Putri, Windi Maharani (2013) Implementasi media pembelajaran Audio-Visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran Fiqh di SMA Islam Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110141.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Semakin sadarnya orang akan pentingnya media yang membantu pembelajaran sudah mulai dirasakan. Pengelolaan alat bantu pembelajaran sudah sangat dibutuhkan. Bahkan pertumbuhan ini bersifat gradual. Selain itu, dengan semakin meluasnya kemajuan di bidang komunikasi dan teknologi, serta diketemukannya dinamika proses belajar, maka pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran semakin menuntut dan memperoleh media pendidikan yang bervariasi secara luas pula.
Dua unsur penting dalam pembelajaran adalah metode mengajar dan media pengajaran. pemakaian media pengajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitan keingintahuan dan minat baru bagi siswa, serta membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar mengajar dan membawa pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dalam proses pembelajaran Fiqih kehadiran media memiliki arti yang cukup penting. Mengingat selama ini hasil dari pembelajaran Fiqih dinilai masih kurang. Karena para guru kurang memperhatikan komponen-komponen lain yang dapat membantu proses pembelajaran, diantaranya metode mengajar yang digunakan masih monoton, tanpa menggunakan media yang dapat memberikan gambaran lebih konkrit tentang materi yang disampaikan. Sehingga seringkali tujuan dari pembelajaran belum bisa tercapai dengan maksimal.
Adanya realita dan permasalahan di atas, maka peneliti merumuskan masalah yaitu Apa saja media audio-visual yang dimiliki oleh SMA Islam Kepanjen, Bagaimana proses penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran fiqh di SMA Islam Kepanjen dan Bagaimana hasil belajar siswa setelah guru menggunakan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran fiqih di SMA Islam Kepanjen.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data-data yang ada untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya;
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunujukkan bahwa Media audio-visual di SMA Islam kepanjen sudah memadai hanya saja tidak semua guru menggunakannya menyesuaikan dengan materi yang diajar , Hasil yang didapat melalui proses pembelajaran menggunakan media audio-visual dapat meningkatakan hasil belajar siswa ditandai dengan nilai belajar mereka yang memuaskan serta antusiasme mereka ketika pembelajaran berlangsung.
ABSTRACT
Getting something people will the importance of the media who assists learning have already started to be felt. The management of an auxiliary apparatus of learning is absolutely necessary. Even this growth is gradual. In addition, with the increasing the spread of progress in the fields of technology, communications and as well as the dynamics of the learning process then the implementation of educational activities and teaching increasingly demanding and obtain media education that varies widely as well.
Two the essential element in learning is a method of teaching and media teaching. Discharging media instruction in learning process can membangkitan curiosity for students, and renewed interest as well as arouse motivation and excitability learning and teaching and bring under the influence of study result of the students. In the process of learning process the presence of media has a pretty important. Considering all this time the result of learning process is still considered less. Because teachers inattentive to other components could help the learning process, teaching methods are used, still monotonous without using media to provide more concrete picture about which matter is delivered. So often purpose of learning could not reach the maximum.
The presence of reality and problems in the top, and researchers formulate problems that ' s what course audio-visual media owned by smas islam kepanjen, the process of learning how to use media audio and visual in improving study result of the student grade xi in learning fiqh in high school of islam kepanjen and how study result of the students after the teacher use media audio visual in improving study result of the student grade xi in learning process in high school of islam kepanjen.
Method of data collection in this research is done through observation, interviews, and documentation. To analyze the data, the author uses descriptive qualitative analysis is technical, that describe the data that is there to describe reality in accordance with the real phenomena.
The results of research undertaken researchers show that audio-visual Media in Islamic high school has adequate kepanjen just not all teachers use it for the purposes of the material taught, the results obtained through the process of learning to use audio-visual media can meningkatakan learning outcomes students are characterized by their learning values satisfying their enthusiasm when the learning takes place.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sutiah, Sutiah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran Audio-Visual; Hasil Belajar; Fiqh; Learning Audio- Visual Media; Result Study; Fiqh | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2022 09:40 | ||||||
Last Modified: | 02 Aug 2022 09:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39669 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |