Afiyati, Rohmah (2013) Efektivitas sistem Moving Class dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110080.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Untuk memberikan kebebasan yang dapat menuntun siswa ke arah lebih mandiri, salah satu yang dapat diterapkan adalah sistem moving class. Dengan menerapkan sistem moving class, diharapkan semua pihak mendapatkan kemudahan dalam proses belajar mengajar, interaksi guru dengan siswa lebih baik, perangkat media mudah didapat, siswa tidak bosan, siswa lebih termotivasi untuk belajar lebih giat, waktu pembelajaran dapat dioptimalkan, kedisiplinan dapat lebih baik, dan kemandirian siswa lebih meningkat. Moving class adalah kegiatan pembelajaran dengan peserta didik berpindah sesuai dengan pelajaran yang diikuti. Dengan demikian, diperlukan adanya kelas mata pelajaran atau kelas mata pelajaran serumpun untuk memudahkan dalam proses keterlaksanaannya dan memudahkan dalam pengaturan kegiatan belajar mengajar.
SMP Negeri 3 Kepanjen merupakan salah satu sekolah favorit yang ada di wilayah Kepanjen. Dalam kegiatan belajar mengajar Pendidikan Agama Islam sekolah tersebut telah menerapkan sistem moving class. Dari sini, penulis ingin mengetahui apakah dalam penerapan sistem moving class sudah disesuaikan dengan karakteristik bidang studi dan karakteristik siswa. Hal ini perlu diidentifikasi dan dianalisis, karena SMP Negeri 3
Kepanjen adalah Sekolah favorit dan unggul dalam prestasi akademik serta memiliki sarana dan fasilitas yang lengkap dan tenaga pengajar yang kompeten didalamnya. Hal lain yang membuat penulis tertarik yaitu karena sistem moving class masih jarang digunakan di sekolah-sekolah lain. Mungkin ada pertimbangan tertentu sehingga sistem moving class diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Berpijak dari latar belakang masalah diatas, maka penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan sistem moving class dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kepanjen, mengetahui pelaksanaan sistem moving class dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3
Kepanjen, mengetahui evaluasi sistem moving class dalam proses Kegiatan Belajar
Mengajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kepanjen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Untuk memperoleh data yang benar dan akurat serta dapat dipertanggung jawabkan, maka dalam penelitian ini penulis menggunakan prosedur pengumpulan data sebagai berikut: teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam teknik analisa data, peneliti mengolah hasil wawancara dan observasi dengan jalan mendiskripsikannya kemudian menganalisa dan menyimpulkannya.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Perencanaan sistem moving class di SMP Negeri 3 Kepanjen yaitu meliputi: a. Identifikasi kebutuhan sarana dan prasarana: 1) Jumlah kelas; setiap kelas memiliki identitas yang mencerminkan kelompok mata pelajaran tertentu. 2) Sarana pendukung: fasilitas yang disediakan di setiap kelas pun berbeda-beda sesuai karakteristik mata pelajaran. b. Desain Kegiatan Belajar Mengajar: 1) Menyusun perangkat pembelajaran, 2) Analisis strategi pembelajaran yang tepat, 3) pengembangan sumber belajar dan bahan ajar. Pelaksanaan moving class di SMP Negeri 3 Kepanjen yaitu: a. strategi pelaksanaan moving class; menggunakan pendekatan kelas mata pelajaran. b. strategi pengelolaan moving class: Pengelolaan perpindahan siswa;
Pengelolaan ruang belajar mengajar; Pengelolaaan administrasi guru dan siswa. Evaluasi sistem moving class di SMP Negeri 3 Kepanjen bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan sistem moving class dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam.
ABSTRACT
Students’ sense for self-support can be developed through moving class system. Some benefits are expected from the application of moving class system. These benefits are: the teaching-learning process of all school users is facilitated; teachers and pupils can have good interaction; media equipment is easily afforded; students are not bored; students are more motivated to learn actively; learning time is optimized; discipline is getting better; and the self-support of students is increased. Indeed, moving class is one kind of learning activity in which the educated participants are moving based on the lesson they attend. Therefore, a certain class for a certain lesson or for lessons in similar cluster may be needed to facilitate the implementation of teaching-learning activity.
SMPN 3 Kepanjen is a favorite school in Kepanjen region. The teaching-learning activity of Islam Education in this school is applying moving class system. Therefore, the author attempts to understand whether the application of moving class system is already adapted to the characteristic of study field and student. It needs further identification and analysis because SMPN 3 Kepanjen is a popular school and a leader for the academic achievement, the complete structure and facility, and the competent educator. It is reasonable if the author put interests onto this school because moving class system is rarely operated at other schools. By certain reason, moving class system is implemented within teaching-learning activity, especially at Islam Education lesson.
Taking the background above into account, the objectives of this final paper are to understand the planning of moving class system in teaching-learning activity of Islam Education lesson at SMPN 3 Kepanjen, to figure out the implementation of moving class system in teaching-learning activity of Islam Education lesson at SMPN 3 Kepanjen, and to comprehend the evaluation of moving class system in teaching-learning activity of Islam Education lesson at SMPN 3 Kepanjen.
Research approach is qualitative and the type of research is descriptive. To ensure that the data are appropriate, accurate and accountable, several data collection procedures are used such as observation, interview and documentation. For data analysis technique, the author processes the result of interview and observation by describing the result, analyzing it and finally, making a conclusion.
Considering the results so far, it is then concluded that: the planning of moving class system at SMPN 3 Kepanjen involves some actions: (a) The identification of the demand for structure and infrastructure: (1) The number of class: each class must have self-identity to reflect the certain lesson, (2) Supporting structure: the facility in every class must be different based on the lesson characteristic; (b) The designing of Teaching- Learning Activity: (1) arranging the learning equipments, (2) analyzing the appropriate learning strategy, and (3) developing the learning source and the learning material. The implementation of moving class at SMPN 3 Kepanjen includes actions such as: (a) strategy of implementing moving class using lesson classroom approach, (b) strategy of managing
moving class which involves managing the movement of students, managing the teaching- learning room, and managing the administration of teachers and students. The evaluation of moving class system at SMPN 3 Kepanjen is aimed to understand the success rate of the implementation of moving class system in the teaching-learning process of Islam
Education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Moving Class; Proses Belajar Mengajar; Pendidikan Agama Islam; Moving Class; Teaching-Learning Activity; Islam Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:53 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39632 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |