Danti, Devita Ayus (2013) Penerapan metode Index Card Match dan demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Tunagrahita Ringan kelas VII-C SMPLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110059.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Siswa Tunagrahita adalah siswa yang mempunyai kemampuan intelektual dibawah rata-rata, yang menyebabkan siswa ini sukar untuk mengikuti program pendidikan di sekolah biasa secara klasikal, oleh karena itu anak terbelakangan mental membutuhkan layanan pendidikan khusus yakni disesuaikan dengan kemampuan anak tersebut. Pembelajaran siswa tunagrahita ringan memerlukan tekhnik dan metode khusus agar mereka dapat mengerti dan mengaplikasikan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran siswa tunagrahita ringan lebih ditekankan pada kenyataan dan praktek, karena mereka lebih bisa memahami pembelajaran dengan objek yang nyata. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah pembelajaran yang terkadang sulit untuk diaplikasikan dan dicontohkan secara nyata. Untuk itu perlu adanya metode yang tepat dalam penyampaian materi Pendidikan Agama Islam untuk siswa tunagrahita.
Berdasarkan peryataan di atas, maka peneliti melakukan penelitian pada siswa Tunagrahita Ringan dalam pembalajaran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode Index Card Match dan Demonstrasi, dengan tujuan penelitian 1) Mengetahui penerapan Metode Index Card Match dan Demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa tunagrahita ringan kelas VII-C SMPLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. 2) Mengetahui peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa tunagrahita ringan kelas VII-C SMPLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang setelah penerapan metode Index Card Match dan Demonstrasi.
Penelitian dilakukan di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang, dengan fokus penelitan siswa SMPLB klasifikasi Tunagrahita Ringan kelas VII-C. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan jenis penelitian Kualitatif. Tahap penelitian mengikuti model Kemmis Teggart, yaitu berupa siklus yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, pengukuran tes hasil belajar; dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Index Card Match dan Demonstrasi dapat meningkatkan Prestasi Siswa dari segi nilai dan keaktifan Hal ini terbukti nilai ulangan pretest 48,74 mengalami peningkatan ke siklus III sebesar 74,35%. Nilai keaktifan dari nilai pretest 49,2% ke siklus III sebesar 78,1% mengalami peningkatan sebesar 28,9%.
ABSTRACT
Tunagrahita Students are students who have the intellectual ability is below average, which led to these students it is difficult to follow the reguler education program in schools in classical. Therefor, mentally retarded children need special education services that is adjusted to the child‟s ability. In learning, mild tunagrahita students requires special techniques and methods so that they can understand and apply directly in everyday life. Mild tunagrahita student learning were more focused on reality and practice, because they better understand the learning with real objects. Learning Islamic Education is learning that sometimes it is difficult to apply and exemplified in a real. for that we need the right methods in the presentation of Islamic Education.
Based on the above statement, the researchers conducted a study on mild tunagrahita students learning Islamic education by using Index Card Match and demonstrations, with the purpose of research: 1) Determine the application of the index card match method and demonstration to improve the learning achievements of Islamic Religious Education of Tunagrahita Students Class VII-C SMPLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. 2) Know the learning achievement of Islamic Religious Education of Tunagrahita Students Class VII-C SMPLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang.
Research conducted at the SLB Pembina Tingkat Nasional Malang Bagian C, with a focus on students SMPLB mild tunagrahita classification of class VII-C. This research uses classroom action research design with qualitative research. research stage using the Kemmis Teggart model, is a cycle which includes: planning, implementation, observation and reflection. data collection techniques used were: observation, measurement of achievement test, and documentation.
Based action research can be concluded, that using the index card match and demonstration can improve performance in terms of both value and activity. This is proved, the pretest scores have increased 48,74% to the cycle III of 74,35%. Activeness values of pretest value of 49,2% to the cycle III 78,1% an increased of 28,9%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fannani, Bakhruddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Prestasi Belajar; Siswa Tunagrahita; Metode Index Card Match; Metode Demonstrasi; Learning Achievement; Tunagrahita Students; Index Card Match Method; Demonstration Method | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:12 | ||||||
Last Modified: | 14 Apr 2023 14:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39588 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |