Fakih, Abdul Salam (2013) Penerapan pembelajaran berbasis Multimedia Flash dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perkembangan islam masa Bani Umayyah mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII-K Madrasah Tsanawiyah Negeri Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110182.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Media dan metodologi pendidikan era ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Berbagai metode diupayakan dan diterapkan dalam proses belajar mengajar dengan tujuan pembelajaran yang lebih bermakna dan berkesan bagi murid. Sejak beberapa tahun terakhir ini teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dan digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas. Harapan dari semua itu adalah semakin mudahnya pengajar menciptakan pembelajaran yang berwarna dan lebih efektif.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat memberikan inovasi baru dalam munculnya berbagai media pembelajaran. Salah satunya adalah diterapkannya multimedia flash dalam pembelajaran. Melalui multimedia pembelajaran disajikan dengan memuat gambar bergerak disertai audio yang secara empiris mampu meningkatkan kemampuan retensi dan transfer murid.
Berpijak pada paparan di atas maka fokus permasalahan yang diambil adalah 1) Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis multimedia flash dalam pembelajaran SKI di MTsN Tambakberas Jombang. 2) Bagaimana prestasi belajar siswa setelah diterapkannya multimedia flash dalam pembelajaran SKI di kelas VII K MTsN Tambakberas Jombang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, pengukuran tes hasil belajar, wawancara, angket dan dokumentasi. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya terdapat dua pertemuan. subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII-K MTsN Tambakberas Jombang. Data dari kegiatan pembelajaran yang diambil dengan mengunakan data pengamatan dan hasil belajar berupa nilai pre tes, dan tes setiap siklusnya dianalisis secara deskriptif untuk menjabarkan keberhasilan yang dicapai.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran berbasis multimedia flash memberikan banyak pengaruh positif di antaranya semangat belajar siswa yang tinggi, siswa cepat menangkap materi, siswa lebih aktif, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Ini dibuktikan dari hasil nilai pre tes dengan rata-rata kelas sebesar 57,94 di bawah standar kelulusan. Lalu pada siklus I dan II mengalami peningkatan melebihi standar kelulusan menjadi 89,33 dan 76,90.
Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan kepada pihak-pihak di lingkungan sekolah terutama pada para pengajar SKI untuk menerapkan pembelajaran dengan mengunakan multimedia flash guna meningkatkan prestasi belajar siswa.
ABSTRACT
Media and education methodology era has progressed very rapidly. Various methods pursued and implemented in the learning process with the aim of learning more meaningful and memorable for the students. Since the last few years information and communication technology has been developed and used in teaching and learning in the classroom. Expectations of all it is more easily colored teachers create learning and more effective.
Developments in science and technology are growing rapidly provide new innovations in the emergence of a variety of instructional media. One is the application of multimedia in learning flash. Through multimedia learning is presented with a load moving images with audio empirically able to improve student retention and transfer.
Building on the above description is taken then the focus of the problem is 1) How does the application of learning in a flash-based multimedia learning in MTsN Tambakberas SKI Jombang. 2) How does student achievement after the implementation of flash multimedia learning in class VII K SKI MTsN Tambakberas Jombang.
This research is a class act. Data was collected through observation, measurement of achievement tests, interviews, questionnaires and documentation. The study was conducted by two cycles, each cycle there are two meetings. research subjects were students of class VII-K MTsN Tambakberas Jombang. Data taken from the learning activities using the observational data and the results of pre-test learning in the form of value, and test each cycle were analyzed descriptively to describe the successes achieved.
From the results of the study showed that the application of flash multimedia- based learning gives them a lot of positive influence on students' learning spirit high, students quickly grasp the material, students are more active, and student learning outcomes has increased. This is evidenced from the results of pre-test values with an average grade of 57.94 below the passing standard. Then the cycle I and II was increased beyond a passing grade to be 89.33 and 76.90.
From the results of this study, researchers gave some suggestions for consideration to the parties in the school environment, especially in the SKI teachers to implement learning by using multimedia flash in order to improve student achievement.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Multimedia Flash; Sejarah Kebudayaan Islam; Prestasi Belajar; Multimedia Flash; History of Islamic Culture; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:43 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39606 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |