madrasah tsanawiyah tersebut telah banyak memiliki dan menggunakan berbagai macam metode yang disesuaikan dengan berbagai keadaan siswa. Adapun upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di madrasah tsanawiyha tersebut diantaranya adalah dengan pengadaan seminar dan workshop yang dilakukan untuk menambah pengetahuan dalam bidang pendidikan.
Sebagai saran Bagi Kepala Madrasah hendaknya sebagai edukator harus senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh para guru dan hendaknya secara kontinyu memberikan arahan, bimbingan dan penilaian terhadap kegiatan guru khususnya dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran yang dilaksanakan bisa lebih baik dan berkualitas sesuai dengan tujuan kompetensi pedagogik. Bagi guru hendaknya senantiasa untuk terus berusaha mengembangkan kompetensi pedagogiknya semaksimal mungkin, sehingga mampu membawa siswanya ke arah kemajuan sebagaimana tuntutan kemajuan masyarakat dewasa ini yang semakin berkembang.
ABSTRACT
One of the factors of low quality of education in our country is due to the lack of competent educators. For example, a lot of Islamic education teachers are not able to utilize instructional technology or draft learning plans well. The efforts to make the nations well educated are difficult to achieve and stupidity will ultimately have an impact on poverty. Therefore, teachers are required to have a superior competence in the field of pedagogy. The headmaster, who has a very important role in advancing the institution he leads, is expected to manage educational institutions towards better development and give more promising future. One of headmaster’s efforts in managing educational institution can be done by taking various efforts to improve the competence of teachers, and one of them is to improve PAI teachers' pedagogical competence in that school.
Based on the explanation above, this study focuses on: 1). How PAI teachers’ pedagogical competence in MTs NU Kepuharjo Karangploso Malang is. 2). How the headmaster efforts in improving PAI teachers’ pedagogical competence of in MTs NU Kepuharjo Karangploso Malang are, and 3). What the factors that support and inhibit headmaster’s efforts in improving the competence of PAI teachers in MTs NU Kepuharjo Karangploso Malang are. The objectives to be achieved in this study are: 1). To describe the pedagogical competence of PAI teachers in Mts NU Kepuharjo Karangploso Malang, 2). To determine headmaster’s efforts in improving PAI teacher’s pedagogical competence in MTs NU Kepuharjo Karangploso Malang, and 3). To identify supporting and inhibiting factors of headmaster’s efforts in improving PAI teacher’s pedagogical competence in MTs NU Kepuharjo Karangploso Malang.
This study uses descriptive qualitative approach by revealing and explaining the phenomena of facts that occur on the field in the form of words. As in obtaining the data, the writer uses several research methods, they are: direct observation, interview, and documentation.
From the result of this study, the writer is able to conclude that the pedagogical competence of PAI teachers in MTs NU Kepuharjo Karangploso Malang can create fun and effective learning environment. They can manage the class well so that students’ learning outcomes are at an optimal level. It is because the teachers at that school have used a variety of methods that are appropriate to the state of the students. Headmaster’s efforts in improving pedagogical competence of PAI teachers in that school are by conducting seminar and workshop to increase knowledge in the field of education.
For the suggestion, the headmaster as educators should continually improve the quality of learning done by teachers and should continuously give direction, guidance, and assessment of the activities of teachers, especially in learning activities so that learning process could be better implemented and qualified according to the pedagogical goals. Teachers should always keep trying to develop pedagogical competence as much as possible, so that they are able to bring their students towards better society as well as the demands of today’s growing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya Kepala Madrasah; Kompetensi Pedagogik; Guru PAI; Principal’s efforts; Pedagogical competence; PAI Teacher | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:50 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39684 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |