Luwihta, Aisyah Dana (2013) Model pembelajaran fiqih pada program kelas unggulan Bahasa Inggris di MAN Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110086.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (20MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
MAN Lamongan secara berkesinambungan terus menerus berupaya dalam peningkatan kualitas pelayanan dan pelaksanaan pendidikan, Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut dan sejalan dengan program unggulan boarding school, program akselerasi program keterampilan tata busana, peningkatan SDM, penerapan system manajemen mutu ISO 9001:2008, setara D1 teknik komputer. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Model Pembelajaran Fiqih Pada Program Kelas Unggulan Bahasa Inggris Di MAN Lamongan
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan mata pelajaran fiqih, pengembangan pembelajaran mata pelajaran fiqih dan model yang digunakan dalam pembelajaran fiqih pada program Kelas Unggulan Bahasa Inggris di MAN Lamongan.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada dilapangan, disini penulis sertakan dokumentasi sebagai pelengkap dan penguat data penelitian.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan di sini bahwasannya perencanaan pembelajaran fiqih ditinjau dari segi kurikulum,sudah menerapkan Kurikukulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sedangkan untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) formatnya berbeda antara kelas regular dan kelas unggulan. Dalam proses pembelajarannya sudah menggunakan media pembelajaran yaitu LCD sebagai penunjang dalam proses belajar. Dalam mengembangkan pembelajaran mata pelajaran fiqih menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio yang dikembangkan. Jadi tidak hanya makalah yang berisi teori saja akan tetapi bisa dalam bentuk klipping. Sedangkan model yang digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih lebih mengarah pada model Contektual Teaching And Learning, dan menggunakan kombinasi model pembelajaran yaitu Model Pembelajaran Kooperatif (Coopertive Learning) dan Model Pembelajaran Aktif (Active Learning). Selain menggunakan model tersebut juga menggunakan beberapa metode,seperti metode diskusi, presentasi, teka-teki silang dan penugasan. Saat menerapkan metode tersebut ada faktor penghambat selama pelaksanaan metode tersebut, yaitu terkadang metode yang digunakan terlalu menyita waktu yang lama sehingga materi yang disampaikan belum tuntas, juga dengan menggunakan metode tersebut siswa tidak begitu memperhatikan
ABSTRACT
MAN Lamongan continually strives to improve the quality of services and the implementation of education. In order to realize these objectives and in line with the flagship program of boarding school, an accelerated program of fashion programming skills, human resource development, the implementation of quality management system ISO 9001:2008, D1 equivalent computer engineering. From that background that the researcher wants to discuss in the study and takes the title of Fiqih Learning Model on Featured Program Classroom Of English MAN Lamongan.
The purpose of this study is to describe the fiqh subject planning, the development of fiqh subjects learning and the models used in the study of fiqh in English Featured Classes in MAN Lamongan.
The research is included into descriptive qualitative method. While collecting data, the researcher uses observation, interview, and documentation. As for the analysis, the researcher uses descriptive qualitative analysis techniques. In addition, to support the description of the real situation existing in the field, the researcher includes the documentation as complementary and reinforcing research data.
The results of this research can be concluded that fiqh lesson planning in the term of curriculum, has already implemented Curriculum Education Unit (SBC). While, for the Lesson Plan (LS) format is different between regular classes and excellent class. In the learning process, It uses learning media by using the LCD as a support in the learning process. In developing the fiqh subjects learning, it uses a portfolio-based learning model that is developed. Not only papers that contain the theory but also it can be in the form of clipping. While the models used in studying the subject of fiqh is more directed at the models Contextual Teaching And Learning, and learning model that uses a combination of Cooperative Learning Model and Active Learning Model. In addition, to use the model also uses several methods, such as the method of discussion, presentations, crossword puzzles and assignments. When applying the existing methods, there are inhibitor factors during the implementation of the method. The method used is sometimes too much of a long time. Therefore, the material presented has not been completed. By using these methods, the students do not pay attention to the subject.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Model Pembelajaran Fiqih; Kelas Unggulan Bahasa Inggris; Fiqh Learning Model; English Featured Classes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2022 09:38 | ||||||
Last Modified: | 02 Aug 2022 09:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39640 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |