Septianti, Nur Anisah (2013) Implementasi metode pembelajaran Qiro'ati sebagai cara untuk mempermudah membaca Al-Qur'an pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Islam Hasanudin Dau Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110149.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Al-Qur’an merupakan kalam Allah, kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai petunjuk, tuntunan, dan pedoman hidup dalam melaksanakan segala urusan ketauhidan, peribadatan, muamalah, dan kemasyarakatan, mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW yang akan selalu dijaga oleh Allah sampai hari kiamat nanti. Pengenalan Al-Qur’an kepada generasi sekarang masih sangat kurang terutama dalam membaca dan menulis.
Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan metode yang tepat, oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Qiro’ati, yakni sebuah metode membaca Al-qur’an yang disusun oleh KH. Dachlan Salim Zarkasyi dengan mempunyai prinsip dan target yang harus dicapai dalam pelaksanaan tersebut karena dianggap lebih mempermudah bagi siapa saja yang mempelajarinya khususnya bagi siswa, lebih ditekankan pada saat membaca dengan tartil, makhraj yang benar, serta mampu menguasai bacaan tajwid dengan baik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang jenis pendekatannya adalah deskriptif kualitatif.. Kehadiran peneliti sebagai kunci utama. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi serta metode analisisnya menggunakan deskriptif analitik dengan empat kegiatan reduksi data, penyajian data, pengambilan data, kesimpulan dan diverifikasi.
Dari hasil penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa pelaksanaan pembelajaran mengacu pada kualitas terutama dari segi guru yang harus mampu mencapai prinsip pengajaran dengan baik serta menguasai teknik pengajaran yang mana dapat dikatakan mampu mencapai syarat-syarat yang telah ditentukan. Upaya untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas pembelajaran, serta dukungan dari para staf sekolah agar memotivasi siswa dan juga orangtua yang mempunyai peran aktif dalam membentuk karakter kepribadian anak.
ABSTRACT
The Qur'an is the word of Allah, the Muslim holy book revealed to the Prophet Muhammad. For instructions, guidance, and guidance in conducting all the affairs of life monotheism, worship, muamalah, and community, miracles given by God to the Prophet Muhammad which will be kept by God until the Day of Judgement. The introduction of the Qur'an to the current generation is still lacking, especially in reading and writing.
To to solve this problem need the right method, therefore, in this study researchers used Qiro'ati method, it is a method of reading the Qur'an compiled by KH. Salim Dachlan Zarkasyi to have principles and targets to be achieved in the implementation because it is considered much easier for anyone to learn, especially for students, more emphasis on reading time with Tartil, makhraj right, able to master reading and recitation are good.
This study is a qualitative research approach is qualitative descriptive type. The presence of the researcher as the primary key. Data collection using observation, interviews, and documentation as well as the method of analysis using descriptive analytic with four activity data reduction, data presentation, data retrieval, and verifiable conclusions.
From the results of this study can be described that the implementation of learning refers to the quality of teachers, especially in terms of who should be able to achieve the teachers of good teaching and mastering teaching techniques which can be said to be capable of achieving the conditions that have been determined. Efforts to overcome this, done by improving the quality of learning, as well as the support of the school staff in order to motivate students and also parents who have an active role in shaping the character of the child's personality.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Pembelajaran; Metode Qiroati dan Baca Tulis Al-Qur’an; Cara dan Upaya; Learning Methods; Methods of Qiroati and Read Write Qur'an; Ways and Effort | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2022 09:39 | ||||||
Last Modified: | 02 Aug 2022 09:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39661 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |