Fakhruddin, Fakhruddin (2013) Peran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII-G Madrasah Tsanawiyah Negeri Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110049.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sejak dulu para guru menjadi anutan bagi masyarakat, guru tidak hanya diperlukan oleh para murid-murid didalam kelas tetapi juga diperlukan oleh masyarakat lingkungannya dalam menyelesaikan masalah yang dialami siswa maupun yang dialami masyarakat. Tampaknya masyarakat termasuk orangtua siswa mendudukkan guru pada tempat yang terhormat bagi kehidupan masyarakat, yakni didepan memberi suri tauladan, ditengah-tengah membangun dan dibelakang memberikan dorongan dan motivasi (ing ngarso sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani).
Berpijak dari latar belakang di atas, maka fokus yang diambil dalam penelitian ini adalah peran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah memahami dan mengetahui peran aktif guru dalam memotivasi siswanya untuk giat belajar.
Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian lapangan yang mana peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh data yang diperlukan dalam kegiatan penelitian. Adapun pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data terdapat data primer dan data sekunder yang digunakan untuk menyusun pembahasan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengolahan data secara langsung yaitu pemilahan tersendiri berkaitan dengan pembahasan yang diperlukan yang kemudian dideskripsikkan, di bahas dan di kritik. Untuk pengecekan keabsahan data dapat dilakukan dengan cara kredibilitas dan triangulasi.
Dari hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan, terdapat banyak cara dalam memotivasi siswa untuk giat belajar dan agar siswa tidak bosan dalam belajar Al-Qur’an Hadits diantaranya, Mengikatnya dengan kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai teladan, Pujian dapat memberikan pengaruh yang efektif di dalam jiwa, Kompetisi bisa menggerakkan potensi-potensi yang tersembunyi dari diri dan pemecahan masalah.
ABSTRACT
Since the first teachers to be role models for society, teacher are not only needed by the students in the classroom, but also required by the environmental community. It seems the people and also parents and students view the teacher as someone who put a respectable. In front of the teacher gave “ suri tauladan ” a mid the teacher behind the building and provide encouragement and motivation.
Based on the above background, the focus is taken in this study is the role of the teacher in the Al-Qur’an Hadits increase student’s motivation. The objectives to be achieved in this research is to understand and know the active role of teachers in motivating students to study hard.
The type of research is a field of research where researchers go directly to the study site to obtain the necessary data in research activities. The approach used was qualitative. Contained in the data collection of primary data and secondary data used to compile the research discussion. The data analysis technique used is the data processing that is directly related to it’s own sorting necessary discussion later described, discussed and criticized. To check the validity of data can be done with credibility and triangulation.
From these results, it can be concluded there is a way to motivate students to study hard and not get tired of gnats students in learning Al-Qur’an Hadits of them, tied with the personality of the Prophet Muhammad SAW an an example praise can give efective influence in the soul, the competition could moving potential hidden potential of self and
problem solvers.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran guru; Motivasi Belajar Siswa; Teacher Approach; Increasing the Students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:30 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39544 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |