Efendi, Saiful Nggufron (2013) Kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlak mulia siswa SMKN I Doko Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110212.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam lembaga pendidikan baik pendidikan formal maupun non formal, mata pelajaran pendidikan agama Islam diharuskan ada dalam lembaga pendidikan tersebut seperti yang telah dituliskan didalam undang-undng pendidikan. Dengan adanya pendidikan agama Islam diharapkaan dapat memberikan kontribusi yang positif seperti terbentuknya akhlak mulia siswa. Kita ketahui bahwa bangsa indonesia sedang mengalami penurunan akhlak, sehingga perlu untuk membentuk kembali akhlak-akhlak yang mulia yaitu salah satunya melalui pendidikan agama Islam. Sekolah menengah kejuruan (SMK) sebagai lembaga formal, yang dalam proses pembelajaran terdapat mata pelajaran pendidikan agama Islam. Di SMK mata pelajaran pendidikan agama Islam hanya terdapat dua jam pelajaran dalam satu minggu sehingga sangat terbatas sekali waktu untuk belajar pendidikan agama di sekolah. Namun jika waktu yang cukup sedikit itu dimanfaatkan dengan baik maka akan memberikan hasil kontribusi yang baik kepada seluruh kalangan.
Dari latar belakang yang sudah ada maka peneliti memberikan rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlak mulia siswa di SMK Negeri 1 Doko Blitar?; 2) Apa kontribusi Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan akhlak mulia siswa di SMK Negeri 1 Doko Blitar?; 3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlak mulia siswa di SMK Negeri 1 Doko Blitar? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini antara lain untuk mengetahui: 1) Strategi guru pendidikan agama Islam; 2) Kontribusi pendidikan Agama Islam; 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlak mulia siswa.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif berbasis studi kasus. Penelitian yang dilakukan membahas segala hal berkaitan tentang kontribusi pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak mulia siswa. Upaya pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara (interview), pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Upaya menganalisa data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif, mulai dari memilah-milah data hingga menginterpretasikan hasil temuan di lapangan. Upaya mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, yakni membandingkan antara hasil penelitian yang diperoleh.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru di SMKN 1 Doko Blitar dalam proses belajar dan mengajar terkait dengan pembentukan akhlak mulia siswa adalah dengan menggunakan beberapa metode dan cara yaitu metode pembiasaan, metode keteladanan, metode pengelompokan, metode diskusi, metode ceramah dan metode tinjauan melalui buku kegiatan siswa. Kemudian kontribusi pendidikan agama Islam yang ada di SMKN 1 Doko Blitar yang pertama adalah meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt. Yang kedua adalah akhlak siswa menjadi lebih baik dengan adanya sopan santun dan tutur kata siswa yang baik. Yang ketiga membiasakan berjabat tangan jika bertemu langsung dan memberikan salam adalah suatu budaya yang positif. Yang keempat yaitu kekompakan dalam pelaksanaan solat berjamaah semakin baik. Yang kelima meningkatkan motivasi siswa dalam mendalami ilmu pendidikan agama Islam. Yang terakhir yaitu mengantarkan siswa alumni SMKN 1 Doko Blitar untuk menempuh perguruan tinggi di fakultas Tarbiyah ( Pendidikan Agama Islam). Dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam berkaitan dengan membentuk akhlah mulia siswa di SMKN 1 Doko Blitar, terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat. Adapun faktor pendukungnya adalah bakat dan minat siswa, keluarga, fasilitas, program praktek pendidikan agama Islam dari pemerintah, kebersamaan dan kekompakan siswa dan dukungan dari kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lingkungan masyarakat, kurangnya kebersamaan antar guru di sekolah, fasilitas, latar belakang kemampuan siswa serta belum adanya TPA (Tempat Pembelajaran Al-Qur’an) dan madrasah diniyah di lingkungan siswa secara umum.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah diperoleh maka peneliti memberikan saran yang sekiranya saran ini dapat berguna dan bermanfaat di SMKN 1 Doko Blitar dalam melaksanaan proses pembelajaran pendidikan agama Islam sehingga dapat memberikan kontribusi yang positif terutama dalam pembentukan akhlak mulia. Saran tersebut yaitu terkait strategi pembelajaran yang sudah ada, sekiranya dapat dikembangkan atau menggunakan strategi-strategi baru yang nantinya dari penerapan strategi yang baru akan semakin meningkatkan prestasi siswa dalam belajar dan berilmu pengetahuan. Kontribusi pendidikan yang sudah ada harus senantiasa dijaga dan dikembangkan oleh semua warga SMKN 1 Doko Blitar melalui kerjasama dan kekompakan antar guru dan antar siswa. Karena ini menjadi tangggung jawab semua untuk mensukseskan peserta didik pada pendidikan formal maupun spiritual yang nantinya bertujuan untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
ABSTRACT
In educational institutions both formal and non-formal education, Islamic education subjects required in the educational institutions, as stated in the law of education. With the Islamic religious education is expected to contribute positively as noble character formation of students. We know that the Indonesian nation is experiencing a moral decline, so it is necessary to reshape the noble characters. It is one of them through Islamic education. Vocational schools (SMK) as a formal institution, which in the learning process are the subjects of Islamic religious education. In vocational education subjects to Islam there are only two periods in a week so it is very limited time to study religious education in schools. However, if enough time was put to good bit of it will give good results contribute to the all students.
According to this background researcher provides formulation of the problem, namely: 1) How does the strategy of Islamic Religious Education teachers in shaping the moral values of students in SMK Negeri 1 Blitar Doko?; 2) What is the contribution of Islamic Education to the formation of moral values in the students of SMK Negeri 1 Doko Blitar?; 3) What are the factors supporting and inhibiting the formation of moral values in the students of SMK Negeri 1 Blitar Doko? The objectives in this study are to determine: 1) Strategy Islamic religious education teachers; 2) Contribution of Islamic education, 3) the factors supporting and inhibiting the formation of noble character of students.
In this study researchers used a qualitative descriptive approach based on case studies. Research conducted to discuss all things related to Islam on the contribution of education in shaping the character building of students. Data collection efforts are conducted by interview, observation, and documentation. The efforts of analyze the data was done by using descriptive data analysis, from sifting through the data to interpret the findings in the field. Efforts to check the validity of data using triangulation techniques, which compare the results obtained.
Based on the results of research conducted in the field shows that the strategy made by teachers of Islamic religious education at SMK 1 Doko Blitar in the teaching and learning process associated with the formation of student noble character are use some methods and ways, there are: habituation method; an exemplary method; the grouping method; discussion method, lecture method and the method of review through student activity book. Then the contribution of Islamic religious education at SMK 1 Blitar Doko; the first are to increase the faith and devotion to God Almighty. The second is the character of students to be better with good manners and a good student speech. The third make habitual of hands-shake when meeting and greeting. It is giving a positive culture. The fourth is the cohesiveness of the prayer and the better implementation. The fifth increase students' motivation in studying the science of Islamic religious education. Finally, the students delivered graduate of SMK 1 Doko Blitar to pursue higher education in the faculty of Tarbiyah (Islamic education). In the process of learning Islamic education related to forming noble character of students at SMK 1 Doko Blitar, there are several factors supporting and inhibiting. The supporting factor is the talent and interests of students, families, facilities, practices of Islamic religious education program of the government, togetherness and compactness of the support of the students and the school principal. While inhibiting factor is the environmental community, the lack of unity among teachers in schools, facilities, background of students and the lack of ability of TPA (The Learning Al-Qur'an) and madrasah diniyah in the environment in general.
Based on the research results have been obtained, the researchers gave suggestions which if this suggestion can be useful and beneficial in SMK 1 Doko Blitar in carrying out the process of learning Islamic education so as to provide a positive contribution, especially in the formation of a noble character. These suggestions are related to learning strategies that already exist, or if it can be developed using the new strategies that will be on the implementation of the new strategy will increase student achievement in learning and bookish knowledge. Contribution of existing education must constantly be maintained and developed by all citizens of SMK 1 Doko Blitar through cooperation and cohesiveness among teachers and among students. Because, there are the responsibility of all students to succeed in formal education and spiritual which aims to achieve happiness in the world and in the hereafter.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kontribusi; Pendidikan Agama Islam; Akhlak Mulia; Contribution; Islam Religious Education; Noble Character | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:31 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39543 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |