Fahrurrozi, Mohammad (2013) Pengaruh keterampilan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri Lawang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110087.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pengelolaan kelas dapat dipandang sebagai suatu usaha yang sangat penting dan harus mendapat prioritas oleh seorang guru dalam berbagai macam aktivitas yang berkaitan dengan kurikulum dan perkembangan siswa. Upaya yang dilakukan adalah dengan pemberian kepada siswa untuk melaksanakan kegiatan yang kreatif dan terarah. Sehingga hal tersebut dapat memicu siswa untuk mendapatkan nilai yang maksimal dan memuaskan.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri Lawang.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Lawang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah keterampilan pengelolaan kelas, sedangkan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-E Madrasah Tsanawiyah Negeri Lawang sebanyak 37 siswa. Dalam pengumpulan data digunakan metode kuesioner atau angket untuk negukur pengaruh keterampilan pengelolaan kelas, sedangkan prestasi siswa dengan
menggunakan nilai raport.
Hasil analisis validitas instrumen dengan rumus korelasi Product Moment dari Pearson berdasarkan pada taraf signifikan 0,05 diperoleh 20 item valid. Nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh 0,750 untuk variabel keterampilan mengajar guru dalam pengelolan kelas, dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil Hipotesis dengan menggunakan uji regresi linear variabel keterampilan mengajar guru dalam pengelolaan kelas dengan prestasi belajar siswa sebesar T Hitung = 2.530 dan T Tabel = 2.028 Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri Lawang, artinya dengan guru akidah akhlak yang sudah menggunakan keterampilan pengelolaan kelas yang baik, maka prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak akan baik juga.
ABSTRACT
Classroom management can be viewed as a business that is very important and should get priority by a teacher in a wide range of activities related to the curriculum and the development of students. The efforts made by granting to students to carry out creative and directional. So that it can trigger the students to get the maximum value and satisfying.
The goal is achieved in this research is to know the influence of classroom management skills to the achievement of student learning on subjects ' aqeedah morals class IX in Madrasah Tsanawiyah Negeri Lawang.
This research was conducted at Madrasah Tsanawiyah Negeri Lawang. Free variables in this research is classroom management skills, while learning achievement of students as bound variables. The population in this research is the grade IX-E Madrasah Tsanawiyah Negeri Lawang as much as 37 students. In the data collection method used questionnaires or question form to measure the influence of classroom management skills, while student achievement using the value of report cards.
Results of the analysis of the validity of the instrument with the formula Product Moment correlation of Pearson is based on level of significance of 0.05 retrieved 20 items. The value of the coefficient of reliability gained 0,750 for variable teaching skills of teachers in the classroom, employee administration, calculated by Cronbach Alpha formula. Results of the Hypothesis by using linear regression test variables teaching skills of teachers in classroom management and student learning achievement of T Calculate = 2.530 and T = 2.028 Table so it can be concluded that there is a classroom management skills to leverage the achievements of students in the subjects ' aqeedah morals class IX in Madrasah Tsanawiyah Negeri Lawang, meaning with teachers ' morals are already using good classroom management skillsthe achievements of learning subjects aqidah morals would be good too.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Keterampilan Pengelolaan Kelas; Prestasi Belajar Siswa; Classroom Management Skills; The Achievement of Student Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2022 09:38 | ||||||
Last Modified: | 27 Mar 2023 13:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39642 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |