Sholahudin, Muhammad (2013) Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan (study kasus di MAN Kraton AL-Yasini Pasuruan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110075.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan ilmu pengetahuan sangatlah ditentukan oleh dunia pendidikan, dimana dunia pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam menentukan arah maju mundurnya kualitas pendidikan. Manajemen Berbasis madrasah merupakan bentuk alternatif pengelolaan sekolah dalam progam desentralisasi bidang pendidikan, yang ditandai adanya otonomi luas di tingkat madrasah, partisipasi masyarakat yang tinggi, dan dalam kerangka kebijakan pendidikan nasional. MBM menawarkan kepada sekolah untuk menyediakan pendidikan yang lebih baik dan lebih memadai bagi para peserta didik. Adanya otonomi dalam pengelolaan pendidikan merupakan potensi bagi sekolah untuk meningkatkan kinerja para personil, menawarkan partisipasi langsung pihak-pihak terkait, dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan dimadrasah.
Berpijak dari permasalahan di atas, penulis perlu mengadakan penelitian mengenai Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen berbasis madrasah (MBM) dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, serta untuk mengetahui bagaimana implikasi dari penerapan Manajemen berbasis madrasah yang ada di Madrasah Aliyah Negeri Kraton Al-Yasini Pasuruan.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitiannya adalah Study Kasus atas dasar bahwa study kasus dapat menguji kebenaran teori manajemen berbasis madrasah terhadap peningkatan mutu pendidikaan yang mana dengan tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan dalam penelitian ini penulis berperan sebagai instrumen sekaligus pengumpul data yang ada di lapangan. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan dengan tujuan agar menegetahui bagaimana implementasi manajemen di Madrasah Aliyah Negeri Kraton Al-Yasini Pasuruan.
Dari hasil penelitian ini bahwasannya penerapan implementasi manajemen berbasis madrasah berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang di rencanakan, dimulai dari awal masuk kelas, bahwasanya siswa-siswi diharuskan masuk 15 menit lebih awal dari jam masuk, dikarenakan bertujuan agar siswa-siswi bisa bersama-sama membaca surat-surat pendek, disamping itu, keberhasilan implementasi ini dibuktikan dengan adanya output yang memuaskan yaitu siswa- siswi MAN kraton Al-Yasini dapat lulus 100% pada tahun ajaran 2012-2013.
ABSTRACT
The development of science is very determinable by educational environment because it has important role in determining the improvement of the quality of education. Management based on Islamic School is an alternative school management in a decentralization program in educational area, which is marked by the existence of broad autonomy in Islamic degree, high participation from societies, and the framework of national educational policy. Management based on Islamic School offers to school to provide better education and more adequate for the students. The existence of autonomy on educational area is a potential for school to improve the occupation of the staff, offers participation to the relevant parties, and improve the society comprehension on the implementation of education in Islamic school.
Because of that reason, the researcher is necessary to investigate about the implementation of management based on Islamic school on effort to develop the quality of education. The objective of this research is to know how the implementation of Management based on Islamic school on effort to develop the quality of education and to know how the implication from the application of Management based on Islamic School MAN Kraton Al-Yasini Pasuruan.
In this research, the researcher uses qualitative research and it is kinds of Case Study on the basis that case study can examine the validity of the theory of Management based on Islamic School on developing the quality of education. The researcher uses data collection method through interview, observation, and documentation. In this research, the researcher becomes the main instrument and also collecting data. This research is done for one month on the purpose to know how the implementation of Management in state Islamic Senior High School Kraton Al-Yasini Pasuruan.
For the finding of this research, it can be said that the application of implementation of management based on Islamic School is running well with everything which has been planned, started from coming into the class, the students should come into the class fifteen minutes before the bell rings, because it has purpose to invite them to read Juz Amma together. Besides that, the achievement of this implementation is proved by the satisfied score that all of the students of Al-Yasini pass the final examination on 2012-2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Manajemen Berbasis Madrasah; Mutu Pendidikan; Implementation; Management based on Islamic School; the Quality of Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:51 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39626 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |