Firmansyah, Maman (2013) Peran guru Akidah Akhlak dalam mengembangkan pendidikan karakter di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110186.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan karakter merupakan kata yang familiar bagi orang yang berprofesi mengajar saat ini. Guru mempunyai peranan ganda sebagai pengajar dan pendidik. Tugas utama sebagai pendidik adalah membantu mendewasakan anak secara psikologis, sosial, dan moral. Peranan guru dalam proses belajar mengajar dirasakan sangatlah besar pengaruhnya terhadap perubahan tingkah laku (karakter) anak didik. Dalam konteks pendidikan karakter, peran guru sangat vital sebagai sosok yang diidolakan, serta menjadi sumber inspirasi dan motivasi murid-muridnya.
Berpijak pada paparan di atas maka fokus permasalahan yang diambil adalah 1) Apa strategi yang digunakan oleh guru akidah akhlak dalam pengembangan karakter di MTsN Tambakberas Jombang? 2) Bagaimana efektifitas guru akidah akhlak dalam mengembangkan pendidikan karakter di MTsN Tambakberas Jombang? 3) Bagaimana dampak sosok guru akidah akhlak bagi peserta didik dalam mengembangkan pendidikan karakter di MTsN Tambakberas Jombang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sesuai dengan tema yang diangkat dalam penelitian ini, maka metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis kerja dan aktivitas (job and activity analysis). Dalam pengambilan sampelnya, peneliti menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling sehingga peneliti memilih guru akidah akhlak dan siswa sebagai informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini diantaranya sebagai berikut. 1) Strategi yang digunakan oleh guru akidah akhlak dalam pengembangan karakter di MTsN Tambakberas Jombang, yaitu dengan memberikan mata pelajaran muatan lokal atau kepesantrenan, menciptakan siswa yang beradiwiyata, menjelaskan materi- materi pelajaran dengan contoh-contoh nyata dalam kehidupan siswa sehari-hari, dan dengan pembiasaan religius siswa, 2) Efektifitas guru akidah akhlak dalam mengembangkan pendidikan karakter di MTsN Tambakberas Jombang, yaitu pembagian guru pengajar di kelas secara tepat sesuai dengan pengalaman yang dimiliki, guru mampu memperlakukan siswa sesuai dengan tahap perkembangan peserta didiknya, guru mampu menjadi teladan, pendidik, pengajar, pelatih, dan evaluator bagi peserta didiknya, 3) Dampak sosok guru akidah akhlak bagi peserta didik dalam mengembangkan pendidikan karakter di MTsN Tambakberas Jombang, yaitu kepribadian guru berpengaruh terhadap perilaku siswa, guru yang memotivasi siswanya akan mendorong perkembangan karakter siswa, dan sosok pemimpin guru mendorong siswa untuk lebih maju.
ABSTRACT
Character education is a familiar word for peoples who are have teaching profession. Teachers have a dual role that is to be a teacher and educator. The main task as educators is to make the child be mature psychologically, socially, and morally. The role of the teacher in the learning process has very big influence on behavioral changes (character) of students. In the context of character education, the teacher's role is vital as the idolized figure, as a source of inspiration and motivation of students.
If we beside the above description, the focus of the problem is 1) What are the strategies used by aqeedah morals teachers to development the moral in MTsN Tambakberas Jombang? 2) How does the effectiveness of moral theology teacher in developing character education in MTsN Tambakberas Jombang? 3) How the impact of moral theology teacher figure for students in developing character education in MTsN Tambakberas Jombang?
This research used a qualitative approach. According to the themes raised in this research, the method used is descriptive qualitative. Type of research that will be used is the job and activity analysis. In taking the sample, the researcher used non-probability sampling with purposive sampling technique so the researchers choose moral theology teacher and students as informants. Data collection techniques in this study research is observation, interviews, and documentation.
Results of this research are the following. 1) The strategy used by the aqeedah morals teacher to developing the student’s character at MTsN Tambakberas Jombang is providing local content subjects, creating the adiwiyata students, explaining the learning materials with real examples in the daily lives of students, and by rising the religious of students, 2) Effectiveness of moral theology teacher in developing character education in MTsN Tambakberas Jombang, is devided the teachers in the class appropriate with them experience, teachers are able to treat students according to the stage of development of the students, the teacher’s moral is good example, educators, coaches, and evaluators for student, 3) the impact of moral theology teacher figure for learners in developing character education in MTsN Tambakberas Jombang is the teacher's personality affects the behavior of students, teachers motivate their students to encourage the development of student character and the figure of the teacher leaders push the students more advanced.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Guru Akidah Akhlak; Pendidikan Karakter; The Role of Teacher Aqeedah Morals; Character Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:13 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39591 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |