Royhansyah, Agam Fariz (2013) Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Fiqh untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-A di MTs Al-Hamidiyah Kec. Gondang Legi Kab. Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110207.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pemahaman terhadap metode pembelajaran merupakan salah satu persyaratan bagi seorang tenaga pendidik yang professional.Media Audio Visual adalah Strategi yang efektif dalam pembelajaran. Bagi guru-guru khususnya guru fiqih penguasaan terhadap metode pembelajaran Media Audio Visual sangatlah diperlukan guna memperbaiki dan memperbarui metode pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan jaman untuk menyiapkan generasi penerus Islam yang akan hidup dijamannya, sehingga penelitian ini pentingnya Media Audio Visua lpada matapelajaran fiqih Kelas VIII-A di MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang. Dengan menggunakan Media Audio Visual diharapkan dapat membantu guru dalam menanamkan nilai-nilai.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan Media Audio Visual pada pembelajaran fiqih kelas VIII-A di MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab.Malang, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang menunjang dan menghambat penerapan Media Audio Visual pada pembelajaran fiqih kelas VIII-A di MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang.
Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan paradigma kualitatif. Adapun yang menjadi subyek penelitian dalam skripsi ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Urusan Kurikulum guru mata pelajaran fiqih dan siswa. Selain itu, penelitian dengan metode deskripti fanalitik ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data, yaitu : (1) observasi (2) wawancara/ interview dan (3) dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Media Audio Visual pada pembelajaran fiqih kelas VIII-A di MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab.Malang sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaannya tidak lepas dari peran serta segenap guru dan tenaga pendidikan yang selalu mendukung dan memperlancar karaktivitas kegiatan belajar mengajar khususnya pengajaran fiqih. Jika KBK menekankan pada tujuan yang ingin dicapai sedangkan pembelajaran kontekstual menekankan pada scenario pembelajaran yang dikembangkan sendiri oleh guru.
Fasilitas yang ada sangat menunjang proses pembelajaran, antara lain :kelas yang menyenangkan, perpustakaan yang nyaman, masjid yang selalu ramai dengan kegiatan ibadah, taman yang indah dan sejuk, kebun percobaan dan fasilitas yang lainnya. Faktor penghambat pelaksanaan Media Audio Visual pada pembelajaran fiqih kelas VIII-A di MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab.Malang antara lain. Siswa terlambat, dan masih ada Guru ada yang gaptek Solusi dan pemecahan yang diupayakan antara lain: menambah sumber pembelajaran dan sosialisasi tentang metode-metode pembelajaran baru yang lebih efektif dan efisien dalam KBM.
Kesimpulan yang diambil bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Media Audio Visual pada mata pelajaran fiqih kelas VIII-sA di MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab.Malang sudah berjalan sangat baik dan lancar. Hal ini dapat di lihat dari bagaimana keadaan kelas yang ramai dan menyenangkan, siswa lebih aktif dalam KBM, dan siswa lebih termotivasi dalam belajar.
ABSTRACT
Understanding of the learning method is one of the requirements for a professional educators. Audio Visual Media is an effective strategy in learning. For teachers, particularly teachers' mastery of the methods of learning fiqh Audio Visual Media is required to improve and update teaching methods to suit the demands of the changing times and to prepare the next generation of Muslims will be living contemporaries, so research Audio Visual Media importance on subjects fiqh class VIII-A in MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang. By using Audio Visual Media is expected to assist teachers in instilling values.
The purpose of this study was to: (1) describe the Audio Visual Media on learning fiqh class VIII-A in MTs Al Hamidiyah Gondang Kab.Malang Legi, (2) describe the factors that support and hinder the implementation of Audio Visual Media on learning fiqh class VIII -A in MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab. Malang.
In analyzing the data, researchers used a qualitative paradigm. The subject of the research in this thesis was the Principal, Deputy Head of Curriculum subject teachers and students fiqh. In addition, research with this method using 3 fanalitik descriptive data collection techniques, namely: (1) observation (2) interview / interview, and (3) documentation.
Results of this study indicate that the application of the learning Audio Visual Media fiqh class VIII-A in MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab.Malang already well underway. Implementation can not be separated from the role of all teachers and education personnel who always support and facilitate the teaching learning activities especially fiqh. If CBC emphasis on the objectives to be achieved while contextual learning emphasizes learning scenario that was developed by teachers.
Existing facilities strongly support the learning process, such as: classes are fun, cozy library, a mosque which is always crowded with religious activities, lovely gardens and cool, experimental gardens and other facilities. Factors inhibiting the implementation of the Audio Visual Media on learning fiqh class VIII-A in MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab.Malang among others. Students late, and still there is nothing clueless teacher and solving the attempted solutions include: adding a source of learning and dissemination of new learning methods are more effective and efficient in teaching.
Conclusion is drawn that the implementation of learning by using Audio Visual Media fiqh on the subject of class VIII-A in MTs Al Hamidiyah Gondang Legi Kab.Malang been running extremely smoothly. It can be seen from how things lively and fun class, students are more active in teaching and learning, and students are more motivated to learn.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Audio Visual; fiqih; prestasi; Audio Visual Media; fiqh; achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:17 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39547 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |