Fatmawati, Anis (2013) Penerapan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Kha Wahid Hasyim Bangil. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110199.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup komplek dimana banyak faktor yang ikut mempengaruhinya.Salah satu faktor tersebut daintaranya adalah guru. Guru merupakan komponen pengajaran yang memegang peranan penting dan utama, karena keberhasilan proses belajar- mengajar sangat ditentuan oleh faktor guru. Tugas guru adalah menyampaikan materi pelajaran kepada siswa melalui interaksi komunikasi dalam proses belajar-mengajar yang dilakukannya. Keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sangat tergantung kepada kelancaran interaksi antara guru dengan siswanya.Ketidaklancaran komunikasi membawa akibat terhadap pesan yang diberikannya.
Untuk menghindari ketidak lancaran komonikasi tersebut adalah guru harus mampu dan bisa menggunakan media pembelajaran, karena Media pembelajaran merupakan salah satu unsur yang amat penting dalam proses belajar mengajar, karena dapat dimuati pesan yang akan disampaikan kepada siswa baik berupa alat ataupun bahan ajar. Selain itu media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk memotivasi dan berkomonikasi dengan siswa agar lebih efektif dan antusias dalam kegiatan bealajar mengajar.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran Fikih dengan menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash pada siswa kelas VIII AMTs KHA Wahid Hasyim Bangil, dan mengetahui hasil belajar siswa dalampembelajaran Fikih melalui Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash pada siswa kelas VIII A MTs KHA Wahid Hasyim Bangil.
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (ClassroomAction Reserach) dengan metode demonstrasi.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi(aktivitas kelas, dan test sebagai data tambahan), wawancara dan dokumentasi.Data bersifat kualitatif dan peneliti sebagai instrumen kunci.Adapun rencanatindakannya meliputi kegiatan merencanakan, melakukan tindakan, mengamati,merefleksi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disinibahwasannya upaya pertama penerapan pembelajaran Fikih denganmenggunakan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash merupakan pembelajaran aktif yang berpusat padasiswa sehingga dapat meningkatkan hasilbelajar siswa di sekolah.Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswadibutuhkan media dan metode serta strategi yang menjadikan siswa lebih berperanaktif tanpa rasa takut dan mampu berkreativitas, mengantarkan siswa padakompetensi yang dicapai sekaligus menjadikan pembelajaran yang menarik.
Kedua hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fikih melalui penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Adapun meningkatkannya hasil belajar siswa pada pembelajaran Fikihdengan menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash pada siswa kelas VIII A MTs KHA Wahid Hasyim Bangil ialah: Hasil belajar siswa kian meningkat dari setiap pertemuan mulaidari pre tes dengan jumlah siswa yang lulus sebanyak 11 siswa. Kemudian ujikompetensi pada pertemuan kedua dalam siklus I dengan jumlah siswa yang lulus sebanyak 21 siswa sampai evaluasiakhir dengan jumlah siswa yang lulus sebanyak 35 siswa.
Saran yang dapat penulis berikan kepada pihak-pihak yang terkait yaituhendaknya Kepala Sekolah lebih memantau proses pembelajaran Agamakhususnya dan pembelajaran yang lain pada umumnya agar kualitas pembelajaranlebih ditingkatkan. Guru Fikih hendaknya lebih kreatif dan variatif dalammenggunakan media, metode, strategi pembelajaran dan membiasakan siswa lebihaktif guna meningkatkan hasil belajarnya.Dan diharapkan bagi semua guruterutama guru agama untuk menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan denganpembelajaran sehingga siswa tidak hanya mengetahui ilmu agama tapi bisa memahami pentingnya agama bagi kehidupan dan bisa menerapkan ilmu yangdiketahuinya dengan mudah dan menyenangkan.
ABSTRACT
Problems of education and teaching is a fairly complex issue where many factors come into influence. One of these factors is the teacher. Teachers are teaching component that plays an important role and major, due to the success of the teaching- learning process is very decided by the teacher factor. Teacher's job is to deliver the subject matter to students through communication interaction in the teaching-learning process is done. The success of teachers in presenting the material is dependent upon the smooth interaction between teachers and student. launch due to communication brings a message that it provides.
To avoid the lack of launch comunication is the teacher must be able to use media and learning, because learning media is one very important element in the learning process, because it can be loaded messages to be delivered to students in the form of equipment or materials. Besides learning media is one way to motivate and comunication with students to be more effective and enthusiastic in teaching activities.
The purpose of this study is to investigate the application of learning Jurisprudence using Macromedia Flash Media-Based Learning in class VIII A MTS Bangil KHA Wahid Hasyim, and knowing in learning Jurisprudence student learning outcomes through Macromedia Flash Media-Based Learning in class VIII A MTs KHA Wahid Hasyim Bangil .
This study uses classroom action research design (ClassroomAction Reserach demonstrasi.Teknik method of data collection is done by using the observation (classroom activities, and test as additional data), and dokumentasi.Data qualitative interviews and the researcher as instrument includes kunci.Adapun rencanatindakannya plan, act, observe, reflect.
Results of research by the author can be submitted the first application of learning disinibahwasannya attempt Jurisprudence USING Macromedia Flash Media Based Learning is an active learning-centered padasiswa so as to improve students hasilbelajar sekolah.Oleh Therefore, to improve learning outcomes siswadibutuhkan media and methods and strategies that make students more berperanaktif without fear and capable of creativity, delivering padakompetensi students who achieved while making learning interesting.
Both student learning outcomes in learning through the use of Jurisprudence Based Learning Macromedia Flash Media can improve learning outcomes siswa.Adapun improve student learning outcomes in learning Fikihdengan using Macromedia Flash Media-Based Learning in class VIII A KHA Wahid Hasyim Bangkil MTs are: increasing student learning increased from pre-test each meeting mulaidari by the number of students who graduate as many as 11 students. Then ujikompetensi at the second meeting in the first cycle by the number of students who graduate as many as 21 students to evaluasiakhir by the number of students who graduated 35 students.
Suggestion that the author can give to parties related yaituhendaknya Principal Agamakhususnya better monitor the learning process and learning in general that pembelajaranlebih quality improved. Teachers should be more creative and Jurisprudence in using varied media, methods, learning strategies and familiarize students lebihaktif belajarnya.Dan expected to improve outcomes for all guruterutama religious teachers to prepare everything related denganpembelajaran so that students not only learn the science of religion but can understand the importance of religion for life and can be easily implemented yangdiketahuinya science and fun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Amrullah, Abdul Malik Karim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Pembelajaran Fikih; Media Learning; Learning Outcomes; Learning Fiqh | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:14 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39556 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |