Sulistiyowati, Tri Septiya (2013) Penerapan pembelajaran kontesktual dengan menggunakan multimedia interaktif autoplay pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan sikap, minat, dan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Papar-Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaannya masih menunjukkan adanya permasalahan. Diantaranya adalah masih diterapkannya pembelajaran secara konvensional. Pembelajaran yang demikian berimplikasi pada kurangnya minat dan sikap positif siswa yang akhirnya berdampak pada pencapaian prestasi belajar siswa. Untuk itu, perlu diterapkan alternatif pembelajaran yaitu pembelajaran kontekstual, yang dalam penerapannya melibatkan siswa secara aktif dalam menkonsep ilmu pengetahuan, dan menghubungkan dengan konteks kehidupan nyata sehingga pengetahuan menjadi bermakna. Untuk memaksimalkan pembelajaran kontekstual maka akan didukung dengan menggunakan multimedia interaktif autoplay. Penggunaan multimedia dapat membangkitkan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan sikap, minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu, bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual dengan multimedia interaktif autoplay pada mata pelajaran PAI yang dapat meningkatkan sikap, minat, dan prestasi belajar siswa kelasVIII di SMPN 1
Papar Kediri. Bagaimana tingkat perbedaan sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran kontekstual dengan multimedia interaktif autoplay pada mata pelajaranPAI yang dapat meningkatkan sikap, minat, dan prestasi belajar siswa kelasVIII di SMPN 1 Papar Kediri.
Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Papar Kediri. Dengan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) jenis kolaboratif. Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi; (2) pengukuran tes hasil belajar; dan (3) dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan sajian visual.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dengan multimedia interaktif autoplay yang dapat meningkatkan sikap, minat, dan prestasi belajar adalah menerapkan prinsip- prinsip, dan membiasakan siswa dengan pembelajaran kontekstual, memberikan reward dan motivasi pada siswa.
Data empiris menunjukkan peningkatan sikap, minat, dan prestasi belajar dari pre tes ke post tes. Sikap meningkat dari semula rata-rata 1,3 menjadi 3,4 atau meningkat sebesar 162 %. Minat belajar dari 1,2 menjadi 3,3 atau meningkat sebesar 175 %. Prestasi belajar dari 67,8 menjadi 88,9 atau mengalami peningkatan sebesar 31%.
Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan, antara lain: bagi guru PAI, untuk menerapkan pembelajaran kontekstual dengan variasi teknik dipadukan dengan penggunaan media khususnyamultimedia interaktif autoplay karena terbukti dapat meningkatkan sikap, minat, dan prestasi belajar siswa.
ABSTRACT
Islamic religious education lesson at school during the implementation is still indicating problems. Among them, the methods used are conventional. The convetional learning methods has impact to interest and positive attitudes students and eventually had effect for the attainment of studies achivement’s. Therefore, the need for change by using contextual learning methods, that in its implementation involve students to concepting their knowledges actively, and correlating to a matter fact context becomes means konwledge.
To maximese the contextual learning aplication, it is support with autoplay interactive multimedia. The implementation of multimedia can shining up stimulus of study activities and even put on pshychologis effect to students. With the result that expectable to increase attitudes, interest and studies achievement of Students in Islamic Religious Subject.
Based on the problems the focus of this study can generally be formulated as follows, how contextual learning with interactive multimedia autoplay aplication which can increase attitudes, interests and study achievement of students learning on the subject of Islamic Religious Education class VIII of SMPN 1 Papar Kediri, and how increased attitudes, interests, and studies achievements of students class VIII of SMPN 1 Papar Kediri after applied contextual learning on the subjects of Islamic Religious Education.
This study applying action research type of classes (classroom action research), the model developed by Kemmis and Taggart. Research data‟s in the form of documentation, interviews, and observation. Qualitative data were analyzed descriptively qualitative, while quantitative data were analyzed descriptively quantitative.
Application of Contextual Learning with Interactive Multimedia Autoplay Aplication can improve attitudes, interest and study achievement of students class VIII, apply the principles of the application of Contextual Learning, habituation on contextual learning mode, using Interactive Multimedia Autoplay, aplication the use of modules, providing reward and motivation to the learners.
Application of Contextual Learning with Autoplay Interactive Multimedia Aplication on the subjects of Islamic Religious Education proven to improve attitudes, interest and study achievement students class VIII of SMPN 1 Papar Kediri. The results of field observations indicate a difference in increasing the attitudes value of the average pre test 1.3, rising to 3,4 on the post test, or an increase of 162 %, while increased interest of the average pre test 1.2 up to 3,3 or an increase of 175%. So is studies achievement students from the average valuenof pre test 67,8 up to 88,9 at post test, or an increase of 31%.
Based on the results of this study, researchers gave suggestions, Similarly to the teacher in order to implement the Contextual Learning with the variation and combinating with autoplay interactive multimedia in the learning process, because it proven to improving attitudes, interest, and study achievement of students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Imron, Rossidy | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Kontekstual, Multimedia Interaktif Autoplay; PAI; Sikap; Minat; Prestasi Belajar; Contextual Learning; Interactive Multimedia Autoplay; Islamic Religious Education Subject; Attitudes, Interest and Studies Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:53 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39630 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |