Afifah, Imroatul (2013) Penerapan pendekatan CBSA dengan metode Card Sort untuk menumbuhkan motivasi belajar Al-Quran Hadits siswa kelas VII A di Madrasah Tsanawiyah Pacet Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110196.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Keberhasilan suatu proses pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan guru mengembangkan metode pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan intensitas keterlibatan siswa secara efektif di dalam proses pembelajaran. Pengembangan metode pembelajaran yang tepat pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat belajar secara aktif dan menyenangkan sehingga siswa dapat meraih hasil belajar dan prestasi yang optimal.
Penelitian ini berfokus pada, 1).Apakah pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif dengan metode card sort dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VII A materi pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Pacet? 2). Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VII A pada materi Al-Qur’an Hadits setelah diterapkan metode card sort dengan pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif? 3). Mengapa pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif dengan metode card sort pada materi Al-Qur’an Hadits dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VII A di MTs Pacet? Dengan tujuan, 1).Untuk mengetahui pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif dengan metode card sort dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VII A materi pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Pacet. 2). Untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas VII A pada materi Al-Qur’an Hadits setelah diterapkan metode card sort dengan pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif. 3). Untuk mengetahui hasil pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif dengan metode card sort pada materi Al- Qur’an Hadits dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VII A di MTs Pacet.
Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) jenis kolaboratif.Tahap penelitian mengikuti model yang dikembangkan oleh Kurt Lewin, yaitu berupa perangkat dengan satu perangkat yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, pengukuran tes hasil belajar, dokumentasi.Data bersifat kualitatif yang terdiri dari observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif terbukti dapat menumbuhkan motivasi belajar Al-Qur’an Hadits kelas VII A. Hasil motivasi belajar tersebut terlihat dari bertambah semangat dan antusias siswa dalam proses pembelajaran dan mereka tidak merasa malas. Peningkatan pada motivasi belajar yang telah digambarkan pada siklus I point siswa adalah 96,8 % dan siklus II 128, 6 %.
ABSTRACT
The success of a learning process can’t be liberated from the ability of teachers to develop teaching methods oriented to increasing the intensity of effective student in the learning processes. Development of appropriate methods process is to create learning conditions that allow students to learn actively and fun so that students can achieve the learning output and optimal performance.
This research focuses, 1). What are the application of Cara Belajar Siswa Aktif approach card sort methods can give high motivation of the students subject in the class VII A learn in Al-Qur’an Hadits in Islamic Junior High School (MTs) Pacet? 2). How are motivation students in the class VII A to the learn Al- Qur’an Hadits after the card sort method applied to the Cara Belajar Siswa Aktif approach? 3). Why are Cara Belajar Siswa Aktif to approach the card sort method in learn Al-Qur’an Hadits can high motivation students of class VII A in Islamic Junior High School (MTs) Pacet? By the purposes: 1). To know the application of Cara Belajar Siswa Aktif approach with card sort methods can give high motivation of the student subject in the class VII A learn in Al-Qur’an Hadits in Islamic Junior High School Pacet. 2). To know motivation students in the class VII A to the learn Al-Qur’an Hadits after the card sort method applied to the Cara Belajar Siswa Aktif approach. 3). To know results of Cara Belajar Siswa Aktif approach the card sort method in learn Al-Qur’an Hadits can give high motivation students of class VII A in Islamic Junior High School (MTs) Pacet.
In this research the using Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) collaborative kind. Research stage follows the model developed by Kurt Lewin, is a device with consists of four components: planning, action, observation, reflection. Encode aggregation techniques used: observation, measurement of achievement test, documentation. Qualitative encode consists of observation and documentation of qualitative descriptive analysis.
The results of research showed that the application of Cara Belajar Siswa Aktif proven can give high motivation to learn Al-Qur’an Hadits class VII A. The results of students in the learning process can be seen in increasing of the spirit and students enthusiastic of learning process and they do not feel lazy. Increase to motivation learn described at student point in cycle I is 96,8 % point students and in cycle II is 128,6 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif; Metode Card Sort; Motivasi; Al-Qur’an Hadits; active student learning approach; card sort method; motivation; Al-Qur'an Hadits | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:16 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39563 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |