Furqoniyah, Furqoniyah (2013) Penerapan pembelajaran berbasis Multimedia Slide Show dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi ibadah shalat jenazah kelas VII-A di MTsN Plan di Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110171.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kualitas pembelajaran dapat dilihat dari dua sisi yang sama pentingnya, yakni dari sisi proses dan sisi hasil belajar. Proses belajar berkaitan dengan pola perilaku siswa dalam mempelajari bahan pelajaran; sedangkan hasil belajar berkaitan dengan perubahan perilaku yang diperoleh sebagai pengaruh dari proses belajar. Untuk memperoleh hasil belajar yang baik sangat diperlukan motivasi belajar yang baik pula. Maka disinilah strategi pembelajaran sangat diperlukan. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Multimedia Slide Show dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Ibadah Shalat Jenazah kelas VII-A MTsN Plandi Jombang. Apakah metode pembelajaran berbasis multimedia Slide Show dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitiannya adalah PTK dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis multimedia Slide Show dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi ibadah shalat jenazah kelas VII-A di MTsN Plandi Jombang sudah berjalan dengan baik, walaupun ada kekurangan-kekurangan. Hal tersebut terlihat pada saat proses belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas, antara lain siswa aktif dan bersemangat bertanya tentang pelajaran yang belum dimengerti, rasa ingin tahunnya meningkat, rajin mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, dan lebih aktif dalam mencari informasi yang diberikan oleh guru.
Adapun yang menjadi faktor pendukung dari penerapan multimedia Slide Show adalah adanya minat belajar siswa yang tinggi, adanya profesionalisme dan semangat yang tinggi dari guru Fiqih dalam mengajar dan membimbing anak didiknya, adanya fasilitas dan sumber belajar yang memadai untuk belajar. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam penerapan tersebut adalah adanya sebagian siswa yang enggan untuk menyampaikan pendapatnya, masih malu-malu.
Dari kesimpulan tersebut untuk mengantisipasi faktor-faktor penghambat tersebut, maka berbagai upaya dilakukan agar dalam penerapan multimedia Slide Show dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi ibadah Shalat Jenazah dapat sepenuhnya diterapkan dengan menggunakan metode yang bervariasi, menciptakan interaksi dengan cara bekerjasama, dan meningkatkan motivasi dan dorongan pada siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat menumbuhkan dan mengembangkan keaktifan siswa.
ABSTRACT
The quality of learning can be seen from the same two important sides; namely in terms of the process and the learning outcomes. Learning process is related to behavior patterns of students in learning the material, while the learning outcomes is related to behavior change that is obtained as the influence of the learning process. To obtain the good learning outcomes, it requires the learning motivation as well. This is where the learning strategy is needed. Moreover, the statements of the problems of this study are how the application of slide show multimedia in increasing students’ learning motivation in the material of funeral prayer for the seventh grade? Can the method of slide show multimedia based learning increase students’ learning motivation?
In this study, the writer uses a qualitative approach; with its type of research is the classroom action research by using observation, interviews, and documentation as the technique of data collection. Based on the result of the study, it can be concluded that the application of slide show multimedia based learning in increasing students’ learning motivation in the material of funeral prayer for the seventh grade has been running well, despite its shortage.
It is seen from the teaching-learning process held in the classroom, in which students actively ask the materials they don’t understand, are highly curious, diligently do their assignments given by the teachers, and actively search of information given by the teacher.
In addition, the supporting factors of the application of slide show multimedia are of high student interest, great professionalism and morale of the teachers in teaching fiqh and guiding their students, and the adequate facilities and learning resources for learning. Meanwhile, the inhibiting factor of that application is of the majority of the students are reluctant to express their opinions.
From this study, it can be concluded that to anticipate these inhibiting factors, various efforts can be made in order that the application of slide show multimedia in increasing students’ learning motivation in the material of funeral prayer can be fully applied by using a variety of methods, creating interaction with collaboration, and increasing motivation and encouragement in the teaching- learning process, so it can grow and develop students’ activity.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Multimedia Slide Show; Motivasi Belajar Siswa; Shalat Jenazah; Slide show multimedia; students’ learning motivation; the material of funeral prayer. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:49 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39613 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |