Masnunah, Siti (2013) Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membina akhlak siswa kelas XI di SMKN 1 Bangil. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan terjadi diberbagai bidang baik dalam tatanan sosial, ekonomi, budaya, teknologi, dan lain sebagainya. Sesungguhnya semua itu merupakan hasil dari proses pendidikan dan pengajaran yang diperoleh di Sekolah. Akan tetapi sehubungan dengan kemajuan yang ada, banyak juga penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dalam kehidupan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka skripsi ini ingin mengkaji tentang peran guru PAI dalam membina akhlak siswa kelas XIdiSMKN 1 Bangil, dan rumusan masalah yang dibahas adalah 1. Bagaimana peran guru PAI dalam membina Akhlak siswa kelas XI di SMKN 1 Bangil? 2.Bagaimana kendala guru PAI dalampembinaan akhlak siswa kelas XI SMKN 1 Bangil? 3. Bagaimana solusi guru PAI dalam membina akhlak siswa kelas XI di SMKN 1 Bangil?
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan interview. Dengan metode tersebut penulis dapat memperoleh data-data yang kongkrit, yang sesuai dengan kebutuhan.Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMKN 1 Bangil.
Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan: 1. Peran Guru PAI SMKN 1 Bangil bukan sekedar mengajar dan memberi ilmu pengetahuan saja, tetapi lebih dari itu, yaitu membentuk dan membantu terciptanya kepribadian anak yang
berakhlak mulia. Dengan begitu seorang guru agama Islam erat kaitannya dengan pembentukan dan pembinaan moral siswa, Karena guru pendidikan agama Islam memegang peran pertama dan utama dalam proses pembinaan akhlak peserta didik. Terbukti semua upaya dan program-program yang direncanakan bersama telah terlaksana dengan baik. 2. Adapun dalam menjalankan pembinaan akhlak siswa kelas XI di SMKN I Bangil, guru PAI mengalami kendala atau hambatan yaitu: a) Kurangnya keingintahuan peserta didik terhadap ilmu pengetahuan, khususnya pendidikan agama islam, b) kurang aktif pada saat di kelas, sehingga kurang memberikan gagasan pada saat pelajaran dimulai, c) Masih mempunyai rasa takut atau malu pada saat mengungkapkan sebuah gagasan atau pendapatnya, d) Kurang menghargai pendapat atau gagasan temannya, sehingga sering menimbulkan kecemburuan social antar sesame teman. 3. Solusi guru PAI dalam mengatasi pembinaan akhlak siswa SMKN 1 Bangil ialah: a) memberi angka/nilai. b) pujian c) Ego-Involvement (menumbuhkan kesadaran). d) memberi hukuman, Hukuman sebagai reinforcemen yang negative tetapi bila diberikan secara bijaksana dan tetap bisa menjadi alat motivasi bagi siswa untuk merubah sikap atau pola tingkah lakunya yang dilakukan dilingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
ABSTRACT
Development occurs in various fields of the social order, economic, culture, technology, and so forth, Surely all of that is a result of the educational process and obtained teaching in the School. But progress in relation to the existing, many deviations that occur in life.
Based on the above background, This thesis would like to learn about the PAI teacher's role in fostering character class XI student at SMKN 1 Bangil,and formulation of the problem that is discussed is 1. What is the role of teachers in fostering PAI Morals class XI student at SMK 1 Bangkil? 2. How the efforts taken PAI teacher in coaching class XI character SMK 1 Bangil. 3. How solution PAI teacher in fostering character class XI student at SMK 1 Bangil?
According to this research, including the type of descriptive qualitative research. While the methods used in data collection techniques are observation, documentation, and interviews. With this method, the authors can obtain concrete data, which according to the needs. The research was carried out in class XI SMKN 1 Bangil.
The results obtained from the study showed: 1. Role of Teachers PAI SMKN 1 Bangil not just teach and science alone, but more than that, the form and help create a noble personality of the child. With so a teacher of Islamic religion closely related to the formation and moral development of students, Because Islamic religious education teachers first and primary role in the process of moral development of students. Proved all efforts and programs have been implemented along the planned well. 2. As in running coaching character class XI student at SMKN I Bangil, PAI teachers experiencing problems or obstacles are: a) Lack of curiosity of students towards science, especially Islamic religious education, b) less active at the time in class, so that gives an idea about when the course starts, c) Still have a fear or embarrassment at expressing an idea or opinion, d) Less appreciate his opinions and ideas, so often cause social jealousy among fellow friends. Solution PAI teachers in overcoming moral development of students SMK 1 Bangkil is: a) gives the number / value. b) praise. c) Ego-Involvement. d) punishment. Punishment as a negative reinforcement but when administered judiciously and still can be a motivational tool for students to change attitudes or behavior patterns are performed within the school and in society.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peranguru pendidikan agama Islam; membina akhlak siswa; The role of Islamic religious education teachers; foster student character | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2022 09:39 | ||||||
Last Modified: | 02 Aug 2022 09:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39660 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |