Zulfia, Rita Anis (2013) Penerapan metode Active Learning dengan strategi Index Card Match untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII H di MTsN Jambewangi Selopuro Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Active Learning adalah metode untuk menghargai perbedaan individual dan beragamnya kecerdasan. Dengan belajar aktif, melalui partisipasi dalam setiap kegiatan pembelajaran, akan terlatih dan terbentuk kompetensi yaitu kemampuan peserta didik untuk melakukan sesuatu yang sifatnya positif yang pada akhirnya akan membentuk life skill sebagai bekal hidup dan penghidupannya. Agar hal tersebut di atas dapat terwujud, guru berusaha mengetahui bagaimana cara peserta didik belajar dan menguasai berbagai cara membelajarkan peserta didik.
Strategi Index Card Match ini mencakup cara-cara untuk menjadikan siswa aktif sejak awal melalui kegiatan-kegiatan yang membangun kerja tim dan mendorong mereka untuk lebih memikirkan pelajaran. Ada pula teknik untuk melaksanakan kegiatan belajar dalam satu kelas penuh dan dalam kelompok kecil, merangsang diskusi dan debat ,mempraktikan ketrampilan, mengajukan pertanyaan dan bahkan mendorong siswa untuk mengajar satu sama lain. Terakhir ada metode untuk meninjau kembali apa yang telah di pelajari, yang menilai bagaimana perubahan pada seorang siswa dan membahas langkah selanjutnya agar proses belajar tetap berlangsung.
Masalah yang diteliti berfokus pada : 1) Pelaksanaan penerapan metode index card match dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Jambewangi Selopuro Blitar dan Penilaian pembelajaran dengan metode index card match dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Jambewangi Selopuro Blitar.
Dalam Penelitian ini, metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan PTK (penelitian tindakan kelas). penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek peneliti misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain. Secara holistik, dan dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah, sehingga diperoleh penilitian yang akurat dan terpercaya
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus pertama berlangsung selama dua kali pertemuan yaitu pada tanggal 4 februari sampai 11 februari, siklus kedua dilaksanakan pada tanggal 18 februari sampai 25 februari. Masing-masing pelajaran Aqidah Akhlak yang sudah disampaikan sebelumnya.
Dalam proses pembelajaran ternyata dengan menerapkan metode Active Learning dengan strategi Index Card Match belum dapat maksimal meningkatkan semangat siswa karena siswa kurang begitu memperhatikan dan guru belum terrlalu mengusai kelas. Peneliti memaparkan selama pemberian tindakan pada siklus pertama dan kedua didapatkan kendala-kendala dalam pelaksanaan metode active learning dengan strategi index card match antara lain masih banyak yang mengalami kebingungan, kemudian pelaksanaan metode active learning dengan index card match membutuhkan waktu yang banyak karena strategi ini harus konstentrasi dan bisa memahami materi yang diajarkan.
Kesimpulan dan saran bahwa pembelajaran kurang sesuai dengan rencana karena murid kurang memperhatikan, kurang mengusai materi dan masih agak bingung dengan strategi Index Card match. guru ketika dalam menyampaikan materi menggunakan metode seharus sesuai dengan materi yang akan disampaikan dan cocok dengan kondisi kelas dan siswanya. Sehingga materi bisa tersampiakn semua dan siswa mudah untuk menyerapnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashori, Bashori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Active Learning; Strategi Index Card match; | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:14 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39554 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |