Fawaid, Achmad (2013) Pengaruh akun sosial Facebook sebagai media komunikasi pembelajaran fikih terhadap hasil kognitif siswa kelas XI MAN Malang II Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110198.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dalam mempelajari ilmu fiqh banyak madzhab yang dianut, misalnya terdapat empat madzhab (imam) yaitu Syafi’i, Al Malik, Hambali dan Hanafi. Banyaknya imam atau madzhab yang dianut tersebut juga menimbulkan perbedaan dalam menerapkan atau melaksanakan hukum (fiqih) sehingga banyak sekali pendapat yang menimbulkan perdebatan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibutuhkan sebuah media pembelajaran online atau e-learning dengan menggunakan media sosial facebook dapat digunakan karena sifatnya yang online service yang memungkinkan pengguna mengakses sumber-sumber bacaan atau pendapat dari para ahli fiqih diseluruh dunia dengan mudah dan cepat sehingga lebih membuka ruang diskusi yang lebih luas tentang hukum islam. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian tentang tentang Pengaruh Akun Sosial Facebook Sebagai Media Komunikasi Pembelajaran Fikih Terhadap Hasil Kognitif Siswa Kelas XI MAN Malang II Kota Batu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dalam penggunaan akun social facebook sebagai media komunikasi pembelajarn fiqih terhadap nilai kognitif siswa kelas XI MAN Malang II Kota Batu.
Sesuai dengan tema yang disajikan penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental research yang bertujuan untuk menguji pengaruh facebook sebagai media komunikasi pembelajaran fiqih terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAN Malang II Kota Batu.
Hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwasannya penggunaan akun sosial facebook sebagai media komunikasi pembelajaran fiqih efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran, berdasarkan penghitungan hasil pretest dan post test yang menggunakan teknik analisis data uji t-test. Diperoleh harga thitung (-2.009) < -ttabel (-1.998) atau nilai signifikansi (0.049)< 0.05, maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikkan terhadap hasil belajar siswa dalam penggunaan facebook sebagai media komunikasi pembelajaran.
ABSTRACT
In studying the science of fiqh, many schools of thought espoused, for example, there are four schools (imam), those are: Shafi, Al Malik, Hanafi and hambali. The number of priests or the adopted schools cause differences in applying or implementing the law (jurisprudence) and rises generate debate. To overcome this problem we need a media online learning or e-learning aspecially by using social media facebook. Facebook can be used because of its online service which allows users to access resources or reading the opinions of the jurists around the world easily and quickly so that more open space broader discussion about the islamic law. Therefore, researcher conducted a study on the Influence of Social Facebook For Media Communication Results Against Cognitive Learning Fiqh of students MAN Malang II Kota Batu Class XI.
This study aimed to determine the effect of the use of social media facebook as a communication medium to the value of cognitive learning fiqh class XI MAN Malang II Kota Batu.
This study uses a quantitative approach to the type of experimental research study aimed to examine the effect of facebook as a communication medium for learning fiqh class XI student learning outcomes MAN Malang II Kota Batu.
The Results of this study shows that the use of social facebook account as an effective communication medium for learning fiqh used in the learning process, calculation based on the results of the pretest and post test data analysis technique that uses t-test, the price obtained (-2009) <-t table (-1998) or significance value (0.049)> 0.05, H0 is rejected. Based on these results it can be concluded that there is a significant impact on student learning outcomes in the use of facebook as a communication medium of learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengaruh; Media Komunikasi pembelajaran Fiqih; Facebook; Social Media; Media Communication Learning; Facebook. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:16 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39560 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |