Rohman, Miftakhul (2013) Peran media pembelajaran berbasis LCD dalam meningkatkan motivasi dan keaktifan hasil siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII-A MTs Negeri Turen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110151.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT
Quality of learning can be seen from two sides of the same importance, there are in terms of the process and the learning result. Learning process is related to behavior patterns of students in the learning of lessons, while learning result is related to behavior change that is obtained as the influence the learning process. To obtain good learning result is needed learning motivation too. So here is how the learning media is necessary.
The issues that will be addressed in this study is how the media's role in improving learning motivation, liveliness and learning result of Aqidah Akhlak in class VIII - A MTs Turen Malang. Can LCD -based media enhance learning motivation, active learning and student achievement?
In this study, the authors used a qualitative approach by the type of research is TOD techniques of data collection through observation, interviews, and documentation. Based on the analysis it could be concluded that the use of the LCD -Based Learning Media in Improving Motivation, Liveliness and Student’s learning result in Aqidah Akhlak subject Class VIII - A MTsN Turen Malang has been going well, although there was weaknesses. This is evident during the process of teaching and learning in the classroom, such as active and vibrant student asked about the lessons that have not been understood, his curiosity increased, diligently doing on the tasks given by the teacher, and more active in asking, expressed opinions and looked for the information provided by the teacher .
From the conclusion to anticipate these inhibiting factors, the efforts were made for the use of the LCD -Based Learning Media to improve motivation, liveliness and Student’s learning result in Aqidah Akhlaq subject can be fully implemented using a variety of methods and join developing LCD -based learning media that is increasingly day by day, creating interaction by working together, and increasing motivation and encourage for students in the learning process, so as to further grow and develop the student's activity.
ABSTRAK
Kualitas pembelajaran dapat dilihat dari dua sisi yang sama pentingnya, yakni dari sisi proses dan sisi hasil belajar. Proses belajar berkaitan dengan pola perilaku siswa dalam mempelajari bahan pelajaran, sedangkan hasil belajar berkaitan dengan perubahan perilaku yang diperoleh sebagai pengaruh dari proses belajar. Untuk memperoleh hasil belajar yang baik sangat diperlukan motivasi belajar yang baik pula. Maka disinilah Media pembelajaran sangat diperlukan.
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peran media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi, keaktifan dan Hasil belajar akidah akhlaq pada siswa kelas VIII-A MTs Negeri Turen Malang. Dapatkah media pembelajaran berbasis LCD meningkatkan motivasi, keaktifan dan Hasil belajar siswa.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitiannya adalah PTK dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Pembelajaran Berbasis LCD dalam Meningkatkan Motivasi, Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII-A MTs Negeri Turen Malang sudah berjalan dengan baik, walaupun ada kekurangan-kekurangan. Hal tersebut terlihat pada saat proses belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas, antara lain siswa aktif dan bersemangat bertanya tentang pelajaran yang belum dimengerti, rasa ingin tahunya meningkat, rajin mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, dan lebih aktif dalam bertanya, mengemukakan pendapat dan mencari informasi yang diberikan oleh guru.
Dari kesimpulan tersebut untuk mengantisipasi faktor-faktor penghambat tersebut, maka berbagai upaya dilakukan agar dalam penggunaan Media Pembelajaran Berbasis LCD untuk meningkatkan motivasi, keaktifan dan Hasil belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlaq dapat sepenuhnya diterapkan dengan menggunakan metode yang bervariasi dan mengikuti perkembangan media pembelajaran berbasis LCD yang semakin hari semakin canggih, menciptakan interaksi dengan cara bekerja sama, dan meningkatkan motivasi dan dorongan pada siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat lebih menumbuhkan dan mengembangkan keaktifan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media LCD -based learning; Motivation; Liveliness and Student’s learning result; Aqidah Akhlak subject; Media pembelajaran berbasis LCD; Motivasi; Keaktifan dan Hasil belajar siswa; pelajaran Akidah Akhlaq | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2022 09:38 | ||||||
Last Modified: | 02 Aug 2022 09:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39641 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |