Pengembangan kecerdasan spiritual melalui Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) El-Hayat Kedungkandang Kota Malang

Sukandi, Ahmad (2016) Pengembangan kecerdasan spiritual melalui Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) El-Hayat Kedungkandang Kota Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14770039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pengembangan kecerdasan spiritual di dunia pendidikan merupakan suatu yang relative baru. Hal ini dikarenakan lahirnya praktik korupsi, kekerasan seksual, pembegalan, tawuran dan pemukulan terjadi dimana-mana. SMK el-Hayat Kedungkandang Kota Malang merupakan lembaga pendidikan kejuruan yang berorintasi pada spiritual. Lembaga tersebut termasuk lembaga pendidikan yang mengedepankan keimanan dan ketakwaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengembangan kecerdasan spiritual melalui pendidikan agama Islam yang diterapkan di SMK el-Hayat Kedungkandang Kota Malang, dengan sub fokus mencakup (1), pendekatan pengembangan kecerdasan spiritual melalui pendidikan agama Islam (2), strategi pengembangan kecerdasan spiritual melalui pendidikan agama Islam (3), motode pengembangan kecerdasan spiritual melalui pendidikan agama Islam, yang dilakukan SMK el-Hayat Kedungkandang Kota Malang

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan rancangan kasus tunggal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, pengecekan kabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Imformasi penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum dan para pendidik

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pendekatan pengembangan kecerdasan spiritual yang dilakukan SMK el-Hayat Kedungkandang Kota Malang adalah guru sebagai model dalam melaksanakan peraturan maupun kegiatan sekolah ; (2) Strategi pengembangan kecerdasan spiritual yang dilakukan SMK el-Hayat Kedungkandang Kota Malang ada tiga yaitu penanaman nilai-nilai Islami meliputi sembilan nilai yaitu nilai sabar, syukur, optimis, tawakkal, ikhlas, keberanian, keadilan, jujur, tawadhu, sedangkan Aktivitas-aktivitas Islami yaitu aktivitas harian, aktivitas mingguan, aktivitas bulanan dan aktivitas tahunan, dan simbol-simbol Islami meliputi mushalla, kerudung, peci, dekorasi ; (3) Metode pengembangan kecerdasan spiritual yang dilakukan SMK el-Hayat Kedungkandang Kota Malang adalah pembiasaan yaitu pembiasaan dalam melakukan nilai-nilai Islami, pembiasaan dalam melakukan aktivitas-aktivitas Islami, pembiasaan dalam melakukan simbol-simbol Islami.

ENGLISH:

The development of spiritual intelligence in education is a relatively now one. This is because the corruption, sexual assault, robbery, brawls and beatings occur everywhere, SMK el-Hayat Kedungkandang Malang is a vocational institution that applied the spiritual, the institutions that promote faith and piety.

This study aims to reveal the development of spiritual intelligence through Islamic religious education that is applied in vocational SMK el-Hayat kedungkandang malang, wait sub focus include (1), the approachment to the development of spiritual intelligence through Islamic education (2), the development strategy of spiritual intelligence through Islamic education (3) the development method of spiritual intelligence through Islamic education, which did SMK el-Hayat kedungkandang malang.

This study used a qualitative approach case study type with single case design. The data collected by interviews, participant observation, and documentation, data analysis techniques include data reduction, data presentation and conclusion, the findings checks done by the extensional of researcher, triangulation, techniques using a variety of sources, theoris and methods, and perseverance observation, imformation research is the principal, deputyhead of curriculum and educators.

The results showed that (1) approach to the development of spiritual intelligence held on SMK el-Hayat Kedungkandang Malang. The teacher as a model in implementing the legislation and school activities the results showed that (1), approach to the development of spiritual intelligence held on SMK el-Hayat Kedungkandang Malang. The teacher as a model in implementing the legislation and school activities ; (2) there are three stratigies of Islamic values includes nine values: the value of patience, gratitude, optimism, resignation, sincerity, courage, fairness, honesty, tawadhu, while Islamic activities are daily activities, weekly activities, monthly and annual activity, and Islamic symbols include, prayer rooms, scarf, cap, decoration ; (3) the method of spiritual intelligence development held on SMK kedungkandang malang is the habituation in doing Islamic values, the habituation in conducting Islamic activities, and habituation in conducting Islamic symbols.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Mulyadi, Mulyadi and Wahyuni, Esa Nur
Keywords: Pengembangan; Kecerdasan Spiritual; Pendidikan Agama Islam; Development; Spiritual; Intelligence; Islamic Religious Education
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 01 Aug 2016 09:08
Last Modified: 03 Aug 2016 02:58
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3963

Actions (login required)

View Item View Item