Fitriana, Edhika (2013) Penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110218.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan dunia pendidikan agama Islam terus mengalami dinamika. Hal ini tidak lepas dari faktor lingkungan yang mempengaruhi dunia pendidikan agama Islam. Sebagai contoh, di Denpasar pendidikan agama Islam dihadapkan pada tantangan situasi multikultural. Kehidupan siswa beragama Islam di Denpasar tidak seperti di daerah muslim lainnya. Siswa dihadapkan kepada minimnya akses untuk mendalami agama Islam secara dalam dan menyeluruh. Kondisi demikian memacu guru dituntut untuk terus melakukan inovasi dan kreativitas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam.
Mengingat betapa urgennya belajar dan mendapatkan pendidikan yang layak. Maka timbulah semangat untuk memperbarui proses belajar mengajar dengan menggunakan media pembelajaran audio visual. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengambil judul Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Denpasar. Adapun fokus penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Denpasar? Faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Denpasar?
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara Kepala Sekolah, guru PAI, dan siswa kelas XI IPA. Adapun sumber data sekunder diperoleh dari nilai ulangan harian siswa. Pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data, peneliti mendeskripsikan dan menguraikan tentang penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Denpasar.
Hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual guru menggunakan beberapa media antara lain LCD, Tape Recorder, TV dan VCD. Guru juga membagi siswa ke dalam beberapa kelompok guna membuat power point yang kemudian dipresentasikan dan diskusikan selama proses belajar mengajar. Adapun peran guru yakni hanya mengontrol dan memberikan penjelasan untuk meluruskan pemahaman siswa.
Peneliti simpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Denpasar ini memberikan kontribusi berupa penyederhanaan menguasai materi pendidikan agama Islam sehingga siswa lebih mudah dalam menguasai materi. Adapun faktor penghambat hanya terdapat dari segi teknisi dan kurang mampunya guru mengoperasionalkan media.
ABSTRACT
Islam education has been dynamically developed. It cannot escape from environmental factor influencing Islam education world. For instance, in Denpasar, Islam education is facing a challenging multicultural situation. The wellbeing of Moslem students in Denpasar is different from other places. Students are subjected to the limited access to the comprehensive learning of Islam. Teachers, therefore, are required to produce innovation and creativity in learning Islam education.
How urgent the learning is and how important to obtain reliable education brings up the enthusiasm to rejuvenate teaching-learning process using audio visual learning media. Therefore, the author is interested to take a title The Use of Audio Visual Learning Media to Improve Learning Motivation of Students at SMA Muhammadiyah 1 Denpasar. Focuses of research are: How is the use of audio visual learning media to improve learning motivation of students at SMA Muhammadiyah 1 Denpasar? What factors are constraining and supporting the use of audio visual learning media to improve learning motivation of students at SMA Muhammadiyah 1 Denpasar?
Research type is descriptive. Primary data are obtained from interview with the Principal, Islam Education teachers, and Grade XI Students of Natural Science Class. Secondary data are based on daily exam of students. Data collection techniques include interview, observation and documentation. During data analysis, the author describes and illustrates the use of audio visual learning media to improve learning motivation of students at SMA Muhammadiyah 1 Denpasar.
Result of research indicates that the use of audio visual learning media involves some media such as LCD, Tape Recorder, TV and VCD. Teachers also assign students into groups to prepare a power point to be presented and discussed during teaching-learning process. The role of teachers is controlling and providing explanation to keep the students’ understanding on track.
It is then concluded that the use of audio visual learning media to improve learning motivation of students at SMA Muhammadiyah 1 Denpasar has contributed to the mastery of Islam education material through simplification process such that students are easier to master the material. The constraining factors include unfavorable material delivery technique and lack of teachers to operate the media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran Audio Visual; Motivasi Belajar Siswa; Visual Audio Learning Media; Students’ Learning Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:28 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39536 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |