Responsive Banner

Peran kepala sekolah dalam membina Aqidah Akhlak siswa di MTS Darul ‘Ulum Bandung-Jombang

Firdausyiyah, Ni'matul (2013) Peran kepala sekolah dalam membina Aqidah Akhlak siswa di MTS Darul ‘Ulum Bandung-Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09110048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan Islam merupakan faktor yang sangat penting untuk menyelamatkan anak-anak, remaja ataupun orang dewasa dari pengaruh buruk budaya asing yang bertentangan dengan budaya Islam yang saat ini sudah banyak mempengaruhi bangsa Indonesia, terutama generasi muda.

Usaha pembinaan aqidah akhlak yang dilakukan oleh lembaga pendidikan khususnya lembaga pendidikan Islam, sesungguhnya tidak lain adalah untuk mengatasi dan menanggulangi serta mencegah terjadinya kenakalan remaja dan membentuk pribadi yang berbudi pekerti luhur. Berkaitan dengan hal tersebut, maka peneliti tertarik penelitian tentang “Peran Kepala Sekolah dalam Membina Aqidah Akhlak Siswa di MTs Darul ‘Ulum Bandung-Jombang ”

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul „Ulum Bandung-Jombang. Dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah; 1) Mengetahui keadaan aqidah akhlak siswa di MTs Darul „Ulum Bandung-Jombang, 2)
Mengetahui peran kepala sekolah dalam membina aqidah akhlak siswa di MTs Darul „Ulum Bandung-Jombang, dan 3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam membina aqidah akhlak siswa di MTs Darul
„Ulum Bandung-Jombang dan upaya mengatasinya.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan secara sistematis dan akurat tentang situasi dan kondisi serta fenomena-fenomena yang terjadi di lokasi penelitian. Adapun metode pengumpulan datanya melaui observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Keadaan aqidah akhlak siswa di MTs Darul „Ulum Bandung-Jombang secara umum cukup baik tetapi masih ada beberapa siswa yang perlu mendapatkan pembinaan, 2) Peran kepala sekolah dalam membina aqidah akhlak siswa di MTs Darul „Ulum Bandung- Jombang adalah dengan pendekatan yang bersifat terapi dan prefentif. 3) Kendala- kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam membina aqidah akhlak siswa di MTs Darul „Ulum Bandung-Jombang adalah keadaan orang tua siswa yang kurang mendukung, dan adanya pengaruh pada diri siswa. Adapun upaya untuk mengatasinya adalah dengan mengundang wali murid ke sekolah, mengadakan razia dan memperketat penjagaan di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muhaimin, Muhaimin
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMuhaimin, MuhaiminUNSPECIFIED
Keywords: Peran Kepala Sekolah; Membina Aqidah Akhlak
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadlli Syahmi
Date Deposited: 01 Aug 2022 14:30
Last Modified: 01 Aug 2022 14:30
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39540

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item