Pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di Tarbiyatul Muallimin Al-Islamiyah (TMI) Putri Al-Amien Prenduan Sumenep Madura

El-Faradis, Fayruzah (2016) Pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di Tarbiyatul Muallimin Al-Islamiyah (TMI) Putri Al-Amien Prenduan Sumenep Madura. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14710009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Kepala sekolah berperan dan bertanggung jawab memimpin, mengorganisir, memantau, membina juga memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Dari konsep manajerial sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, maka kepala sekolah dengan tanggung jawab yang diembannya diharapkan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Selain kepala sekolah, tenaga pendidik sebagai komponen utama dan pemegang tampuk pendidikan memainkan peranan yang sangat signifikan terhadap keberhasilan pendidikan. Selain standar kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru motivasi kerja memainkan peranan yang cukup signifikan dalam membentuk kinerja seorang guru. Dengan motivasi kerja yang baik bisa membentuk karakteristik psikologis yang bisa memberikan kontribusi pada tingkat kinerja seseorang.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) menjelaskan pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru pada TMI Putri Al-Amien Prenduan, (2) menjelaskan pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru pada TMI Putri Al-Amien Prenduan, (3) menjelaskan pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru pada TMI Putri Al-Amien Prenduan.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari variabel kompetensi manajerial kepala sekolah, motivasi kerja, dan kinerja guru. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 85 orang. Sementara untuk uji hipotesis digunakan teknik analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan tekhnik analisis regresi linier berganda (multiple regression).

Hasil analisis data membuktikan bahwa (1) ada pengaruh kompetensi manajerial terhadap kinerja guru yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi t-test yang mempunyai besaran 0,017, (2) ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi t-test yang mempunyai besaran 0,000, (3) ada pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolahdan motivasi kerja terhadap kinerja guru yang dijelaskan dengan hasil uji F yang mempunyai besaran nilai signifikansi 0,000. Adapun besaran pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolahdan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 65,7% dan 34,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain selain kedua variabel tersebut sebagaimana yang ditunjukkan oleh hasil Uji Anova yang mempunyai besaran R Square sebesar 0,657.

Dengan demikian, kompetensi manajerial dan motivasi kerja mempunyai andil yang cukup besar terhadap peningkatan kinerja guru sehingga sudah menjadi keharusan bagi kepala sekolah dan guru untuk selalu memperhatikan dan meningkatkan kompetensi manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja guna meningkatkan kinerja guru tanpa melupakakan factor-faktor lain yang juga mempengaruhi kinerja guru.

ENGLISH:

Headmaster as role and responsibility for leading, organizing, monitoring, managing and improving the teaching and learning process at class. Managerial concept as processes of planning, organizing, actuating, controlling, means the headmaster with his own responsibility hopefully to do his job and function as well as hoped. Besides headmaster, teacher as a main component and the holder of the reins of education performs a very significant effect on educational success. Besides standard of competence must be possessed by a teacher, job motivation performs the significant role in shaping characteristics of teacher performance, because of the job motivation could be formed the character of human beings and it can contribute for increasing the level individual performance.

The purposes of the study were (1) explain the influence headmaster managerial competences on teachers performance, (2) explain the influence job motivation to teachers performance, (3) explain the influence headmaster managerial competences and job motivation on teachers performance of TMI Female Al-Amien Prenduan.

The design in this research is uses quantitative approach. The collecting data in this research use a questionnaire which consisting of variables; headmaster managerial competences, job motivation and teachers performance. Respondent in this research are 85 teachers. Certainly, hypothesis test was used path analysis technique of multiple regression analysis technique.

The results of data analysis proves that (1) there is influence of headmaster managerial competences on performance which described by the result values of t-test significance which have quantity 0,017, (2) there is influence of job motivation on teachers performance which described by the result values of t-test significance which have quantity 0,000, (3) there is influence of headmaster managerial competences and job motivation on teachers performance simultaneously described by the result of F-test who has 0,000 significant values. It so the quantity influence of headmaster managerial competences and job motivation on teachers performance reached 65,7% and 34,4% of residue influenced by other variables besides these two variables as indicated by ANOVA test results that have a quantity 0,657 R Square.

Thus, headmaster managerial competences, job motivation, and teacher performance has a big influence on teachers performance, that has become necessity for personnel of education to always pay attention and improve the headmaster managerial competences and job motivation to improve the teachers performance without forgetting the other factors that influences on teachers performance.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Mulyadi, Mulyadi and Wahyuni, Esa Nur
Keywords: Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah; Motivasi Kerja; Kinerja Guru; Headmaster Managerial Competences; Job Motivation; Teacher Performance
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 01 Aug 2016 09:08
Last Modified: 01 Aug 2016 09:08
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3965

Actions (login required)

View Item View Item