Za'imuddin, Ahmad (2013) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Simthu Ad-Durar karya Al-Habib Ali bin Muhammad bin Husain Al-Habsyi dalam pembentukan al-akhlak al-karimah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110159.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Merajalelanya kemaksiatan dan kriminalitas adalah bukti bahwa bangsa ini mengidap dekadensi moral akut. Parahnya, gejala ini bukan hanya menimpa masyarakat kalangan bawah, tetapi juga meliputi berbagai kalangan yang menjadi panutan masyarakat kita. Tingginya tingkat korupsi dan kolusi, baik yang dilakukan birokrat maupun tokoh lainnya, membuat masyarakat kehilangan panutan yang pada gilirannya melahirkan krisis keteladanan dan disamping itu banyak umat Islam (terutama generasi muda) yang mengidolakan bahkan hingga meniru perilaku tokoh-tokoh populer tertentu.
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Simthu ad-Durar al-Habib Ali bin Muhammad bin Husain al- Habsyi dan sekaligus tujuan pendidikan akhlak yang terkandung di dalam kitab tersebut agar menjadi bahan renungan dari sosok yang seharusnya menjadi teladan dalam segala aspek kehidupan yaitu Nabi Muhammad SAW.
Objek penelitian ini adalah kitab maulid Simtu ad-Durar karangan al-Habib al-Imam al-‘Allamah Ali bin Muhammad bin Husein al-Habsyi yang belakangan memang sangat fenomenal disamping kitab-kitab maulid yang sudah ada dan umum di kalangan masyarakat seperti Maulidu ad-Diba’aiy karangan Syeikh Wajihuddin Abdurrahman bin Ali bin Muhammad al-Syaibani al-Yamani al- Zabidi al-Syafi’I, al-Barzanjiy yang dikarang oleh Ja’far Al-Barzanji. Dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Library Research. Penulis menggunakan personal document sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis isi (content analysis), pengkajian literatur dan metode pembahasannya menggunakan metode induksi, deduksi dan komparasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam kitab maulid Simtu ad-Durar karangan al-Habib al-Imam al-‘Allamah Ali bin Muhammad bin Husein al-Habsyi terdapat empat belas nilai pendidikan akhklak yang terkandung didalamnya dan nilai-nilai tersebut adalah; tabligh, shiddiq, amanah, tertawanya cuma tersenyum, sedikit tidur, perilaku yang lembut atau kasih sayang, wajahnya selalu berseri-seri, pemalu, adil, dermawan, sederhana, menjaga kehormatan diri, dan rendah hati. Disamping itu dalam kitab maulid tersebut juga terdapat tujuan nilai pendidikan akhlak, dan tujuan tersebut ialah menanamkan benih cinta kepada Rasulullah SAW dan penawar rindu kepada beliau.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah; bahwa didalam kitab maulid simthu ad-durar ini menggambarkan sosok Nabi Muhammad dengan begitu nyata yang mana penggambaran tersebut sepatutnya menjadi contoh semua umat manusia terutama umat Muslim dimana pun berapa, karena memang didalam diri Rasulullah SAW terdapat suri tauladan, sehingga dari penelitian ini bisa ditarik kesimpulan dalam kitab maulid simthu ad-durar seharusnya menjadi panutan atau patokan kemuliaan sifat yang harus ditiru karena memang didalamnya terdapat nilai pendidikan akhlak yang berbanding lurus dan sejalan dengan Al-Qur’an dan Al-Hadis yang nantinya bisa mencetak generasi yang mulia kerana akhlaknya yang mulia.
ABSTRACT
Prevalence of immorality and criminality is a proof that this nation is suffering acute moral decadence. Seriously, these symptoms are not only happened in lower classes but also includes in variety of people who become leader for our society. The high level of corruption and collusion, either committed by bureaucrats or other figures, causes the loss of leader who is in turn to produce exemplary crisis and besides that, many Muslims (especially the younger generation) idolize certain popular figures even imitate their behavior.
This research aims to describe moral education values in Simthu ad-Durar al-Habib Ali bin Muhammad bin Husain al-Habsyi book and as moral education goals contained in the book that became the reflection of someone who should be as good example in all aspects of life, our Prophet Muhammad SAW.
This research object is Simtu ad-Durar maulid book written by al-Habib al- Imam al-‘Allamah Ali bin Muhammad bin Husein al-Habsyi which recently being as phenomenal book besides other maulid books that were known in the society such as Maulidu ad-Diba’aiy by Syeikh Wajihuddin Abdurrahman bin Ali bin Muhammad al-Syaibani al-Yamani al-Zabidi al-Syafi’I, al-Barzanjiy by Ja’far Al- Barzanji. This research uses qualitative approach by Library Research as design of this research. The researcher uses personal document as data source. The data collection technique of this research uses documentation method. The technique of data analysis uses content analysis, review of related literature and discussion method using induction, deduction, and comparation method.
Based on the result, it can be concluded that in Simtu ad-Durar book written by al-Habib al-Imam al-‘Allamah Ali bin Muhammad bin Husein al-Habsyi, there are fourteen moral education values including to deliver (tabligh), truth (Shiddiq), trusted (amanah), the laugh was just a smile, a little sleep, gentle behavior or affection, his face is always shining, shy, fair, generous, humble, maintaining self- respect, and humility. In this book, it is also found that there are goals of moral education value including to engraft love to Rasulullah SAW and as bidders of missing to Rasulullah SAW.
The conclusion of this research is; in simthu ad-durar maulid book describes characteristics of Prophet Muhammad clrearly and truely that should be as role models for all of people especially Moslems whenever they live. This is because Muhammad has good role models. Hence, it can be concluded that in simthu ad-durar maulid book should be as role model or standars of the glory of nature that should be emulated because there is moral education value which is directly proportional to and accordance with Al-qur'an and Al-hadits that will create younger generation who has glory because of their good morals.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai Pendidikan Akhlak; Simthu ad-Durar; | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:53 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39633 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |