Suswanti, Isrotul Anggun (2013) Upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI di MAN Malang II Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110214.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam dunia kependidikan, persoalan yang berkenaan dengan guru dan jabatan guru senantiasa menjadi salah satu pokok bahasan yang mendapat tempat tersendiri di tengah-tengah ilmu kependidikan yang begitu luas dan kompleks. Sehubungan dengan kemajuan pendidikan dan kebutuhan guru yang semakin meningkat, baik dalam mutu maupun jumlahnya, maka program pendidikan guru menjadi prioritas pertama dalam program pembangunan pendidikan di negara kita.
Dengan kata lain, perbaikan kualitas pendidikan harus berpangkal dari guru dan berujung pada guru pula melalui upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru..Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengambil judul upaya peningkatan komoetensi pedagogik guru PAI di MAN II Malang. Adapun fokus penelitian adalah Bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI di MAN II Malang Kota Batu? Bagaimana upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI di MAN II Malang Kota Batu?Apa saja faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI di MAN II Malang Kota Batu?
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara Kepala Sekolah,WAKA Kurikulum dan guru PAI. Adapun Sumber data sekunder diperoleh dokumen-dokumen sekolah, dan segala informasi yang berkaitan dengan upaya peningkatan kompetensi guru PAI di MAN II Malang Kota Batu. Pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan hasil wawancara, observas dan dokumentasi. Analisis data, peneliti mendeskripsikan dan menguraikan tentang upaya peningkatan kompetensi pedagogi guru PAI di MAN Malang II Kota Batu.
Hasil penelitian ini adalah bahwa kompetensi pedagogic Guru PAI di MAN Malang II Kota Batu sudah cukup baik, karena memberikan metode dalam menyampaikan pelajaran sesuai sengan karakteristik pesertadidiknya, menguasai teori belajar dan primsip belajar, menguasai pengmbangan kurikulum, mampu menyelenggarakan pengembangan kegiatan pendidikan agama, mampu menggunakan dan memanfaatkan teknologi y untuk dapat mengakses informasi serta untuk berkomunikasi dalam rangka mengembangkan pendidikan agama. Selain itu, guru PAI juga turut andil dalam meengembangkan potensi peserta didik melai kegiatan life skill yang terdiri dari Qiro’ah, pidato, kaligrafi dan tilawah. dalam pembelajran guru PAI mampu berkomunikasi secara efektif dan empatik karena guru PAI dinilai sebagai teladan. Guru PAI jugamelakuakn penilain melalu ulangan harian untuk mengetahui tingkat pemhaman pesertadidiknya, kemudian menjadikannya sebagai acuan untuk merubah atau meneruska metode yang digunakan.
Upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI dilakukan oleh guru PAI tersebut dengan mengikuti MGMP dan belajar sendiri melalui membaca buku-buku pendidikan, koran-koran pendidikan, melihat berita-berita yang aktual tentang pendidikan dan membaca jurnal-jurnal pendidikan di internet. Sedang upaya yan dilakukan kepala sekolah dengan mengikut sertakan guru PAI workshop, mengadakan supervisi dan rapat guru. Adapun faktor penghambat hanya terdapat dari kepadatan jadwal (waktu).
ABSTRACT
In the education field, the issues related to teacher and teacher position has always been one of the topics that got its own place in the middle of pedagogical complexity. Both of quality and quantity, the teacher education program to be the first priority in the education development programme in this country. This is in line with the increase of the advancement of education and the needs of teachers. In other words, improving the quality of teacher education must stem from and lead to the teacher as well by improving teachers' pedagogical competence. Therefore, researcher is interested in taking the title the increase of pedagogical kompetence of PAI's teachers in MAN II Malang.
The focuses of the study are the pedagogical competence of PAIteachers in MAN Malang II Kota Batu, the efforts to improve PAI teachers' pedagogical competence in MAN Malang II Kota Batu, and What are the factors that support and obstacles of efforts to improve PAI teachers' pedagogical competence in MAN Malang II Kota Batu.
The Research metodology that is used in this study is descriptive. Sources of primary data in this study were obtained from interviews Principal, Curriculum and teachers. The secondary data sources obtained school documents, and any information related to efforts to improve PAI teacher's competence in MAN Malang II Kota Batu. The data is collected by using interviews, observation and documentation. Data analysis, the researcher describes and elaborates on efforts to improve PAI teachers' pedagogical competence in MAN Kota Batu Malang.
The Results of this study shows that the pedagogical competence of PAI teachers at MAN Malang II Kota Batu is good enough, because it provides a method of delivering lessons in accordance with the characteristics of the students, learning theory and principles of learning in line with curriculum development, able to organize the development of religious education, and able to use technology in increasing and developing to be able to religious education. In addition, PAI teachers also contribute to develop the potential of learners through life skill activities consisting of Qiro'ah, speech, calligraphy and tilawah. PAI teachers in the learning process is able to communicate effectively and empathetically, therefore PAI teachers ate considered as an exemplary teacher. PAI teachers also assessed through daily tests to determine the level of learners understanding, then make it as a reference to modify or forward methods.
The Efforts to improve PAI teachers' pedagdogical competence are done by following MGMPs and reading educational books, education papers, seen the news about the actual education and reading education journals on the internet. In the other hand, the Efforts are being made by principle are requiring PAI teacher to workshops, meetings held and teacher supervision. Only The tight of time schedule becomes a restricting factor in increasing pedagdogocals competence of PAI teacher in MAN Malang II Kota Batu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Pedagogik; Guru PAI; pedagdogical competence; PAI's teacher | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:30 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39541 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |