Wibowo, Setiyo (2013) Implementasi kompetensi managerial kepala madrasah: Studi kasus di MAN Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110232.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT
Managerial ist a elementary programm all something by good for birth believer have the impact to do anything with regulation and have to use. Headmaster touch education. In they hand, Education dinamika walk as usually. Headmaster who progressive, dynamic,and visioner will bring good job in up grade kualitation Education. If He cleaver to work together, can make a strong land intern, to blame the next year probleme, skill make viel fresh idea , and active expand the wings, Than boarding school have been leader will expand quickly . In expend and upgrade Qualition leader The Boarding school have be entry point for up the world Education in this Stadt, The leader good to attantion kompetation must have with a leader School yaitu competence herself, managerial, supervision, sosialitation. from result research have been written with Autor, That managerial procession have doing with MAN Jombang have be a succes with Regulation Education Cabinet Republic Indonesia Number 13 year 2007 about Standard competence Headmaster. In Regulation there are five competence ist self competence, competence managerial, competence supervision, and competence sosialitation.
As that Materi than the Autor want for take the probleme with near teoritis or empiris, for knowing about process manager of Headmaster in MAN Jombang. This emphasize with managerial of Headmaster to upgrade managerial in all anything in MAN Jombang. Purpose research ist for gat deskriptif picture about:
1) Strategionen of Headmaster in up grade Process Managerial in MAN Jombang.
2) Implementation Kompetention Managerial of Headmaster in MAN Jombang.
For get the destination, That way there ara research with study probleme in MAN Jombang. The next in speaking the probleme ,in relevancy with phenomenological empiris method talking working through wich to use ist phenomenological method kualitatif with use method research deskriptif kualitatif, and than for gat data from lokation research ist from Observasion, interview and dokumentation. whereas for necessity analisation data have been wich submit, use the tecnik analisation deskriptif with tidy the data into pola, kategori, and one elementary materi untill found the tema and can satzen hipotesis work as sugestion with data.
Result research this ist Headmaster in doing process managerial use strategionen persuasiv and wich type leader ist type leader demokratitation and also use their authority as leader. But type Principal wich to use the Headmaster of MAN Jombang inclined to type leader wich demokrationen, but situation and kondition can demand have a certain attitude, Exemple must use type otoriter. Implementation competenz managerial Head master very strategion in doing funktion in MAN Jombang. as supervisor manager, He demand or have knowladge , attitude, believer full with staff and skilled in managemen and leadership till he gat funktion in manage resource accounting Schule with efektif and efisien someone the Headmaster also must can the funktion in wich changer in school.
ABSTRAK
Managerial pada dasarnya adalah perencanaan segala sesuatu secara mantap untuk melahirkan keyakinan yang berdampak pada melakukaan sesuatu sesuai dengan aturan dan memiliki manfaat. Kepala madrasah memegang pusaka pendidikan. Di tangannya, dinamika pendidikan berjalan. Kepala madrasah yang progresif, dinamis, dan visioner akan membawa kemajuan signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jika ia pandai bekerja sama, memperkuat barisan internal, mengantisipasi tantangan masa depan, kreatif menciptakan ide- ide segar, dan aktif mengembangkan sayap, maka lembaga pendidikan yang dipimpinnya akan berkembang dengan cepat. Dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas kepemimpinan lembaga pendidikan yang menjadi entry point kebangkitan dunia pendidikan di negeri ini, seorang pemimpin sebaiknya memperhatikan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin lembaga pendidikan yaitu kompetensi kepribadian, managerial, supervisi, sosial. Dari hasil penelitian yang telah diteliti oleh penulis, bahwasanya proses managerial yang dilaksanakan oleh kepala MAN Jombang telah berhasil dengan berlandaskan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar kompetensi Kepala Sekolah/madrasah. Dalam peraturan tersebut terdapat lima kompetensi yaitu: kompetensi kepribadian, kompetensi managerial, kompetensi supervisi, dan kompetensi sosial.
Berdasarkan uraian tersebut maka penulis tertarik untuk mengangkat permasalahan melalui pendekatan teoritis maupun empiris, guna mengetahui tentang proses mangerial kepala madrasah di MAN Jombang. Penelitian ini menekankan pada komptensi managerial kepala madrasah dalam meningkatkan mangerial disegala aspek di MAN Jombang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran deskriptif tentang:
1)Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Proses Managerial di MAN Jombang.
2)Implementasi Kompetensi Managerial Kepala Madrasah di MAN Jombang.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diadakan penelitian dilapangan menggunakan studi kasus di MAN Jombang. Selanjutnya dalam membahas masalah di atas dalam kaitannya dengan pendekatan empiris, metode pembahasan yang diterapkan adalah metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, kemudian untuk mendapatkan data dari lokasi penelitian adalah melalui pendekatan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk keperluan analisis data yang terkumpul, menggunakan teknik analisis deskriptif dengan mengurutkan data ke dalam pola, kategori, dan satuan uraian dasar sehingga dapat ditemukan tema dan dapat dirumuskan hipotesis kerja seperti yang disarankan oleh data.
Hasil penelitian ini adalah Kepala sekolah dalam melaksanakan proses managerial menggunakan strategi pendekatan persuasiv dan berbagai tipe kepemimpinan yaitu tipe kepemimpinan demokratis dan juga terkadang menggunakan otoritasnya sebagai pemimpin. Tetapi tipe kepemimpinan yang digunakan kepala MAN Jombang lebih cenderung kepada tipe kepemimpinan yang demokratis, namun situasi dan kondisi bisa menuntut untuk bersikap lain, misalnya seperti harus menggunakan tipe otoriter. Implementasi kompetensi managerial kepala madrasah sangat strategik di dalam melakukan fungsi manajerial di MAN Jombang. Sebagai supervisor manajerial, beliau dituntut untuk memiliki pengetahuan, sikap, kepercayaan penuh terhadap staf dan keterampilan di bidang manajemen dan leadership sehingga ia dapat memainkan peranan dan fungsinya dalam mengelola sumberdaya madrasah secara efektif dan efisien. Seorang kepala madrasah juga harus dapat memainkan peranan dan fungsinya di dalam membawa berbagai perubahan di madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Headmaster Managerial Competence; Kompetensi Managerial Kepala MAN Jombang | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:41 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39595 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |