Alfiah, Nurul (2013) Strategi pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan aktivitas, kreativitas, dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di kelas X-E MAN Tlogo Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110167.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Al-Qur’an Hadits saat ini dirasa kurang optimal. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran masih didominasi oleh model dan strategi pembelajaran konvensional. Guru lebih banyak menekankan pada hafalan, ceramah dan tanya jawab, sehingga peserta didik menjadi pasif. Kondisi ini berdampak pada rendahnya aktivitas, kreativitas dan motivasi belajar siswa. Untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut perlu diterapkan suatu strategi alternatif pembelajaran Al-Qur’an Hadits sehingga dapat meningkatkan aktivitas, kreativitas dan motivasi belajar siswa. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan penerapan strategi mind maping. Penggunaan strategi pembelajaran ini diharapkan agar dapat meningkatkan aktivitas, kreativitas dan motivasi belajar siswa.
Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang akan dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah Dampak strategi pembelajaran mind maping dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas X- E di MAN Tlogo Blitar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits? (2) Bagaimanakah Dampak strategi pembelajaran mind maping dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas X-E di MAN Tlogo Blitar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits? (3) Bagaimanakah Dampak strategi pembelajaran mind maping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-E di MAN Tlogo Blitar pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadits.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan jenis kolaboratif, mengacu pada model yang digunakan oleh Taggart dan Kemis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Data bersifat kuantitatif menggunakan analisa deskriptif kuantitatif berupa analisis SPSS uji beda paired sample dan analisis uji trend.
Temuan penelitian menunjukkan bahwasanya strategi mind maping yang penulis tawarkan dapat meningkatkan aktivitas, kreativitas dan motivasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas X-E MAN Tlogo Blitar (1) Dampak strategi pembelajaran mind maping dalam meningkatkan aktivitas siswa kelas X-E di MAN Tlogo Blitar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits berupa perubahan pola pembelajaran yang dulunya hanya selalu bersifat konvensional yakni hanya berpusat pada guru saja, kini siswa mulai diajak untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa dapat beraktivitas dan berpartisispasi secara aktif dalam proses pembelajaran; (2) dampak strategi pembelajaran mind maping dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas X-E di MAN Tlogo Blitar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu dalam pelaksanaan mind maping menjadikan suasana kelas menjadi lebih berwarna, mempermudah siswa menyerap informasi dan belajar menggambar, siswa lebih ingat materi ketika melaksanakan ulangan, keberanian siswa mengemukakan pendapat dihadapan orang-orang; (3) dampak strategi pembelajaran mind maping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-E di MAN Tlogo Blitar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Dengan strategi pembelajaran mind maping, situasi dan kondisi kelas terlihat menjadi lebih hidup, jika mereka sedikit ramai dan terkesan semeraut itupun karena mereka sedang mendiskusikan pelajaran atau tugas yang harus mereka selesaikan dengan kelompok masing-masing, dan mereka mengerjakannya dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat serta kegembiraan.
Dari hasil penelitian ini, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut menggunakan desain penelitian kualitatif agar dapat memperoleh pemahaman yang mendalam dan data yang lebih valid tentang penerapan mind maping sehingga menghasilkan penelitian yang lebih akurat, valid, dan reliabel.
ABSTRACT
Learning Al-Qur'an Hadith today is less optimal. This is because the learning process is still dominated by conventional learning models and strategies. Teachers more emphasis on rote learning, lecture and question and answer, so that learners become passive. These conditions result in low activity, creativity and motivation to study. To answer these problems need to be applied to an alternative strategy of learning Al-Quran Hadith so as to increase the activity, creativity and motivation to study. One alternative that can be used is the application of mind mapping strategy. Use of learning strategies is expected to increase the activity, creativity and motivation to study.
Departing from the above problems, the general problem that will be formulated in this study are: (1) How the Impact of mind mapping learning strategy in increasing student activity in the classroom X-E MAN Tlogo Blitar on the subjects of Al-Qur'an Hadith? (2) Impact How mind mapping learning strategy in improving students' creativity in the classroom X-E MAN Tlogo Blitar on the subjects of Al-Qur'an Hadith? (3) How is the impact of learning mind mapping strategies in increasing students motivation in the classroom X-E MAN Tlogo Blitar on the subjects of Al-Qur'an Hadith
This study uses classroom action research design with the type of collaborative, referring to the model used by Taggart and Thursday. The data was collected using observation, and documentation. Quantitative data using a quantitative descriptive analysis SPSS analysis of different test and paired sample test analysis of trends .
The study findings suggest that the mind mapping strategy that the authors offer can increase the activity , creativity and motivation to study subjects on the Al-Qur'an Hadith graders X-E MAN Tlogo Blitar (1) Impact of mind mapping learning strategy in improving students classroom activities X-E in MAN Tlogo Blitar on subjects such as Al-Qur'an Hadith changing patterns of learning that was once just always be the only conventional teacher-centered course, students now began to be invited to play an active role in the learning process. So that students can move and berpartisispasi actively in the learning process, (2) the impact of mind mapping learning strategy in improving students creativity in the classroom X-E MAN Tlogo Blitar on the subjects of Al-Qur'an Hadith that in the implementation of mind mapping to make the atmosphere more colorful classroom, enabling students to absorb information and learn drawing, students remember material better when implementing replay, courage students to express opinions in front of the people, (3) the effects of mind mapping learning strategy in improving students' motivation in the classroom X-E MAN Tlogo Blitar on subjects al-Qur'an Hadith. With mind mapping learning strategy, situation and condition class looks to be more alive, if they are a bit crowded and semeraut impressed even then because they were discussing lessons or tasks they need to accomplish with each group, and they do it earnestly and vigorously and excitement.
From these results, further studies need to be conducted using a qualitative research design in order to obtain a deep understanding and a more valid data on the application of mind mapping to produce research that is more accurate, valid, and reliable.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Mind Maping; Aktivitas; Kreativitas; Motivasi Belajar; Al-Qur’an Hadits; Mind Maping; Activities; Creativity; Motivation; Al-Qur'an Hadith | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:50 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39621 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |