Mulyani, Sri (2013) Penerapan model paikem dengan menggunakan strategi Talking Stick dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPS 1 MAN Malang 2 Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110101.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Aqidah Akhlak saat ini dirasa kurang efektif. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran masih didominasi oleh model dan strategi pembelajaran konvensional. Guru lebih banyak menekankan pada hafalan, ceramah dan tanya jawab, sehingga peserta didik menjadi pasif. Kondisi ini berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa. Untuk menjawab persoalan- persoalan tersebut perlu diterapkan suatu model dan strategi alternatif pembelajaran Aqidah Akhlak sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan penerapan model PAIKEM menggunakan strategi Talking Stick. Penggunaan model dan strategi pembelajaran ini diharapkan agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang akan dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan model PAIKEM dengan menggunakan strategi Talking Stick yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPS 1 MAN Malang 2 Kota Batu? (2) Bagaimana perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI IPS 1 MAN Malang 2 Kota Batu sebelum dan sesudah penerapan model PAIKEM dengan menggunakan strategi Talking Stick?
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan jenis kolaboratif patisipatoris, mengacu pada model yang digunakan oleh Taggart dan Kemmis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data kuantitatif menggunakan analisa deskriptif kuantitatif.
Penerapan model PAIKEM dengan menggunakan strategi Talking Stick di MAN Malang 2 Kota Batu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dilakukan sesuai dengan prosedur, menggunakan modul, guru sebagai fasilitator, memberikan motivasi, memberikan penjelasan ulang mengenai model dan strategi pembelajaran yang diterapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PAIKEM dengan menggunakan strategi Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 MAN Malang 2 Kota Batu pada mata pelajaran Aqidah Akhlak.
Hal ini dapat dilihat dari data di lapangan yang menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pada pre-tes dengan siklus III sebesar 1.14 meningkat menjadi 2.14 yaitu mengalami peningkatan sebesar 87,72%.
Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan kepada guru agar menerapkan PAIKEM dengan menggunakan strategi Talking Stick guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut menggunakan desain penelitian kualitatif agar dapat memperoleh pemahaman yang mendalam dan data yang lebih valid tentang penerapan model PAIKEM dengan menggunakan strategi Talking Stick sehingga menghasilkan penelitian yang lebih akurat, valid, dan reliabel.
ABSTRACT
Learning Aqidah Akhlak currently deemed less effective. This is because the learning process is still dominated by conventional learning models and strategies. Teachers more emphasis on rote learning, lecture and question and answer, so that learners become passive. This condition adversely affects the students' motivation. To answer these problems need to be applied to an alternative learning models and strategies Aqidah Akhlak that can increase students' motivation. One alternative that can be used is the application of the model Active, Innovative, Creative, Effective and Fun (PAIKEM) using strategies Talking Stick. The use of models and learning strategies is expected to increase student motivation.
Departing from the above problems, the general problem that will be formulated in this study are: (1) How the application of the model Active, Innovative, Creative, Effective and Fun (PAIKEM) using Talking Stick Strategy in Increasing Student Motivation on the Subject Aqidah Akhlak Class XI IPS 1
Senior high school Malang 2 Kota Batu? (2) How differences increase students' motivation in subjects Aqidah Akhlak Class XI IPS 1 Senior high school Malang
2 Kota Batu before and after the application of the model Active, Innovative, Creative, Effective and Fun (PAIKEM) Using Talking Stick Strategy?
This study uses classroom action research design with the type of collaborative participatory, referring to the model used by Taggart and Kemmis. The data was collected using observation, and documentation. Qualitative data were analyzed by descriptive qualitative, while quantitative data using descriptive quantitative analysis.
The application of the model Active, Innovative, Creative, Effective and
Fun (PAIKEM) using Talking Stick Strategy the Senior High School Malang 2
Kota Batu can increase students' motivation is conducted in accordance with the procedure, using the module, the teacher as a facilitator, providing motivation, provide an explanation regarding the model and re-applied learning strategies.
The results showed that the application of the Active, Innovative, Creative, Effective and Fun (PAIKEM) Talking Stick using strategies to increase students' motivation Class XI IPS 1 Senior high school Malang 2 Kota Batu on subjects Aqidah Akhlak. It can be seen from the data in the field that showed an increase in the average value of the pre-test with the third cycle of 1:14 up to 2:14 which is an increase of 87.72%.
From the results of this study, researchers gave some suggestions for consideration by the teachers to implement Active, Innovative, Creative, Effective and Fun (PAIKEM) Talking Stick using strategies to increase student motivation. In addition, further research needs to be done using a qualitative research design in order to obtain a deep understanding and a more valid data on the application of the model Active, Innovative, Creative, Effective and Fun PAIKEM Talking Stick using strategies that produce research that is more accurate, valid, and reliable.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rossidy, Imron | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Model PAIKEM; Talking Stick; Motivasi Belajar; Aqidah Akhlak; PAIKEM Model; Talking Stick; Study Motivation; Aqidah Akhlak | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 13:50 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 13:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39683 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |