Layinaturrohmah, Layinaturrohmah (2013) Metode latihan (Drill) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VIII F di MTS Negeri Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110063.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua pihak yang keduanya berperan sebagai subyek, yakni siswa berperan sebagai pembelajar dan guru yang berperan sebagai pengajar Di MTs Negeri Kota Blitar khususnya kelas VIII F hingga saat ini dalam pelaksanaan pembelajaran, Kenyataan membuktikan bahwa siswa lebih berperan sebagai obyek, dan guru lebih berperan sebagai subyek. Bahkan sering terjadi, siswa lebih dikatakan sebagi kutub yang dikuasai, sedangkan guru pada posisi yang menguasai. Pusat belajar berada pada guru, sedangkan siswa berada pada posisi sebagai obyek yang diajar. Sistem dan suasana pembelajaran lebih diciptakan oleh guru sebagai "penguasa".
Kegiatan pembelajaran diatas kurang bisa membangun peserta didik, terutama pada mata pelajaran Al-qur’an hadis. Karena peserta didik hanya diarahkan oleh guru, sehingga kreativitas yang dimiliki oleh setiap siswa (peserta didik) tidak dapat berkembang karena dihalang-halangi oleh guru sebagai "penguasa" di dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran Al-qur’an Hadis masih disampaikan dengan metode ceramah sebagai metode yang lebih dominan diterapkan dari pada metode yang lain. Sedangkan siswa mendengarkan apa yang diucapkan guru serta mencatat hal yang dianggap penting oleh siswa tersebut dan kurang diberi kebebasan untuk mengungkapkan pendapatnya terhadap materi yang diajarkan. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi sehingga penulis mengambil judul “ Metode Latihan (Drill) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Al-qur’an Hadis Kelas VIII F di MTsN K ota Blitar.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dengan metode latihan (Drill) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran Al-qur’an Hadis (2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode latihan (Drill) dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VIII F di MTs N Kota Blitar.
Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, pengukuran tes hasil belajar, angket, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode latihan (Drill) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran al-qur’an hadis kelas VIII F di MTsN Kota Blitar.
Ini terbukti bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pre test adalah 21,42 % pada siklus I adalah 80,95 % dan meningkat menjadi pada siklus II adalah 97,61 %.ini berarti siswa dinyatakan lulus dan sukses dalam penggunaan metode latihan (Drill).
ABSTRACT
The learning process is an activity undertaken by two parties who both act as subjects, the students act as learners and teachers who serve as teachers in MTs Negeri Kota bitar specilly class VIII F particular to date in the implementation of learning, reality proves that more students act as objects, and teachers act more as a subject. In fact often the case, more is said as a student-controlled poles, whereas the position of the master teacher. Learning center is at the teacher, while the students are in a position as an object being taught. System and the learning environment created by the teacher over the "ruler".
Learning activities are less able to build on learners, especially on the subjects of the Qur'an Hadith. Because students simply directed by the teacher, so the creativity of every student (students) can not be developed because of blocked by the teacher as a "ruler" in the process of learning particular subjects Qur'an Hadith was presented with the lecture method as the dominant method applied than the other methods. While the students listen to what the teacher said and noted things that are considered important by the students and not given the freedom to express their opinions on the material being taught. Departure from that background that I will want to discuss the thesis that the author took the title "Method of Exercise (Drill) To Improve Student Motivation in Learning Al-Qur'an Hadith Class VIII F in MTsN Kota Blitar.
The purpose of this study was (1) to describe the method of lesson planning exercise (Drill) to increase students' motivation in learning Al-Quran Hadith (2) To describe the application of training methods (Drill) in learning Al-Quran Hadith eighth grade F in MTs N Blitar.
Research by the author is using a qualitative approach to classroom action research (CAR). Sequence of research activities include: (1) planning, (2) implementation, (3) observation and (4) reflection. In collecting the data, the writer used observation, measurement of achievement test, questionnaire, interview, and documentation. As for the analysis, the writer uses descriptive qualitative analysis techniques.
The results showed that the training methods (Drill) to increase students' motivation in learning al-quran hadith class VIII F in MTsN Kota Blitar. It is evident that students' motivation has increased from pre-test was 21.42% in the first cycle was increased to 80.95% and the second cycle was 97.61%. Means students passed and success in the use of training methods (Drill) .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode latihan (Drill); Motivasi Belajar; Method of exercise (Drill); Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:41 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39598 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |