Alwan, Moh. Basthomi (2013) Penggunaan metode CTL jenis Learning Community dalam pembelajaran Aqidah Akhlak guna meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII B di MTs Al-Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110147.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pemahaman terhadap metode pembelajaran merupakan salah satu persyaratan bagi seorang tenaga pendidik yang professional. Strategi pembelajaran CTL Jenis Learning Community merupakan salah satu strategi yang efektif dalam pembelajaran. Bagi guru-guru khususnya guru aqidah akhlak penguasaan terhadap metode pembelajaran CTL Jenis Learning Community sangatlah diperlukan guna memperbaiki dan memperbarui metode pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan jaman untuk menyiapkan generasi penerus Islam yang akan hidup dijamannya, sehingga penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui penerapan pembelajaran CTL Jenis Learning Community mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII B di MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang. Dengan menggunakan pembelajaran CTL Jenis Learning Community diharapkan dapat membantu guru dalam menanamkan nilai- nilai aqidah dan akhlak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran CTL Jenis Learning Community mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII B di MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang menunjang dan menghambat penerapan pembelajaran CTL Jenis Learning Community mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII B di MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang.
Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan paradigma kualitatif jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Adapun yang menjadi subyek penelitian dalam skripsi ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Urusan Kurikulum guru mata pelajaran aqidah akhlak dan siswa. Selain itu, penelitian dengan metode deskriptif analitik ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data, yaitu : (1) observasi (2) wawancara/interview dan (3) dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran CTL Jenis Learning Community mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII B di MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaannya tidak lepas dari peran serta segenap guru dan tenaga pendidikan yang selalu mendukung dan memperlancar aktivitas kegiatan belajar mengajar khususnya pengajaran aqidah akhlak. Silabus dan rencana pembelajaran antara pembelajaran CTL Jenis Learning Community dan KBK adalah sama, yang membedakan hanya aspek penekanannya. Jika KBK menekankan pada tujuan yang ingin dicapai sedangkan pembelajaran kontekstual menekankan pada skenario pembelajaran yang dikembangkan sendiri oleh guru.
Pelaksanaan pembelajaran CTL Jenis Learning Community mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII B di MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang memiliki berbagai faktor penunjang dan penghambat. Fasilitas yang ada sangat menunjang proses pembelajaran, antara lain : kelas yang menyenangkan, perpustakaan yang nyaman, masjid yang selalu ramai dengan kegiatan ibadah, taman yang indah dan sejuk, kebun percobaan dan fasilitas yang lainnya. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran CTL Jenis Learning Community mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII B di MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang antara lain : belum menguasai dan memahami pembelajaran CTL Jenis Learning Community oleh sebagian guru, terbatasnya sumber pembelajaran dan perubahan paradigma kurikulum lama ke kurikulum baru. Solusi dan pemecahan yang diupayakan antara lain : menambah sumber pembelajaran dan sosialisasi tentang metode-metode pembelajaran baru yang lebih efektif dan efisien dalam KBM.
Kesimpulan yang diambil bahwa pelaksanaan pembelajaran CTL Jenis Learning Community mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII B di MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang sudah berjalan sangat baik dan lancar. Hal ini dapat di lihat dari bagaimana keadaan kelas yang ramai dan menyenangkan, siswa lebih aktif dalam KBM, dan siswa lebih termotivasi dalam belajar.
ABSTRACT
Understanding of learning methods is one of the requirements to become a professional educators. The learning strategy of CTL Type Learning Community is one of the effective strategies in learning. For the teachers, especially teachers of moral mastery of aqeedah learning methods Learning Type Community is CTL needed to improve and update the learning methods that comply with the demands of changing times and to prepare the next generation of Islam who will live in his day, so that this important research is done to determine the applicability of learning Learning Community Type CTL subjects Aqidah akhlak Classes VII B at MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang. Using learning type of Learning Community expected the CTL can assist teachers in instilling the values of faith and morals.
The purpose of this study is: (1) describe the application of learning Learning Community Type CTL subjects Aqidah Akhlak class VII B at MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang, (2) describe the factors that support the learning application of CTL and impede the kind of Learning Community subjects aqidah akhlak classes VII B at MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang.
In analyzing the data, the researchers used a qualitative paradigm kind of PTK (Research Action class). As for the subject matter of the research in this thesis is the head of the school, the Deputy Head Of Curriculum subjects teachers aqidah akhlak and students. In addition, studies with descriptive analytic method uses three techniques of data collection, namely: (1) the observation (2) interview/interview and (3) documentation.
The results of this research show that the application of the study-type Learning Community CTL subjects aqidah akhlak classes VII B at MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang is already well underway. Implementation of the role as well as all teachers and educational professionals who are always supportive and streamline activities of teaching and learning activities in particular teaching Aqidah akhlak. Syllabus and learning between the learning plan CTL Type Learning Community and KBK is the same, only the aspects that distinguish the emphasis. If the KBK emphasized the objectives to be achieved while contextual learning emphasizes learning scenarios are developed by teachers.
Implementation of the learning type of Learning Community CTL subjects aqidah akhlak classes VII B at MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang has various factors supporting and restricting. The existing facility is to support the learning process, among other things: class a fun, cozy library, mosque which is always bustling with activity, beautiful parks, gardens and cool experiments and other amenities. Factors restricting implementation Of CTL learning Learning Community subjects aqidah akhlak classes VII B at MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang: poor have not mastered and understood the type of Learning Community CTL learning by some teachers, the limited source of learning and curriculum paradigm change the old to the new curriculum. Solutions and solutions attempted, among others: Add the source of learning and socialization of new learning methods that are more effective and efficient in KBM.
The conclusion is that implementation of learning Learning Community Type CTL subjects aqidah akhlak classes VII B at MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang has been running very well and smoothly. This can be seen from how things were lively and fun classes, students are more active in KBM, and students are more motivated in learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | CTL Jenis Learning Community; Aqidah Akhlak; dan motivasi; CTL kind of Learning Community; Aqidah Akhlak and motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2022 09:40 | ||||||
Last Modified: | 02 Aug 2022 09:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39662 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |